Pengertian Teks Deskripsi, Ciri-ciri, Struktur, Jenis dan Contohnya

Loading...

Pengertian Teks Deskripsi – Teks deskripsi adalah sebuah paragraf dimana gagasan utamanya disampaikan dengan cara menggambarkan secara jelas objek, tempat, atau peristiwa yang sedang menjadi topik kepada pembaca. Sehingga pembaca seolah-olah merasakan langsung apa yang sedang diungkapkan dalam teks tersebut.

Berdasarkan pengertian teks deskripsi diatas kita dapat menyimpulkan bahwa teks deskripsi digunakan untuk memberikan gambaran jelas tentang suatu hal, kejadian atau peristiwa. Tidak hanya itu teks deskripsi juga dapat digunakan untuk memberikan gambaran informasi tentang seseorang, seperti contoh teks deskripsi tentang artis, presiden, ayah, ibu, dan sebagainya.

Contoh teks deskripsi pada dasarnya sudah banyak beredar baik secara online maupun dalam bentuk cetak atau tertulis. Dalam kehidupan sehari-hari contoh teks deskripsi dapat dengan mudah kita temukan dalam bentuk majalah maupun surat kabar lainnya

Loading...

Ciri-Ciri Teks Deskripsi

Teks deskripsi memiliki ciri  yang dapat membantu kita dalam mengenali jenis dari sebuah teks merupakan teks dikripsi. Berikut di bawah ini terdapat beberapa ciri dari teks deskripsi :

  1. Berisikan penggambaran atau penjelasan suatu objek
  2. Penggambaran atau penjelasan suatu objek yang menjadi topik di tuliskan secara detail, artinya penjelasan atau penggambaran di dalam teks deskripsi akan membuat pembacanya mengerti secara jelas dengan apa yang dijelaskan dalam teks tersebut.
  3. Ketika pembaca membaca teks deskripsi, pembaca seolah-olah merasakan, melihat, atau mengalami secara langsung  apa yang sedang dibicarakan pada teks tersebut.
  4. Teks deskripsi berisikan paragraf yang menjelaskan suatu objek berdasarkan warna, bentuk, ukuran, dan ciri-ciri fisik maupun psikis objek tersebut dengan sangat detail.

Struktur Teks Deskripsi

Teks deskripsi memliki 3 unsur sebagai struktur pembangunnya. Struktur-struktur tersebut sebagai berikut:

  1. Identifikas, pada bagian ini berisikan penentuan dari identitas seseorang, benda, atau objek lainya.
  2. Klasifikasi, ialah unsur penyusun yang bersisitem dalam kelompok menurut suatu kaidah atau standart yang sebelumnya telah ditetapkan.
  3. Bagian Deskripsi, berisikan gambaran atau penjelasan tentang suatu objek, atau topik yang ada dalam teks tersebut.

Jenis-jenis Teks Deskripsi

  1. Teks paragraf deskripsi subjektif  yaitu suatu paragraf  deskripsi yang dalam penggambaran objkenya berdasarkan atas kesan yang dimiliki oleh penulis teks tersebut.
  2. Teks paragraf spatial, dalam teks ini objek yang digambarkan hanya berupa benda, tempat, ruang dan sebagainya.
  3. Teks paragraf objektif, dalam teks ini penggambaran objek digambarkan apa adanya berdasarkan keadaan objek yang sebenarnya tanpa penambahan opini dari penulis itu sendiri.

Berikut di bawah ini merupakan beberapa contoh teks deskripsi berdasarkan jenisnya:

Contoh Paragraf Deskripsi Subjektif

Berikut beberapa jenis paragraf deskripsi subjektif, antara lain sebagai berikut.

Contoh 1

Nasi goreng yang dijual Pak Joko  sangat terkenal enak di Salatiga, nasi goreng ini dimasak menggunakan tunggu yang berbahan bakar arang sehingga aromanya khas dengan tambahan daging ayam serta telur yang membuatnya terasa lebih sedap. Walau terbilang terkenal harga satu porsi nasi goreng buatan Pak Joko tidaklah mahal kita hanya perlu membayar Rp.10.000,00 untuk satu porsi nasi goreng lengkap dengan daging ayam.

Contoh 2

Bu Jeni merupakan guru yang ditakuti muridnya, dia mengajarkan muridnya untuk displin dalam belajar. Ia memiliki postur tubuh yang kecil namun ketika ia marah ia akan membuat seolah-olah orang yang di sekelilingnya menjadi lebih kecil dibandingkan dia. Suaranya yang keras ketika marah bak suara gemuruh ketika hujan. Tetapi dibalik sifatnya yang galak saat mengajar  ia bermaksud untuk mendidik siswanya agar menjadi pribadi yang displin dalam melakukan semua hal.

Contoh 3

Kafe pelita adalah kafe yang sangat nyaman bagi para pelanggannya, kafe ini dikelilingi oleh banyak tanaman serta pepohonan yang membuat  udara di sekitar kafe terasa segar dan sejuk. Kafe ini juga dilengkapi dengan fasilatas free wifi yang menjadikannya tempat asyik untuk nongkrong bagi kalangan muda –mudi. Ketika bulan puasa tiba kafe pelita akan semakin ramai karena menjadi salah satu tujuan pelanggan sebagai tempat untuk berbuka puasa bersama.

Contoh Paragraf Spatial

Berikut beberapa jenis paragraf spatial, antara lain sebagai berikut.

Contoh 1

Salatiga merupakan sebuah kota kecil di provinsi Jawa Tengah yang terletak tepat di bawah kaki Gunung Merbabu. Di kota ini masih terdapat berbagai bagunan peninggalan jaman penjajahan Belanda yang masih berdiri kokoh bahkan sebagian masih digunakan sampai sekarang sebagai bangunan sekolah ataupun kantor-kantor pegawai pemerintahan. Salah satu contoh bangunan peninggalan penjajahan Belanda yang masih berdiri kokoh yaitu kantor rumah dinas walikota yang terletak tepat di tengah alun-alun kota Salatiga.

Contoh 2

Hari ini aku bertemu dengan teman yang sudah lama kami tidak bertemu,ketika itu aku sedang berjalan di taman ketika aku melihat seorang  wanita yang mengenakan kacamata, ia sedang duduk di bangku taman tepat di bawah sebuah pohon. Rambutnya panjang dan hitam yang terurai melambai-lambai  tertiup hembusan angin. Saat aku melewatinya wajahnya terasa tidak asing bagiku dan ternyata tak lama kemudian wanita itu memanggil namaku lalu ia mengatakan bahwa ia adalah Nita temanku sewaktu SMA dulu.

Contoh 3

Di rumah ini, rumah yang ukurannya tak lebih dari 9×8 meter ini dengan dinding yang terbuat dari papan serta masih berlantaikan tanah aku bersama adik-adikku hidup serba kekurangan bersama ibu dan ayahku hingga saat ini aku telah menjadi seorang yang sukses sehingga aku bisa membelikan rumah yang cukup layak untuk keluargaku. Rumah yang aku beli hasil jeri payahku berukuran 600m2, berwarna putih  di depan rumah terdapat taman yang ditumbuhi banyak tanaman hias serta bunga berwarna-warni sehingga suasana terasa nyaman. Di bagian dalamnya terdapat ruangan-ruangan salah satunya ruangan keluarga. Di ruangan keluarga terdapat sebuah tv ukuran 42 inc yang  disekitarnya terdapat kursi sofa tebal yang bisa kami gunakan untuk berkumpul bersama keluarga.

Contoh Paragraf Objektif

Berikut beberapa jenis paragraf objektif, antara lain sebagai berikut.

Contoh 1

Bola Basket merupakan salah satu olahraga yang di mainkan oleh dua regu yang masing-masing regunya terdiri dari 5 orang. Dalam permainan ini setiap regu akan bermain di lapangan berukuran 28×15 meter serta  bersaing untuk mencetak angka dengan cara memasukan bola kedalam ring yang terletak di masing-masing ujung lapangan dangan ketinggian masing-masing ring 3,05 meter. Permainan bola basket terbagi menjadi 4 kuarter yang setiap kuarternya terdiri dari 10 menit permainan.

Contoh 2

Enting-enting gepuk merupakan oleh-oleh makanan khas dari Salatiga. Enting-enting gepuk terbuat dari campuran kacang, gula pasir, glukus, dan prambozen. Enting-enting gepuk sendiri pertama kali dibuat oleh Khoe Tjong Hok asal Fukkian, China. Ia membuat enting-enting gepuk di klenteng Hok Tek Bio, Salatiga, Jawa Tengah.

Contoh 3

Komodo merupakan salah satu satwa langka yang dilindungi di Indonesia. Hewan karnivora yang memiliki nama latin Varanus komodoensis ini merupakan satwa yang hanya dapat di temukan satu-satunya di Indonesia. Habitat komodo sendiri berada di pulau Komodo yang terletak di Nusa tenggara. Warga sekitar Pulau Komodo menyebut komodo sendiri dengan sebutan ora.

Demikianlah artikel mengenai pengertian teks deskripsi, ciri-ciri, struktur, jenis-jenis dan contohnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda semua.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *