Manfaat Buah Wortel Bagi Kesehatan

Loading...

Buah WortelWortel adalah salah satu jenis sayuran yang sudah sangat terkenal di seluruh dunia. Umumnya wortel digunakan untuk campuran masakan-masakan seperti sayur sop, tumis dan lain-lain. Tak jarang juga wortel dikonsumsi mentah-mentah ataupun dijadikan jus. Wortel terkenal akan vitamin A nya yang melimpah, sehingga wortel banyak diketahui baik untuk kesehatan mata. Padahal, kandungan wortel tidak hanya vitamin A, banyak kandungan-kandungan lain yang tentunya berkhasiat bagi tubuh

Kandungan gizi pada wortel

Pada satu buah wortel, terdapat 25 gram kalori, 6 gr karbohidrat, 3 gr gula, serta 1 gr protein. Selain itu, wortel juga kaya akan vitamin A, antioksidan, dan berbagai macam mineral seperti folat, mangan, kalium, vitamin E, vitamin K, fosfor, serat, seng, dan magnesium yang amat dibutuhkan guna mengoptimalkan metabolisme tubuh.

Manfaat wortel bagi kesehatan tubuh

Tidak hanya menyehatkan mata, ternyata wortel memiliki banyak manfaat lain, berikut ini beberapa diantaranya.

Loading...

1. Memperkuat sistem imun

Kandungan nutrisi seperti vitamin C dan antioksidan pada wortel sangat berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan mengkonsumsi wortel, maka anda tidak akan mudah terserang penyakit dan tubuh anda akan selalu sehat.

2. Menurunkan kolesterol

Sebuah penelitian dilakukan di Harvard University tentang kemampuan wortel untuk menurunkan kolesterol. Hasilnya cukup positif karena orang yang memakan wortel secara rutin terbukti menurunkan resiko terkena kolesterol tinggi.
Kandungan serat dalam wortel serta lemak dan kalorinya yang rendah membuat wortel sangat efektif untuk menurunkan kandungan kolesterol dalam darah.

3. Menjaga kesehatan jantung

Wortel memiliki berbagai macam kandungan nutrisi yang dapat melindungi kinerja jantung. Diantaranya seperti vitamin A, fosfor, kalsium, dan beta karoten. Semua nutrisi ini dapat menghindarkan jantung dari berbagai.

4. Menyehatkan pencernaan

Kandungan serat pada wortel sangat berguna untuk menyehatkan saluran pencernaan serta menghindarkan dari penyakit-penyakit pencernaan. Wortel juga dapat memicu produksi cairan pada saluran pencernaan agar prosesnya dapat berjalan optimal. Anda cukup mengkonsumsi jus wortel sesaat sebelum makan untuk mengoptimalkan kinerja pencernaan.

5. Mencegah timbulnya jerawat

Kandungan vitamin A pada wortel tidak hanya bermanfaat bagi mata, tapi juga bagi kulit. Vitamin A ini berguna untuk menjaga pH kulit agar tetap normal. Selain itu, antioksidan pada wortel juga berguna untuk mencegah timbulnya jerawat atau menyembuhkan jerawat yang sudah keluar.

6. Mengatur gula darah

Para peneliti mengemukakan bahwa kandungan karotenoid yang tinggi pada wortel bisa berperan dalam mengatur kandungan gula darah. Maka dari itu, bagi anda yang menderita diabetes, meminum jus wortel merupakan pilihan yang tepat.

7. Baik untuk ibu hamil maupun menyusui

Wortel juga sangat baik bagi ibu hamil atau yang sudah mulai menyusui. Kandungan kalsiumnya sangat berguna bagi ibu hamil untuk mempersiapkan kelahiran anaknya. Sementara bagi yang menyusui, wortel dapat memancing keluarnya ASI dan menjadi asupan vitamin A yang baik bagi bayi.

8. Menyehatkan Paru-paru

Jus wortel memiliki kandungan vitamin A yang juga bermanfaat bagi kesehatan paru-paru. Diantaranya adalah melindungi paru-paru dari kemungkinan-kemungkinan terkena infeksi akibat bakteri dari luar atau efek buruk dari merokok.

9. Meningkatkan fungsi hati

Hati merupakan organ tubuh yang bertugas untuk menetralisir racun. Karena pentingnya peran hati, maka organ yang satu ini perlu dijaga. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi jus wortel 2 sampai 3 gelas per hari. Ini berfungsi untuk membersihkan racun-racun yang ada pada hati.

10. Membantu gigi tetap bersih dan sehat

Kandungan mineral tertentu pada wortel dapat berperan sebagai pembersih alami gigi. Anda cukup memakan wortel mentah atau diolah menjadi masakan (bukan jus). Dengan begitu plak dan kotoran sisa makanan pada gigi dapat terangkat sehingga gigi menjadi bersih.

11. Membuat lebih awet muda

Kandungan beta karoten dalam wortel sangat membantu meregenerasi sel-sel dalam tubuh sehingga penuaan dini dapat terhindari. Ini membuat anda selalu terlihat awet muda walaupun umur terus bertambah.

12. Mencegah kanker

Wortel merupakan salah satu sayuran yang sangat ampuh untuk menangkal penyakit kanker. Hal ini dikarenakan kandungan falcarindiol dan falcarinol di dalam wortel memiliki sifat antikanker yang dapat menghambat bahkan membunuh sel kanker yang tumbuh di dalam tubuh manusia.

13. Mengatasi anemia

Wortel diketahui dapat membantu tubuh untuk memproduksi sel darah merah. Dengan demikian, mengkonsumsi wortel secara rutin dapat menghindarkan anda dari resiko terkena penyakit anemia.

Itulah manfaat wortel untuk kesehatan selain menyehatkan mata. Cukup banyak bukan? Untuk itu, jangan ragu untuk menambahkan wortel pada sayuran anda ataupun mulai mencoba mengkonsumsi jus wortel secara rutin, karena khasiat yang ditawarkan cukup beragam. Sekian artikel kali ini semoga bermanfaat dan terima kasih.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *