Cara Budidaya Ikan Guppy Jantan

Loading...
Ikan Guppy
Ikan Guppy

Cara budidaya ikan guppy jantan – Ikan guppy adalah salah satu jenis ikan hias yang banyak diburu oleh pecinta ikan hias tanah air. Ikan guppy memiliki bentuk yang ramping dengan insang yang memiliki beraneka warna serta ekor yang melambai. Jadi tidak mengherankan jika beberapa jenis ikan guppy bahkan memiliki harga yang fantastis, ini karena keindahan fisik dan tingginya permintaan ikan guppy ini di pasaran.

Meski banyak di jumpai di Indonesia, ternyata ikan guppy bukanlah ikan asli Indonesia. Ikan guppy berasal dari wilayah Amerika Tengah dan Selatan. Ikan guppy masuk ke Indonesia pada tahun 1920-an sebagai ikan hias aquarium. Ikan guppy termasuk ikan hias yang berkembang biak dengan cepat. Jadi, buat sobat yang ingin membiakkan ikan hias tidak ada salahnya untuk menjadikan ikan guppy sebagai pilihan.

Baca Juga: Cara Budidaya Ikan Guppy yang Benar

Loading...

Selain memiliki keindahan warna dan bentuk tubuh, ikan guppy ternyata termasuk ikan hias yang sangat mudah untuk dipelihara. Untuk perawatannya tidak membutuhkan keahlian khusus maupun fasilitas yang muluk-muluk. Cukup dengan menyediakan aquarium/kolam sobat sudah bisa memelihara ikan ini. Selain karena keindahan warnanya, memiliki daya tahan tubuh yang kuat dan tidak lemah inilah menjadi salah satu faktor ikan ini banyak di gemari pecinta ikan hias.

Cara Budidaya Ikan Guppy Jantan

Kesuksesan budidaya ikan guppy sangat ditentukan oleh jenis kelamin anakan ikan guppy. Ini karena hanya ikan guppy jantan yang diminati sebagai ikan hias aquarium. Ikan guppy jantan memiliki sirip yang lebar dengan warna -warna yang atraktif dan ekor yang melambai. Sedangkan ikan guppy betina warnanya cenderung kusam dan tidak memiliki ekor yang melambai, sama seperti halnya ikan cupang. Jadi semakin banyak kelahiran anakan ikan guppy jantan semakin sukses suatu budidaya ikan guppy.

Bagi sobat yang sedang membiakkan ikan guppy dan ingin agar anakan ikan guppy sobat mayoritas berkelamin jantan, sobat bisa mengikuti beberapa tips cara budidaya ikan guppy jantan dalam artikel ini. Untuk cara budidayanya sama seperti budidaya ikan guppy pada umumnya. Namun, agar menghasilkan anakan ikan guppy yang mayoritas berkelamin jantan, sobat perlu memberikan hormon tertentu saat proses kehamilan indukan ikan guppy.

Hormon yang digunakan adalah hormon androgen (17a-methyltestosteron). Pemberian dilakukan pada induk ikan betina yang tengah hamil dengan cara direndam dalam larutan hormon. Waktu pemberian hormon yang tepat adalah 2 minggu setelah pemijahan ikan guppy. Dosisnya 2mg/liter air, perendaman di lakukan selama 24 jam.

Ternyata dengan memberikan hormon tertentu saat proses kehamilan indukan ikan guppy dapat menentukan jenis kelamin anakan ikan guppy. Semoga dengan membaca artikel cara budidaya ikan guppy jantan dapat menambah wawasan sobat dalam budidaya ikan guppy.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *