10 Manfaat Susu Kedelai Bagi Kesehatan

Loading...

Susu KedelaiSusu kedelai merupakan susu yang dibuat dari ekstrak kacang kedelai. Meskipun disebut susu, namun nyatanya susu kedelai bukanlah jenis susu, karena menurut para ilmuan, susu adalah cairan yang keluar dari kelenjar susu mamalia betina. Walaupun begitu susu kedelai tetap saja memiliki kandungan nutrisi yang hampir mirip seperti susu sapi.

Susu kedelai merupakan alternatif bagi anda yang mungkin alergi susu sapi. Minuman ini juga sangat baik bagi yang sedang menjalankan program diet karena kandungan lemaknya rendah.

Kandungan nutrisi susu kedelai

  • Protein, protein ini tersusun atas asam amino, arginin, lesitin, glisin, lisin, niasin, leusin, triptofan, treonin, fenilalanin, dan isoleusin.
  • Vitamin, vitamin pada susu kedelai antara lain vitamin A, B2, B1, B6 dan E
  • Mineral, mineral lain dalam susu kedelai yakni magnesium, asam folat, kalsium, HDL, Isolavon, dan polisakarida.

Manfaat Susu kedelai bagi tubuh

Susu nabati dari kedelai ini memiliki banyak khasiat bagi tubuh manusia. Diantaranya adalah.

Loading...

1. Mencegah penyakit jantung

Vitamin E pada susu kedelai sangat berguna untuk mencegah penyakit kardiovaskular seperti jantung koroner dan stroke. Hal ini dikarenakan vitamin E yang masuk ke dalam tubuh dapat membersihkan plak yang berpotensi menyumbat pembuluh darah. Selain itu asam folat dan vitamin B6 juga membantu memerangi resiko penyakit jantung.
Kandungan magnesium pada susu kedelai juga dapat mengatur tekanan darah yang masuk pada jantung dan menghambat pelepasan trombosit (keping darah) untuk mengurangi resiko penyakit stroke.

2. Mencegah kanker

Jika anda mengenal susu kedelai hanya sebagai sumber protein, maka anda salah. Nyatanya susu kedelai juga memiliki kandungan zat yang dapat mencegah tumbuhnya sel kanker. Zat ini adalah selenium. Namun, selenium lebih khusus mencegah kanker yang timbul akibat paparan radikal bebas. Dalam kinerjanya, selenium dibantu vitamin E untuk mencegah kanker ini.

3. Mengurangi kolesterol dalam darah

Kadar kolesterol jahat yang terlalu tinggi dalam darah dapat menyumbat arteri dan sangat membahayakan. Namun untungnya susu kedelai memiliki kemampuan untuk mencegah hal ini. adalah lesitin dalam susu kedelai yang berperan dalam proses ini. lesitin akan melarutkan kolesterol jahat tersebut dan mencegah penyumbatan dalam pembuluh arteri.

4. Membantu penderita autisme

Manfaat susu kedelai yang satu ini masih belum banyak orang yang tahu. Autisme adalah keadaan dimana seorang anak tidak mampu berinteraksi dengan baik. Untuk menyembuhkannya, harus dilakukan terapi dan menghindari makanan yang mengandung kasein (ada pada susu sapi). Hal ini dikarenakan kasein sulit lebih sulit dicerna dan beresiko mengganggu otak.

Oleh sebab itu, disarankan untuk mengkonsumsi susu kedelai sebagai alternatif pengganti susu sapi. Ini dilakukan agar anak tersebut terus mendapatkan asupan nutrisi dan vitamin selama masa perkembangan dan terapinya.

5. Menguatkan tulang dan gigi

Layaknya susu sapi, kandungan kalsium pada susu kedelai juga sangat bermanfaat untuk menguatkan tulang dan gigi. Terutama bagi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Dan mungkin bagi anda yang sedang menjalani pemulihan tulang setelah operasi atau penyembuhan dislokasi, susu kedelai dapat menjadi alternatif jika saja anda dilarang dokter untuk meminum susu sapi karena takut terkena infeksi akibat alergi.

6. Mengendalikan gula darah

Susu kedelai juga mempunyai kemampuan untuk mengendalikan gula darah. Kandungan polisakarida dapat mengatur gula darah agar tetap stabil. Jadi, anda tidak perlu khawatir terkena diabetes ketika mengkonsumsi susu kedelai.

7. Meningkatkan metabolisme

Susu kedelai memiliki kadungan flavonoid. Zat ini memiliki kemiripan dengan klorofil pada daun. Nah, tugas flavonoid ini yaitu untuk meningkatkan kinerja metabolisme pada tubuh. Sehingga jika metabolisme berjalan baik, maka tubuh akan sulit terkena penyakit.

8. Membantu perkembangan otak janin

Ibu hamil dapat mengkonsumsi susu kedelai untuk mendampingi susu sapi atau susu formula. Asam folat yang banyak terkandung pada susu kedelai sangat baik guna perkembangan otak janin. Sehingga mengurangi resiko bayi terlahir cacat mental.

9. Melancarkan fungsi penglihatan

Susu kedelai memiliki kandungan vitamin A. Meskipun tak sebanyak wortel, namun vitamin A pada susu kedelai ini cukup efektif untuk menyehatkan penglihatan mata. Selain itu vitamin A ini juga dapat menguatkan tulang.

10. Menjaga kesehatan mental

Susu kedelai ternyata dapat menjaga kesehatan mental seseorang. Vitamin B6 pada susu kedelai dapat memicu tubuh memproduksi serotonin neurokimia yang bisa memperbaiki suasana hati. Tidak hanya itu, kandungan magnesiumnya juga dapat berfungsi sebagai anti depresan. Jadi, bagi anda yang sering stres atau mudah merasa cemas, sebaiknya banyak-banyak mengkonsumsi susu kedelai.

Sekian penjelasan tentang manfaat susu kedelai. Tapi, untuk mendapatkan semua manfaat diatas, tentunya anda tidak dapat menggantungkan hanya pada susu kedelai. Anda juga perlu mengkonsumsi buah dan sayur serta makanan-makanan bergizi lainnya agar kebutuhan nutrisi tubuh anda seimbang dan tercukupi.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *