Manfaat Daun Sukun untuk Kesehatan

Loading...

Daun SukunSukun adalah jenis tanaman yang seringkali diolah menjadi makanan, yaitu pada bagian buahnya. Selain itu, bukan hanya buah saja yang bisa di manfaatkan, ternyata daun sukun juga menyimpan sejuta khasiat untuk kesehatan tubuh kita. Dalam sebuah riset telah berhasil membuktikan bahwa daun sukun memiliki kandungan riboflavin, asetikolan, anti inflamasi, tanin, dan asam hidrosianat.

Manfaat Daun Sukun bagi Kesehatan

Berbagai kandungan senyawa yang terdapat dalam daun sukun ini ternyata sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, dan bahkan dapat melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit berbahaya. Seperti penyakit liver, kanker, asam urat dan lain sebagainya, berikut beberapa manfaat daun sukun untuk kesehatan tubuh.

1. Menyembuhkan Penyakit Liver

Hati atau liver adalah salah satu organ yang berfungsi menampung berbagai macam racun serta menetralkannya kembali. Organ penting di dalam rongga perut tersebut juga sangat rawan mengalami kelainan akibat konsumsi rokok, alkohol, dan berbagai faktor lainnya. Jika mengalami permasalahan tersebut, Anda bisa memanfaatkan daun sukun kering yang direbus dan digunakan sebagai teh. Pengobatan alami dari daun sukun ini terbukti berkhasiat untuk mengatasi pembengakakan serta peradangan pada hati.

Loading...

2. Obat Alami untuk Mencegah Kanker

Selain mengobati penyakit liver, daun sukun juga berkhasiat untuk mencegah tumbuhnya sel-sel kanker di dalam tubuh. Caranya, rebus daun sukun segar sebanyak 1 lembar, lalu panaskan di bawah terik matahari sampai kering. Setelah itu, rebus daun sukun yang telah dikeringkan tersebut dengan 5 gelas air hingga mendidih dan air menyusut menjadi setengah bagian. Lalu, tambahkan air lagi sebanyak 5 gelas dan saring ampas daunnya. Minum langsung ramuan dari daun sukun tersebut dan lakukan selama 1 bulan berturut-turut.

3. Menyembuhkan Sakit Gigi

Sakit gigi adalah salah satu permasalahan kesehatan yang membuat penderitanya merasa tersiksa serta tidak mau merasakannya kembali. Masalah yang satu ini bisa dipicu oleh pertumbuhan bakteri jahat pada gigi yang berlubang.

Dengan memanfaatkan daun sukun, Anda bisa membunuh bakteri atau kuman tersebut karena khasiatnya yang sangat ajaib. Cara penggunaannya yaitu dengan merebus daun sukun kering dan gunakan airnya sebagai obat kumur secara rutin agar sakit gigi yang Anda alami cepat berkurang.

4. Mencegah Perdarahan

Perdarahan yang dimaskud di sini yaitu pada kasusu wanita pasca melahirkan. Pada zaman dahulu, daun singkong yang direbus adalah salah satu solusinya. Dan saat ini, daun sukun juga bisa dijadikan sebagai pengobatan alami serta pencegahan untuk perdarahan. Sebab, senyawa kimia yang dimiliki daun sukun memiliki peranan penting dalam melancarkan peredaran darah serta menghentikan aliran darah yang terlalu encer. Sehingga resiko terjadinya perdarahan dapat diminimalisir. Air rebusan daun sukun bisa diminum sebanyak 3 kali dalam sehari, maka perdarahan akan segera teratasi.

5. Mengatasi Alergi

Tanda gejala alergi yang utama yaitu munculnya bentol-bentol di kulit yang disertai dengan rasa gatal. Permasalahan tersebut dipicu oleh kondisi tubuh yang tidak mampu menghasilkan enzim dan hormon untuk membentuk anti alergen. Untuk mengobati alergi, Anda juga bisa memanfaatkan daun sukun yang sudah kering. Selama melakukan pengobatan alami dengan daun sukun ini, sebaiknya Anda menghindari berbagai macam hal yang dapat memicu terjadinya alergi kembali.

6. Mengatasi Pembesaran Limpa

Limpa yang membesar dipicu oleh kerusakan sistem pada bagian organ tersebut. Faktor utama terjadinya kerusakan sistem pada limpa yaitu terlalu banyak racun yang ditampung. Dengan daun sukun, masalah yang satu ini juga dapat segera Anda atasi karena kandungannya yang mampu mendetoks racun-racun dalam tubuh. Cara penggunaannya yaitu merebus daun sukun hingga mendidih dan digunakan sebagai teh.

7. Menurunkan Kadar Gula Darah yang Tinggi

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Puspa DN Lotulung, dkk., daun sukun ternyata memiliki kandungan flavonoid yang sangat berkhasiat untuk menurunkan kadar gula darah yang melebihi batas normal. Selain itu, flavonoid di dalam daun sukun juga memiliki peranan penting sebagai anti diabetes yang sangat kuat.

8. Mengatasi Asam Urat Tinggi

Penumpukan asam urat yang berlebihan di dalam tubuh lama kelamaan dapat menggumpal dan berkumpul di area sendi-sendi tulang. Penderita yang mengalami asam urat tinggi tentu akan mengalami nyeri hingga kelumpuhan. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa menggunakan daun sukun sebagai pengobatannya. Pertama, jemur satu genggam daun sukun di bawah sinar matahari. Lalu, rebus daun sukun yang telah dikeringkan tersebut hingga mendidih. Saring airnya dan minum selagi hangat. Walaupun tersa pahit, tetapi air rebusan daun sukun sangat berkhasiat untuk mengatasi asam urat tinggi dengan cepat.

9. Mencegah Peradangan

Salah satu senyawa yang terkandung di dalam daun sukun juga berkhasiat sebagai anti inflamasi atau peradangan yang sangat efektif. Cara pengolahannya yaitu dengan mengeringkan daun sukun yang sudah tua di bawah sinar matahari. Setelah kering, rebus daun sukun tersebut ke dalam air biasa sebanyak 5 gelas. Tunggu sampai mendidih dan air tersisa setengah bagiannya. Saring airnya dan minum selagi hangat. Pengobatan alami untuk peradangan dengan menggunakan daun sukun ini bisa dilakukan selama 1 bulan berturut-turut.

Demikian beberapa khasiat dan manfaat daun sukun yang sangat efektif untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit berbahaya. Ternyata daun sukun yang selama ini kita anggap sebagai sampah dan sering kita buang memiliki khasiat yang luar biasa untuk tubuh kita. Nah, bagi teman-teman yang menderita penyakit diatas tidak ada salahnya untuk mencoba khasiat dari daun sukun sebagai pengobatan alternatifnya. Semoga bermanfaat.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *