Pengertian Ziarah Kubur, Adab Ziarah Kubur dan Tata Cara Ziarah Kubur

Loading...

Dalam kesempatan kali ini admin ingin membahas mengenai Ziarah Kubur. Mungkin diantara sobat ada yang sudah mengerti atau memahami apa itu Ziarah Kubur. Namun tidak bisa dipungkiri jika masih ada yang belum terlalu memahami atau bahkan belum mengerti sama sekali mengenai apa itu Ziarah Kubur. Bagi sobat yang masih bingung mengenai Ziarah Kubur, sobat bisa menyimak penjelasan mengenai Ziarah Kubur di bawah ini untuk memahami lebih lanjut.

Pengertian Ziarah Kubur

Ziarah kubur itu sendiri terdiri dari dua kata yaitu ziarah dan kubur, kata ziarah sendiri berasal dari bahasa arab yaitu zara dari kata yazuru-ziyaratan yang memiliki makna mengunjungi. Dan kata kuburan itu sendiri ialah makan atau tempat disemahyamkannya orang yang sudah meninggal, sehingga pengertian ziarah kubur itu sendiri ialah mengunjungi kuburan.

Sedangkan makna dari mengunjungi itu sendiri berarti akan ada pertemuan diantara dua belah pihak, oleh karena itu salah satu dari tata cara ziarah kubur itu sendiri ialah mengucapkan salam ketika akan masuk kedalam makam atau kuburan. Dan jangan pula kita melakukan ziarah kubur itu memenuhi syarat-syarat ataupun untuk memohon supaya kita dimudahkan segala urusannya.

Loading...

Karena tidak sedikit orang yang melakukan ziarah kubur itu untuk memohon pertolongan agar dilancarkan segala urusan duniawinya, dan bagi mereka yang melakukan hal tersebut, maka orang-orang tersebut tergolong orang – orang yang syirik. Jangan sampai kita melakukan hal – hal tersebut, karena hal tersebut sudah termasuk kedalam dosa besar. Karena kita sama saja sudah menyekutukan Allah SWT.

Mengucapkan salam saat ziarah kubur itu dibolehkan, hal tersebut sesuai dengan hadist Rasulullah SAW: “Assalamu’alaikum wr. wb. penduduk kubur dari golongan yg beriman serta beragama islam. Dan kami Isnya Allah juga akan menyusul dibelakang serta kami mohon kpd Allah SWT agar kami begitupun kamu dilimpahkan keselamatan oleh Allah SWT”. (HR. Ahmad, Muslim, dan yang lainnya)

Hadist dari Ibnu Abbas R.A. jika Rasulullah SAW bersabda: “ketika beliau lewat dikuburan madinah, maka dihadapkannya muka ke sana lalu beliau bersabda :”Salam atasmu wahai penghuni kubur, serta semoga Allah SWT memberi keampunan kepada kami dan kamu, kamu merupakan perintis bagi kami, dan kami menjadikan pengikut yg menuruti jejakmu”. (HR. Tirmidzi)

Aisyah R.A. berkata: ”Jika Nabi Muhammad SAW setiap malam beliau menggiliri “Aisyah, biasanya di waktu dini hari pergi ke Baqi’ serta mengucapkan Salam atasmu wahai perkampungan orang mukin, serta nanti pd waktunya yg telah ditentukan kamu akan menemui apa yg dijanjikan. Dan Isnya Allah kami akan menyusulmu dibelakang. Ya Allah, berikanlah keampunan kepada penduduk Baqi’ yg berbahagia ini”.(HR. Muslim)

Adapun beberapa hal yang tidak diperkenankan atau diperbolehkan pada ziarah kubur baik itu pada saat kita berziarah ke makam Rasulullah ataupun makam wali, dan beberapa hal yang dilarang diantarnya adalah sebagai berikut.

  • Mengusap-usap makam atau kuburan.
  • Mencium makam atau kuburan serta thawaf mengelilingi makam.
  • Memohon atau meminta kepada mayat serta membagi kekuasan Allah SWT dengan mayat tersebut.

Adab Saat Ziarah Kubur

Adab-adab ziarah kubur adalah sebagai berikut:

  • Ziarah kubur hendaknya didasari dengan niat ikhlas karena Allah dan mengharapkan rida-nya.
  • Hendaknya berpakaian sopan dan menutup aurat
  • Mengucapkan salam kepada penghuni kubur dan mendoakan agar mereka mendapatkan keselamatan dan kesejahteraan di alam kubur.
  • Tidak boleh bernazar dengan niat tertentu yang berkaitan dengan takziah karena nazar hanya di tunjukan kepada Allah SWT
  • Tidak boleh mencium nisan untuk minta berkah karena hal ini musyrik.
  • Tidak menginjak-injak dan duduk diatas kuburan
  • Hendaknya mendoakan si manyit agar diampuni dosanya oleh Allah SWT.

Tata Cara Ziarah Kubur

Berikut ini tata cara ziarah kubur:

  • Berwhudu dan bersuci
  • Membaca doa dan salam ketika memasuki makam
  • Setelah di depan makam duduk menghadap ke arah muka jenazah
  • Membaca ayat-ayat Al-Qur,an dan doa-doa supaya jenazah dilapangkan alam kuburnya
  • Tidak berbuat kemusyrikan dengan meminta tolong kepada ahli kubur untuk mendoakannya
  • Dilarang duduk diatas makam dan melangkahi makam

Demikianlah artikel mengenai pengertian ziarah kubur, adab ziarah kubur dan tata cara ziarah kubur. Semoga dengan adanya tulisan diatas dapat menambah wawasan dan pengetahuan sobat mengenai Ziarah Kubur. Bagi sobat yang sudah membaca tulisan diatas, sobat bisa juga memberi kritik dan saran mengenai tulisan ini di kolom komentar. Saran dan kritik sobat sangat berguna untuk perkembangan forum ini kedepannya. Salam edukasi

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *