16 Manfaat Jahe Bagi Kesehatan Tubuh

Loading...

JaheJahe merupakan tumbuhan yang sangat populer di Indonesia. Tanaman dengan nama latin Zingiber Officinale ini dimanfaatkan rimpangnya untuk obat-obatan atau kecantikan. Jahe memiliki rasa yang cenderung pedas, ini dikarenakan kandungan keton di dalamnya. Jahe dibagi menjadi beberapa jenis seperti jahe merah dan jahe putih

Di Indonesia sendiri, jahe banyak dicampurkan pada minuman atau makanan. Fungsinya yakni untuk menghangatkan tubuh terutama pada saat musim penghujan. Tidak jarang juga jahe diracik menjadi obat-obatan tradisional sebagai alternatif untuk mengobati penyakit-penyakit tertentu.

Kandungan dalam Jahe

Dalam rimpang jahe banyak mengandung zat-zat yang sangat berkhasiat bagi tubuh. Zat-zat yang terkandung dalam jahe ini dapat bermanfaat untuk melindungi dan mengobati dari berbagai macam penyakit. Beberapa diantaranya adalah, zingiberol, minyak atsiri, zingiberena, kurkumen, filandrena, gingerol, serta resin pahit.

Loading...

Manfaat Jahe bagi Kesehatan Tubuh

Selain bermanfaat untuk dijadikan rempah-rempah dalam masakan, jahe ternyata juga sangat bermanfaat untuk kesehatan dan melindungi tubuh terserang dari berbagai penyakit. Berikut beberapa manfaat jahe bagi kesehatan tubuh.

1. Menghangatkan tubuh

Pada poin yang pertama ini mungkin anda sudah tahu dan menduganya. Ya, jahe memang memiliki sifat yang dapat membantu menaikkan suhu tubuh. Umumnya pada saat cuaca dingin atau sedang di pegunungan, seseorang meminum wedang jahe untuk menghangatkan tubuhnya.

2. Mengatasi masalah pada pernafasan

Jahe dapat mengatasi masalah pernafasan secara efektif. Penyakit pernafasan yang dapat diobati dengan jahe yakni batuk dan pilek. Jahe dapat membantu mengeluarkan dahak saat batuk dan melegakan hidung akibat pilek sehingga pernafasan kembali normal.

3. Mengatasi nyeri dan memar

Memar pada kulit akibat benturan dapat diobati dengan jahe. Hal ini dikarenakan jahe mengandung zat inflamasi yang dapat membantu penyembuhan memar dan mengurangi rasa sakitnya. Selain itu, kandungan anti inflamasi ini juga dapat mengurangi nyeri pada sendi dan tulang sehingga mengurangi resiko terkena penyakit seperti rematik.

4. Melancarkan pencernaan

Apakah anda sering mengalami sakit perut? Jika iya, kemungkinan penyerapan makanan pada perut anda sedang bermasalah. Oleh sebab itu, jahe dapat anda jadikan sebagai salah satu solusi paling efektif. Karena kandungan dalam jahe dapat membantu mempercepat proses penyerapan sehingga anda tidak lagi mengalami sakit perut. Caranya anda cukup meminum wedang jahe secukupnya setiap sehabis makan.

5. Menghambat pertumbuhan sel kanker

Ekstrak jahe sangat bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Diantaranya seperti sel kanker pada ginjal, paru-paru, dan pankreas. Jadi, dengan mengkonsumsi jahe anda akan terhindar dari kanker yang mematikan.

6. Melancarkan peredaran darah

Gingerol pada jahe dapat mencegah menggumpalnya darah yang berakibat pada tersumbatnya pembuluh darah. Dengan begitu, peredaran darah pada tubuh menjadi lancar dan anda akan senantiasa terhindar dari penyakit seperti stroke dan serangan jantung.

7. Mencegah perut buncit

Karena sifatnya yang mempercepat penyerapan dan metabolisme dalam tubuh, jahe otomatis menghindarkan anda dari perut buncit akibat menumpuknya lemak. Caranya anda cukup meminum wedang jahe sebelum makan secara rutin.

8. Mengobati sakit gigi

Sakit gigi dan nyeri pada gusi umumnya dikarenakan bakteri yang menginfeksi bagian-bagian tersebut. Zat antibakteri pada jahe diketahui dapat mengatasi sakit gigi dengan cara membunuh bakteri-bakteri penginfeksi tersebut.

9. Membersihkan kotoran tubuh

Mengkonsumsi jahe umumnya membuat tubuh anda berkeringat. Nah, melalui keringat ini kotoran-kotoran dalam tubuh akan dikeluarkan.

10. Menangkal radikal bebas

Jahe memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Zat ini berguna untuk menangkan dampak radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit-penyakit lain yang lebih kronis.

11. Mengatasi mabuk perjalanan

Jika anda sering mabuk ketika melakukan perjalanan darat, laut, maupun udara, sangat disarankan untuk mengkonsumsi wedang jahe sebelum naik kendaraan. Kandungan-kandungan di dalamnya dapat mencegah rasa mual maupun jet lag akibat perjalanan udara.

12. Mengatasi jerawat

Kandungan-kandungan pada jahe dapat mencegah timbulnya jerawat. Anda cukup mengkonsumsi maksimal 4 gram jahe setiap harinya. Jangan berlebihan karena akan menyebabkan efek yang tidak menyehatkan.

13. Mengobati gatal

Gatal-gatal pada kulit dapat diatasi dengan menggosokkan rimpang jahe yang sudah di tumbuk. Zat-zat yang keluar dari jahe dapat meredakan rasa gatal pada kulit.

14. Mengobati masuk angin

Mengkonsumsi wedang jahe dapat membuat lambung anda nyaman dan mengatasi masuk angin. Sensasi hangat yang ditimbulkan akan mengobati masuk angin akibat kedinginan.

15. Membantu diet

Jika anda ingin memanfaatkan jahe untuk membantu diet, sangat disarankan untuk menggunakan jahe merah. Buat wedang jahe merah, kemudian minum secara rutin. Ini dapat membantu anda membakar lemak-lemak dalam tubuh dan mengurangi nafsu makan.

16. Meredakan sakit kepala

Sekali lagi untuk mengatasi sakit kepala disarankan menggunakan jahe merah. Anda dapat menghisap aroma wedang jahe merah yang masih hangat atau anda bisa langsung meminumnya.

Jahe memang rimpang yang memiliki berjuta khasiat. Meski begitu, bagi anda penderita penyakit maag, sangat tidak disarankan untuk mengkonsumsi jahe secara berlebihan karena akan memperparah penyakit maag anda. Nah, itulah beberapa manfaat jahe bagi kesehatan tubuh. Ternyata selain bermanfaat untuk dijadikan rempah-rempah dalam masakan, jahe juga memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *