Cara Budidaya Ikan Guppy yang Benar

Loading...
Ikan Guppy
Ikan Guppy

Budidaya ikan guppy РBanyak orang yang menjadikan ikan guppy sebagai salah satu penghuni akuarium kesayangannya. Ikan yang yang memiliki bahasa latin Poecilia reticulata ini merupakan ikan yang mudah melakukan perkembangbiakan. Habitat asli ikan guppy ada di danau atau sungai berair tenang. Ikan guppy bahkan bisa hidup di air payau yang memiliki kadar garam tinggi.

Ikan guppy memiliki sirip yang indah dengan berbagai warna sehingga sangat diburu sebagai ikan hias. Namun hanya ikan guppy yang berkelamin jantan, yang banyak dijadikan ikan hias karena hanya yang jantan yang memiliki sirip indah. Sedangkan ikan guppy betina warnanya cenderung kusam, sama halnya seperti ikan cupang.

Ikan guppy bukanlah ikan asli Indonesia, ikan ini berasal dari wilayah Amerika Tengah dan Selatan. Awal mula ikan guppy masuk ke Indonesia pada tahun 1920-an sebagai ikan hias. Kemudian ikan ini dilepas ke alam bebas dan berkembang biak dengan cepat. Saat ini, ikan guppy bisa dijumpai hampir diseluruh perairan air tawar di Indonesia.

Loading...

Untuk budidaya ikan guppy tidak memerlukan biaya dan infrastruktur yang mahal, sehingga siapa saja bisa untuk membudidayakannya di rumah. Hanya dengan perlengkapan yang sederhana, sobat bisa membiakkan ikan hias yang satu ini. Berikut beberapa tahap untuk budidaya ikan guppy.

Wadah budidaya ikan guppy

Untuk membiakkan ikan guppy, sobat hanya perlu menyiapkan beberapa peralatan seperti tempat/wadah, aerator dan tanaman air. Sedangkan untuk tempat pemijahan ikan guppy bisa dengan menggunakan akuarium, bak semen, atau ember plastik.

Untuk budidaya ikan guppy, wadah atau tempat yang diperlukan setidaknya ada empat fungsi, yaitu tempat pemisahan indukan (2 wadah), tempat pemijahan (1 wadah), tempat penetasan (1 wadah), dan tempat pendederan (1 wadah).

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *