Pengertian Bahasa, Sifat dan Ciri-ciri, Serta Fungsi Bahasa Dalam Kehidupan

Loading...

Pengertian Bahasa – Seiring dengan perkembangan pada era modern ini, manusia sebagai makhluk berbudaya dan berbahasa memiliki potensi dan ilmu dalam berintraksi di kehidupan sehari-harinya, tidak bisa dipungkiri bahwa manusia akan berintraksi satu sama lain yang memiki bahasa dan budaya yang berbeda.

Bahasa adalah kunci pokok bagi kehidupan manusia di atas dunia ini, karena dengan bahasa orang bisa berinteraksi dengan sesamanya dan bahasa merupakan sumber daya bagi kehidupan bermasyarakat. Adapun bahasa dapat digunakan apabila saling memahami atau saling mengerti erat hubungannya dengan penggunaan sumber daya bahasa yang kita miliki.

Dalam interaksi antar satu manusia dan manusia lain, maka dibutuhkan Bahasa, sehingga terjalin komunikasi antar satu dengan lainnya. Dari keberagaman bahasa yang digunakan manusia diseluruh dunia, maka dibutuhkan sebuah ilmu ataupun studi yang bisa membandingkan dan menyatukan bahasa dalam sebuah konsep yang dapat dikaji oleh semua orang dalam mempelajari dan mengenal berbagai bahasa lain di dunia.

Loading...

Oleh karena itu studi yang mempelajari tentang ilmu bahasa dan kebahasaan disebut Linguistik, Linguistik adalah ilmu yang mengkaji seluk-beluk bahasa secara umum. dalam bidang linguistik terdapat beberapa kajian, salah satunya dari kajian itu adalah kajian tentang makna, baik makna sebenarnya maupun makna kiasan. Ilmu yang mempelajari makna disebut semantik. Semantik sangat erat hubungannya dengan kehidupan manusia karena bahasa yang digunakan manusia sebagai alat komunikasi haruslah memiliki makna yang tepat agar terjadi komunikasi yang efektif terhadap teman atau mitra bicara.

Pengertian Bahasa Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah beberapa pengertian bahasa menurut para ahli :

1.  Harimurti Kridalaksana (1985:12)

Menyatakan bahwa bahasa adalah sistem bunyi bermakna yang dipergunakan untuk komunikasi oleh kelompok manusia.

2. H.G Brown (1987:8)

Bahasa adalah suatu sistem komunikasi menggunakan bunyi yang diucapkan melalui organ-organ ujaran dan didengar di antara anggota-anggota masyarakat, serta menggunakan pemrosesan simbol-simbol vokal dengan makna konvensional secara arbitrer.

3. Finoechiaro (1964:8)

Bahasa adalah sistem simbol vokal yang arbitrer yang memungkinkan semua orang dalam suatu kebudayaan tertentu, atau orang lain yang mempelajari sistem kebudayaan itu, berkomunikasi atau berinteraksi.

4. Carol (1961:10)

Bahasa merupakan sistem bunyi atau urutan bunyi vokal yang terstruktur yang digunakan atau dapat digunakan dalam komunikasi internasional oleh kelompok manusia dan secara lengkap digunakan untuk mengungkapkan sesuatu, peristiwa, dan proses yang terdapat di sekitar manusia.

5. I.G.N. Oka dan Suparno (1994:3)

Bahasa adalah sistem lambang bunyi oral yang arbitrer yang digunakan oleh sekelompok manusia (masyarakat) sebagai alat komunikasi.

6. Kamus Linguistik (2001:21)

Bahasa adalah sistem lambang bunyi yang arbitrer yang digunakan oleh para anggota suatu masyarakat untuk kerja sama, berinteraksi dan mengidentifikasikan diri.

7. Gorys Keraf (1984:1 dan 1991:2)

Bahasa adalah komunikasi antar anggota masyarakat, berupa lambang bunyi ujaran yang dihasilkan oleh alat ucap manusia.

8. D.P. Tambulan (1994:3)

Bahasa adalah untuk memahami pikiran dan perasaan, serta menyatakan pikiran dan perasaan.

Sedangkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) (2001:88) pengertian bahasa adalah sistem bunyi yang arbitrer yang digunakan oleh anggota suatu masyarakat untuk bekerja sama, berinteraksi, dan mengidentifikasikan diri.

Jadi dapat disimpulkan Bahasa adalah alat komunikasi yang berupa sistem lambang bunyi yang dihasilkan dari alat ucap manusia (mulut). Bahasa terdiri atas kata-kata atau kumpulan kata. Masing-masing mempunyai makna, yaitu, hubungan abstrak antara kata sebagai lambang dengan objek atau konsep yang diwakili oleh kumpulan kata atau kosakata itu yang disusun secara alfabetis, atau menurut urutan abjad yang disertai penjelasan artinya dan kemudian dibukukan menjadi sebuah kamus. Kita dapat memahami maksud dan tujuan orang lain berbahasa atau berbicara apabila kita mendengarkan dengan baik apa yang dikatakan.

Sifat dan Ciri-ciri Bahasa

Bahasa itu adalah sebuah sistem yang tersusun menurut suatu pola/aturan serta terdiri dari sub-sub sistem atau sistem bawahan. Berdasarkan definisi bahasa dari Kridalaksana dan dari beberapa para ahli lainnya, maka dapat disebutkan sifat atau ciri-ciri yang hakiki dari suatu bahasa. Berikut ini adalah sifat dan ciri-ciri bahasa antara lain :

  • Bahasa sebagai sistem, bahasa memilki suatu aturan atau susunan teratur yang membentuk suatu keseluruhan yang bermakna dan berfungsi. Sistem ini dibentuk oleh sejumlah unsur atau komponen yang satu dengan yang lainnya berhubungan secara fungsional.
  • Bahwa berwujud lambang, yaitu bahasa itu dilambangkan atau disampaikan dalam bentuk bunyi bahasa bukan dalam wujud yang lain yaitu berupa bunyi-bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia.
  • Bahasa berupa bunyi, yang dimaksud disini adalah satuan bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia yang di dalam fonetik diamati sebagai “fon” dan di dalam fonemik sebagai “fonem”
  • Bahasa itu bersifat arbitrer, yaitu tidak ada hubungan wajib antara lambang bahasa yang berwujud bunyi itu dengan konsep atau pengertian yang dimaksud oleh lambang tersebut,biasa di artikan sewenang-wenang,selalu berubah-ubah,tidak menetap.
  • Bahasa itu konvesional, masyarakat mematuhi akan konvensi yang di terapkan di dalam konsep yang mewakilinya.
  • Bahasa itu bermakna, ditinjau dari fungsinya yaitu menyampaikan pesan, konsep, ide atau pemikiran. Jadi bentuk-bentuk bunyi yang tidak bermakna yang disampaikan dalam bahasa apapun tidak bisa disebut sebagai bahasa.
  • Bahasa itu bersifat unik, setiap bahasa di dunia itu mempunyai ciri khas yang spesifik yang tidak dimiliki oleh bahasa lain.
  • Bahasa itu bersifat produktif, unsur-unsur yang terkandung di dalam bahasa itu dapat dikembangkan menjadi satuan-satuan bahasa yang jumlahnya tidak terbatas sesuai dengan sistem yang berlaku di dalam bahasa tersebut.
  • Bahasa itu bersifat universal, pada suatu bahasa yang ada di dunia ada ciri-ciri yang sama yang dimiliki oleh setiap bahasa dan tentunya ciri-ciri itu adalah unsur bahasa yang paling umum.
  • Bahasa itu variasi, bahasa di dunia ini beragam dan bermacam-macam.
  • Bahasa itu bersifat dinamis, karena bahasa itu selalu berkaitan dengan semua kegiatan manusia dan kegiatan manusia itu selalu berubah hingga akhirnya bahasa juga ikut berubah menjadi tidak tetap, dan menjadi tidak statis tetapi dinamis.
  • Bahasa itu manusiawi artinya bahasa itu hanya dimiliki saja dan digunakan oleh manusia itu sendiri.
  • Bahasa sebagai alat interaksi social, hal ini sesuai dengan fungsi bahasa itu sendiri sebagai alat komunikasi.

Fungsi Bahasa

Bahasa mempunyai fungsi  yaitu sebagai berikut.

1. Fungsi Pribadi

Fungsi pribadi juga disebut sebagai fungsi personal, yang berarti manusia sebagai penutur akan mengungkapkan rasa yang dirasakannya dengan bahasa. Selain bahasa juga akan diungkapkan dengan emosi ketika menyampaikan tuturannya.

2. Fungsi Direktif

Jika si penutur memberikan perintah dengan bahasa maka si pendengar akan melakukan instruksi atau perintah dari penutur. Hal ini disebut fungsi direktif yang berarti bahasa mengatur tingkah laku pendengar.

3. Fungsi Metalingual

Fungsi metalingual berarti bahasa digunakan untuk mengunkapkan bahasa itu sendiri, bahasa yang di utarakan ialah untuk menjelaskan suatu kata misal pembicaraan mengenai ekonomi, maka bahasa yang digunakan dengan tujuan membahas kata bahasa tersebut.

4. Fungsi Referensial

Fungsi ini berarti bahasa digunakan untuk membahas segala sesuatu yang berhubungan dengan penutur atau hal-hal yang ada disekitar penutur dan budaya yang ada disekitarnya.

5. Fungsi Imajinatif

Bahasa merupakan media untuk menyampaikan gagasan, ide, konsep atau pikiran yang secara jelas atau nyata dan juga imajinatif. Fungsi imajinasi tersebut biasanya berupa karya seni seperti lukisan, gambar, poster, dongeng, puisi cerita dan lain sebagainya.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian bahasa, sifat dan ciri-ciri, serta fungsi bahasa dalam kehidupan. Semoga dapat berguna dan bermanfaat, dan juga dapat mempererat persaudaraan kita dalam menjalani kehidupan berbangsa.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *