Pengertian Kesenian dan Pengertian Kesenian Menurut Para Ahli Lengkap

Loading...

Pengertian Kesenian – Dalam kesempatan kali ini admin ingin membahas mengenai kesenian. Mungkin diantara sobat ada yang sudah mengerti atau memahami apa itu kesenian. Namun tidak bisa dipungkiri jika masih ada yang belum terlalu memahami atau bahkan belum mengerti sama sekali mengenai apa itu kesenian. Bagi sobat yang masih bingung mengenai kesenian, sobat bisa menyimak penjelasan mengenai kesenian┬ádi bawah ini untuk memahami lebih lanjut.

Pengertian Kesenian

Kesenian adalah salah satu bagian dari budaya serta sarana yang dapat digunakan sebagai cara untuk menuangkan rasa keindahan dari dalam jiwa manusia. Kesenian selain sebagai sarana untuk mengekspresikan rasa keindahan, juga memiliki fungsi lain. Misalnya, mitos berguna dalam menentukan norma untuk mengatur perilaku yang teratur dan meneruskan adat serta nilai-nilai kebudayaan. Pada umumnya, kesenian dapat berguna untuk mempererat ikatan solidaritas suatu masyarakat. Berikut pengertian kesenian menurut para ahli.

Pengertian Kesenian Menurut Para Ahli

Para ahli memiliki pandangan yang berbeda-beda mengenai pengertian kesenian. Berikut beberapa pengertian kesenian menurut para ahli.

Loading...
  1. William A. Haviland
    Kesenian merupakan keseluruhan sistem yang dapat melibatkan proses penggunaan dari imajinasi manusia secara kreatif pada kelompok masyarakat dengan suatu kebudayaan tertentu.
  2. J.J Hogman
    Kesenian merupakan sesuatu yang memiliki beberapa unsur diantaranya unsur ideas, activities, serta artifacts.
  3. Kottak
    Seni sebagai hasil ekspresi, kualitas, atau alam keindahan atau segala hal yang dapat melebihi keasliannya dan klasifikasi objek-subjek terhadap kriteria estetis.
  4. Kuntjaraningrat
    Kesenian ialah kompleks dari berbagai ide-ide, norma-norma, gagasan, nilai-nilai, serta peraturan dimana kompleks aktivitas dan tindakan tersebut berpola dari manusia itu sendiri dan pada umumnya berwujud berbagai benda-benda hasil ciptaan manusia.
  5. Irving Stone
    Kesenian merupakan sebuah kebutuhan pokok. Seperti halnya roti atau mantel hangat yang digunakan pada musim dingin. Mereka mengira bahwa kesenian merupakan barang mewah, pikirannya tidak utuh. Menurut Irving Stone, Roh manusia akan menjadi lapar akan kesenian seperti pada saat perut yang keroncongan minta makan

Berdasarkan penelitian oleh para ahli, seni sudah ada di dunia sejak kurang lebih sekitar 60.000 tahun lalu. Buktinya terdapat pada dinding-dinding gua di negara Prancis bagian Selatan. Yaitu berupa lukisan torehan-torehan pada dinding yang menggunakan warna yang menggambarkan kehidupan pada zaman manusia purba. Artefak ini mirip lukisan modern yang kaya akan ekspresi. Hal ini dapat di lihat dari kebebasan dalam merubah bentuk.

Satu hal lagi yang merupakan perbedaan karya seni manusia purba dengan modern yaitu terletak pada tujuan penciptaan seni tersebut. Manusia purba membentuk karya seni atau penanda kebudayaan yang sangat dipengaruhi kekuatan-kekuatan yang ada di sekitarnya. Sedangkan karya seni manusia modern membentuk karya seni yang digunakan hanya untuk kepuasan pribadi serta menggambarkan kondisi di lingkungannya. Dengan kata lain, manusia modern merupakan sosok yang mempunyai keinginan untuk menemukan hal-hal baru serta memiliki cakrawala berpikir yang lebih luas dibandingkan dengan manusia purba.

Demikianlah artikel mengenai pengertian kesenian dan pengertian kesenian menurut para ahli lengkap. Semoga dengan adanya tulisan diatas dapat menambah wawasan dan pengetahuan sobat mengenai kesenian. Bagi sobat yang sudah membaca tulisan diatas, sobat bisa juga memberi kritik dan saran mengenai tulisan ini di kolom komentar. Saran dan kritik sobat sangat berguna untuk perkembangan forum ini kedepannya. Salam edukasi

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *