Pengertian WiMAX, Prinsip Kerja WiMAX dan Perbedaan WiMAX dengan WiFi

Loading...

Dalam kesempatan kali ini admin ingin membahas mengenai WiMAX. Mungkin diantara sobat ada yang sudah mengerti atau memahami apa itu WiMAX. Namun tidak bisa dipungkiri jika masih ada yang belum terlalu memahami atau bahkan belum mengerti sama sekali mengenai apa itu WiMAX. Bagi sobat yang masih bingung mengenai WiMAX, sobat bisa menyimak penjelasan mengenai WiMAX di bawah ini untuk memahami lebih lanjut.

Pengertian WiMAX

WiMAX merupakan singkatan dari Worldwide Interoperability for Microwave Access. WiMAX adalah sebuah teknologi akses nirkabel pita lebar yang memiliki kecepatan akses tinggi dengan memiliki jangkauan yang luas. WiMAX merupakan evolusi dari teknologi sebelumnya yaitu BWA atau broadband wireless access dengan ditambahkan fitur-fitur yang menarik. Disamping kecepatan data tinggi yang dimiliki WiMAX, WiMAX juga merupakan sebuah teknologi dengan open standar. Dengan kecepatan data yang besar, WiMAX dapat diaplikasikan sebagai koneksi broadband ‘last mile’ ataupun backhaul.

Prinsip Kerja WiMAX

Secara garis besar, sistem kerja WIMAX sama dengan WiFi dimana menyediakan jaringan internet pada suatu area. Namun jika dibandingkan dengan WiFi, WIMAX memiliki wilayah jangkauan yang jauh lebih luas dan kecepatan yang jauh lebih tinggi.

Loading...

Jaringan WiFi disebut Local Area Network (LAN), jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil, seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau area yang lebih kecil lainnya.

Sementara jaringan WIMAX disebut Metropolitan Area Network (MAN), yang mana sesuai dengan namanya, jangkauan MAN bisa mencakup area yang cukup luas. MAN biasanya mampu menunjang data, suara, dan bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel.

Jika WiFi menggabungkan standar IEEE 802.11 dengan ETSI (European Telecommunications Standards Intitute) HiperLAN sebagai standar teknis yang cocok untuk keperluan WLAN, sedangkan WiMAX merupakan penggabungan antara standar IEEE 802.16 dengan standar ETSI HiperMAN.

Perbedaan WiMAX dengan WiFi

Perbedaan WiMAX dengan WiFi. Jaringan WiMAX terbilang cukup mahal untuk pembanguanan infastruktur serta perawatannya serta membutuhkan antena outdoor atau menara dan BTS dengan suatu peralatan pendukung. Kecepatan WiMAX biasanya terpusat memiliki kecepatan sekitar 5 mbps, walaupun terkadang dapat lebih dari itu. Pengguna WiMAX dapat juga untuk menyebarkan antena WiMAX dengan hal untuk menutupi sebagian besar wilayah sebuah kota atau mirip dengan jaringan data seluler. Pelanggan membutuhkan sebuah modem WiMAX khusus untuk dapat mengakses menggunakan jaringan WiMAX tersebut.

WiFi memiliki biaya yang relatif murah, kecil, dan router portabel. WiFi tidak perlu membangun sebuah infrastruktur pendukung, tapi jaringan WiFi hanya mencakup jarak dekat. WiFi adapter bahkan memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan router WiFi, dan kebanyakan komputer atau laptop sudah memilik adapter wireless untuk mengakses menggunakan jaringan WiFi.

Demikianlah artikel mengenai pengertian WiMAX, prinsip kerja WiMAX, dan perbedaan WiMAX dengan WiFi. Semoga dengan adanya tulisan diatas dapat menambah wawasan dan pengetahuan sobat mengenai WiMAX. Bagi sobat yang sudah membaca tulisan diatas, sobat bisa juga memberi kritik dan saran mengenai tulisan ini di kolom komentar. Saran dan kritik sobat sangat berguna untuk perkembangan forum ini kedepannya. Salam edukasi

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *