Pengertian Permainan Bola Voli, Sejarah, Tujuan, Serta Peraturan dan Teknik Permainannya

Loading...

Permainan bola voli adalah suatu permainan olahraga yang dimainkan oleh dua tim atau regu yang masing-masing regu terdiri dari 6 orang anggota. Bola voli  merupakan salah satu cabang olahraga yang tidak asing lagi bagi orang Indonesia. Bahkan olahraga ini bisa dibilang, paling populer nomer 2 setelah olah raga sepak bola.

Pengertian Bola Voli Menurut Para Ahli

Para ahli memiliki pandangan berbeda-beda mengenai pengertian bola voli. Berikut beberapa pengertian bola voli menurut para ahli, antara lain sebagai berikut:

1. Aip Syaifudin dan Muhadi

Olahraga bola voli dimainkan oleh dua regu dengan pemain 6 orang disetiap regu dan setiap regu berusaha memukul bola dan menjatuhkannya dilapangan lawan melewati net serta mencegah lawan menjatuhkan bola kembali.

Loading...
2. Mahfud Irsyada

Mahfud Irsyada berpendapat bahwa permainan bola voli merupakan permainan beregu dengan melibatkan beberapa orang pemain dalam rangka mencetak poin dengan cara melewatkan bola diatas net dan menjatuhkannya didaerah pertahanan tim lawan sehingga bisa meraih kemenangan.

3. Suharno

Pemainan bola voli adalah olahraga beregu yang dimainkan dengan ketentuan tiap regu berjumlah 6 orang, bermain dilapangan berukuran 18×9 meter, dan dilakukan dengan cara memantulkan bola secara bergantian dan setiap pemain berusaha menjatuhkan bola di daerah lawan.

4. Wikipedia

Dalam wikipedia tercantum pengertian bola voli yaitu permainan olahraga yang dimainkan dua tim berlawanan.

5. Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia

Permainan bola voli adalah permainan olahraga yang dimainkan oleh dua tim atau regu di lapangan dengan net sebagai pemisahnya.

Pengertian Permainan Bola Basket dan Teknik Dasar Olahraga Bola Basket

Sejarah Permainan Bola Voli

Bola voli ditemukan pertama kali oleh seorang instruktur pendidikan jasmani bernama William G. Morgam yang berasal dari sebuah asosiasi YMCA atau Young Men’s Chrisian Association, tepatnya pada tanggal 9 Februari 1895 di Holyyoke, Massachusetts, Amerika Serikat. Pada awalnya permainan bola voli ini disebur dengan Mintonette.

YMCA sendiri ialah sebuah organisasi yang dibangun untuk mengajarkan dasar agama Kristen kepada para pemuda di Amerika Serikat. Organisasi ini berdiri pada tanggal 6 Juni 1884 di London, Inggris dipelopori oleh William G. Morgan. Ketika William G. Morgan bertemu dengan James Naismith yang merupakan penemu olah raga basket di YMCA, beliau mendedikasikan hidupnya untuk menjadi seorang instruktur jasmani.

Selang empat tahun setelah James Naismith menemukan olahraga bola basket, William G. Morgan menciptakan olahraga bola voli yang merupakan gabungan dari beberapa olahraga lain seperti bola basket, tenis, bola tangan dan baseball. Pada awalnya permainan bola voli ini hanya dimainkan oleh anggota YMCA dan pertama kali dipertandingkan di YMCA training school.

Setelah dipertandingkan, rupanya permaian bola voli semakin terkenal dan mulai dimainkan oleh banyak orang serta diadakan pertandinga-pertandingan hingga ke luar Amerika.

Teknik Dasar Bola Voli

Berikut ini akan dijelaskan mengenai teknik dasar permainan bola voli yaitu sebagai berikut.

1. Passing

Teknik passing merupakan teknik yang paling dasar serta bagian terpenting dari permainan bola voli. Setelah mendapatkan bola maka kita harus mengumpan bola tersebut kepada teman ataupun langsung menembak ke area lapangan tim untuk mencetak poin. Secara garis besar teknik passing ada dua yaitu :

  • Passing Bawah
    Passing bawah ialah ketika kita menerima bola atau receive dibawah kepala kita. Passing bawah digunakan untuk menerima bola servis dari lawan dan merupakan pernerimaan pertama yang akan diarahakn ke seorang yang berada di tengah atau posisi setter. Cara melakukan passing bawah yaitu tempatkan telapak tangan kanan diatas telapak tangan kiri lalu luruskan tangan kedepan dengan posisi sedikit rendah ke arah bawah. Kemudian pasang kuda-kuda dengan posisi badan agak rendah.
  • Passing Atas
    Passing atas ialah ketika menerima bola diatas kepala kita. Teknik ini sering digunakan pada sentuhan kedua dan dilakukan oleh pemain yang berada di tengan atau setter. Terkadang passing atas juga bisa dilakukan untuk menerima servis lawan jika tidak bisa menggunakan teknik passing bawah. Untuk melakukan passing bawah ini yaitu dengan cara meletakan kedua tanggan diatas kepala tapi agak ke depan dan berikan celah agar bola bisa kita sentuh dan tidak lolos lalu doronglah bola tersebut.
2. Servis

Servis dalam permainan bola voli yaitu pukulan yang disajikan untuk memulai permainan bola voli. Adapun jenis servis ada 4 macam yaitu servis lompat atau jump serve, servis atas, servis samping, servis bawah.

3. Blocking

Teknik blocking merupakan teknik yang digunakan untuk menahan smash dari lawan agar bola gagal melewati net. Selain itu, blocking juga dapat menjatuhkan bola ke daerah lawan dengan cara mengembalikan smash yang dilakukan oleh lawan.

4. Smash

Smash ialah teknik dasar permainan bola voli yang digunakan untuk menjatuhkan bola di daerah lawan. Smash ini merupakan senjata utama untuk mencetak poin dalam pertandingan bola voli. Jenis smash ada 6 yaitu quick smash, semi smash, push smash, open smash, pull smash, dan ace smash.

Peraturan Permainan Bola Voli

Permainan bola voli memiliki beberapa peraturan antara lain sebagai berikut.

1. Perhitungan angka
  • Jika pihak lawan bisa memasukkan bola ke dalam daerah lapangan kita maka kita kehilangan bola dan musuh mendapatkan poin/nilai
  • Servis yang kita lakukan harus melewati net dan masuk menuju daerah musuh. Jika tidak, maka musuh akan mendapatkan poin/nilai.
2. Sistem Pertandingan
  • Sistem pertandingan menggunakan sistem setengah kompetisi yang terdiri dari 8 (delapan) tim dan akan didistribusikan ke dalam 2 (dua) group, masing-masing group terdiri dari 4 (empat) tim.
  • Setiap tim terdiri dari 10 (sepuluh) pemain yang meliputi 6 (enam) pemain inti yang bermain di lapangan dan 4 (empat) pemain cadangan.
  • Pergantian pemain inti dan pemain cadangan tidak dibatasi pada saat pertandingan berlangsung.
  • Jumlah pemain minimum yang boleh bermain adalah 4 (empat) orang.
  • Apabila dalam pertandingan tersebut kurang dari 4 (empat) orang, maka tim tersebut dinyatakan kalah.
  • Setiap pertandingan berlangsung 3 babak (Best of Three), kecuali pada babak 2 (kedua) sudah dipastikan siapa pemenangnya maka babak 3 (ketiga) tidak perlu dilaksanakan.
  • Sistem hitungan yang digunakan adalah 25 rally point. Jika poin peserta seri (imbang 24-24) maka pertandingan akan ditambah 2 (dua) poin. Peserta yang pertama kali unggul dengan selisih 2 poin akan memenangkan pertandingan tersebut.
  • Kemenangan dalam pertandingan penyisihan mendapat poin/nilai 1. Apabila ada dua tim atau lebih mendapat poin/nilai yang sama, maka penentuan juara group dan runner-up akan dilihat dari kualitas angka pada tiap-tiap set yang dimainkan.
  • Setiap tim diwajibkan bertukar sisi lapangan pada saat babak berakhir. Dan apabila ditentukan babak penentuan (set ke 3) maka tim yang dapat nilai terendah boleh meminta bertukar lapangan sesaat tim lawan mencapai angka 13.
  • Time out dilakukan hanya 1 kali dalam setiap babak dan lamanya hanya 1 menit.
  • Di luar dari aturan yang tertera disini, peraturan permainan mengikuti peraturan internasional.

Pengertian Bola, Ciri-ciri dan Contoh Soal Cara Menghitung Luas Permukaan Bola

Tujuan Permainan Bola Voli

Tujuan utama dari bermain bola voli ialah:

  1. Tujuan permainan bola voli ialah melewatkan bola di atas net supaya bisa jatuh menyentuh lantai daerah lapangan lawan dan untuk mencegah usaha yang sama dari tim lawan.
  2. Menjaga kesehatan tubuh. Ini juga sudah saya singgung, bahwa salah satu tujuan olahraga tidak lain adalah untuk mencapai kesehatan.
  3. Mencari Prestasi. Dengan menguasai teknik dan skill yang mumpuni dalam permainan bola voli, dapat menjadikan kita seorang atlet dan dapat menjadi sumber penghasilan kalau kita berhasil mendapatkan prestasi dari setiap event atau lomba.
  4. Memperagakan teknik dan taktik bermain bola di lapangan untuk mencapai kemenangan dalam setiap pertandingan.
  5. Membentuk soladiritas atau mencari teman. Dengan banyak pengalaman dalam bermain, akan memperbanyak teman klub atau teman bermain bola voli yang baik.

Itulah diatas uraian panjang lebar tentang pengertian bola voli, serta hal-hal terkait lainnya. Semoga bisa menambah wawasan anda.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *