Pengertian Kalsium, Manfaat Kalsium dan Sumber Kalsium

Loading...

Dalam kesempatan kali ini admin ingin membahas mengenai kalsium. Mungkin diantara sobat ada yang sudah mengerti atau memahami apa itu kalsium. Namun tidak bisa dipungkiri jika masih ada yang belum terlalu memahami atau bahkan belum mengerti sama sekali mengenai apa itu kalsium. Bagi sobat yang masih bingung mengenai kalsium, sobat bisa menyimak penjelasan mengenai kalsium di bawah ini untuk memahami lebih lanjut.

Pengertian Kalsium

Kalsium merupakan sebuah elemen kimia yang memiliki simbol Ca dan nomor atom 20. Kalsium adalah mineral penting yang paling banyak dibutuhkan oleh manusia. Kalsium bermanfaat untuk membantu proses pembentukan tulang dan gigi serta diperlukan dalam pembekuan darah, kontraksi otot, transmisi sinyal pada sel saraf. Kalsium dapat membantu mencegah terjadinya osteoporosis. Kalsium dapat berperan dalam menurunkan tekanan darah serta dapat untuk mengurangi resiko terkena penyakit kardiovaskuler pada wanita post-menopause.

Setelah umur melebihi 20 tahun, pada umumnya tubuh manusia akan mulai mengalami penurunan kalsium kurang lebih sebanyak 1% per tahun. Apabila setelah umur melebihi 50 tahun, jumlah kandungan kalsium akan menyusut sebanyak 30%. Kehilangan kalsium dapat mencapai 50% ketika sudah mencapai umur 70 tahun.

Loading...

Gejala kekurangan kalsium seperti lesu, merasa gelisah, sesak napas, banyak keringat, menurunnya daya tahan tubuh atau metabolisme menurun, sakit pinggang, sembelit, kurang nafsu makan, insomnia, kram, dan sebagainya.

Manfaat Kalsium

Kalsium adalah mineral yang amat penting bagi tubuh manusia. Kalsium memiliki manfaat antara lain untuk pertumbuhan tubuh, penghubung antar saraf, kerja jantung, dan sebagainya. Berikut manfaat kalsium untuk tubuh manusia.

  • Mengaktifkan saraf
  • Melenturkan otot
  • Mengatasi kencing manis
  • Menormalkan tekanan darah
  • Menyeimbangkan tingkat keasaman pada darah
  • Membantu untuk mineralisasi gigi serta mencegah pendarahan pada akar gigi
  • Mencegah osteoporosis
  • Melancarkan sistem peredaran darah
  • Menurunkan risiko kanker usus
  • Mengatasi kram, reumatik, sakit pinggang, dan juga wasir
  • Mengatasi keluhan pada saat terjadi haid atau menopause
  • Mencegah penyakit jantung
  • Meminimalkan penyusutan pada tulang selama masa hamil dan menyusui
  • Mengatasi kering serta pecah-pecah yang terdapat pada kulit kaki dan tangan

Sumber Kalsium

Sumber kalsium antara lain:

  1. Ikan salmon
    Ikan salmon kaya akan kandungan lemak sehat dan juga protein. 3 ons ikan salmon yang sudah dikalengkan dengan masih memiliki tulang belakang ternyata mengandung kalsium yang tinggi yaitu sekitar 181 mg kalsium.
  2. Keju
    Keju merupakan makanan dengan bahan dasar susu dan keju memiliki hampir semua kandungan nutrisi yang terdapat pada susu seperti, protein, fosfor, kalsium, vitamin, mineral, fosfor, lemak, serta kolesterol. Namun, mengkonsumsi susu secara berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan tubuh.
  3. Yoghurt
    Yoghurt adalah susu yang dibuat dengan melalui proses fermentasi bakteri. Yoghurt merupakan salah satu makanan yang memiliki kandungan tinggi kalsium, hal ini karena berbahan dasar susu.
  4. Sayuran hijau
    Sayuran hijau juga memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi. Sayuran hijau yang mengandung kalsium antara lain brokoli dan bayam.
  5. Pisang
    Pisang merupakan salah satu buah yang mengandung kalsium yang cukup tinggi. Selain itu, pisang juga mengandung berbagai mineral lainnya seperti magnesium, kalium, zat besi, dan lain sebagainya.
  6. Kacang kedelai
    Kacang kedelai memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi, apabila 1 cangkir kacang kedelai direbus tanpa dicampuri dengan garam, maka dapat menghasilkan 261 mg kalsium. Olahan dari kacang kedelai seperti susu kedelai juga memiliki kandungan kalsium yang tinggi.
  7. Kacang putih
    Dalam 100 gram kacang putih terdapat sekitar 442 mg kalsium. Kacang putih termasuk dalam kategori kacang yang memiliki kandungan kalsium yang tinggi. Pada umumnya kacang putih sendiri memiliki kandungan kalsium berkisar 175 mg / porsinya.
  8. Kacang almond
    Kacang almond kaya akan kandungan vitamin E. Kacang almond selain mengandung vitamin E, almond juga mengandung kalsium sekitar 70-80 mg.
  9. Lobak
    Lobak juga mengandung kalsium sekitar 200 mg / batangnya. Mengkonsumsi lobak selain dapat memenuhi kebutuhan vitamin A juga dapat memenuhi kebutuhan kalsium.
  10. Susu kedelai
    Susu kedelai mengandung kalsium sekitar 300 mg kalsiumm, apabila disajikan tanpa dicampur dengan apapun.
  11. Oatmeal
    Oatmeal merupakan makanan yang baik untuk dikonsumsi yang dapat menyehatkan jantung dan kaya akan serat serta banyak mengandung karbohidrat. Oatmeal juga mengandung kalsium, dalam 1 mangkuk oatmeal memiliki kandungan sekitar 105 mg kalsium.
  12. Ikan sarden
    Ikan sarden merupakan hasil olahan ikan laut yang dapat memenuhi 33 % kalsium yang dibutuhkan oleh tubuh. Dengan mengkonsumsi ikan sarden minimal 1 minggu 1 kali.
  13. Biji wijen
    Dalam 1 ons biji wijen mengandung sekitar 280 mg kalsium, jumlah tersebut hampir sama dengan jumlah kalsium yang terdapat dalam 1 gelas susu.
  14. Buah-buahan kering
    Buah-buahan kering dapat memenuhi kebutuhan kalsium. Buah-buahan kering kurang lebih mengandung 135 mg kalsium untuk 5 jenis buah kering.
  15. Jeruk
    Mengkonsumsi jeruk sangat bermanfaat untuk tubuh kita. Selain jeruk mengandung vitamin C, jeruk juga memiliki kandungan kalsium sebanyak 60 mg.
  16. Brokoli
    Brokoli memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh apabila dikonsumsi. Brokoli juga mengandung kalsium yang tinggi yaitu sekitar 180 mg.

Dosis Dan Efek Samping Mengkonsumsi Kalsium

Meski kalsium dapat memberikan banyak manfaat, kita perlu berhati hati dalam mengkonsumsinya. Karena jika kadar kalsium berlebihan dalam tubuh kita akan memberikan hal yang sebaliknya. Kita disarankan mengkonsumsi kalsium sebanya 700 -1500mg dalam sehari, tergantung usia, jenis kelamin dan kondisi seseorang. Orang yang mengkonsumsi kalsium lebih dari 1500mg perhari, secara umum akan memberikan efek samping berupa sakit perut dan diare.

Demikianlah artikel mengenai pengertian kalsium, manfaat kalsium, dan sumber kalsium. Semoga dengan adanya tulisan diatas dapat menambah wawasan dan pengetahuan sobat mengenai kalsium. Bagi sobat yang sudah membaca tulisan diatas, sobat bisa juga memberi kritik dan saran mengenai tulisan ini di kolom komentar. Saran dan kritik sobat sangat berguna untuk perkembangan forum ini kedepannya. Salam edukasi

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *