Pengertian Evolusi, Jenis-jenis dan Bukti-bukti Teori Evolusi

Loading...

Siapa sih yang tak kenal dengan Bapak Charles Darwin? Beliau merupakan salah satu tokoh terkenal yang mengutarakan pendapat mengenai adanya evolusi terhadap semua makhluk hidup yang ada yang ada dibumi ini.

Bapak Darwin ini terkenal dan kontroversi dengan teori evolusinya yang mengaitkan bahwa nenek moyang manusia yaitu sejenis monyet atau sejenisnya. Ada beberapa orang yang menganggap teori beliau hanyalah isapan jempol belaka, namun ada juga yang mempercayainya.

1. Pengertian Evolusi Menurut Bahasa

Untuk itu, sebelum membahas lebih lanjut mengenai evolusi, cobalah mencari tahu apa arti dari evolusi itu sendiri. Evolusi diambil dari bahasa latin, Evolvere, yang artinya ialah membuka lipatan, keluar berkembang atau menggulung.

Loading...
2. Pengertian Evolusi Menurut Charles Darwin

Bapak Charles Darwin mengemukakan pendapat bahwa suatu evolusi bisa terjadi karena adanya seleksi alam. Seleksi alam yang dimaksud berupa:

  • Harusnya beradaptasi dengan lingkungan sekitar dan merawiskan sifat-sifatnya pada keturunannya.
  • Lebih memilih untuk menghasilkan keturunan daripada mencari cara bagaimana caranya bertahan hidup.
  • Tidak akan ada yang memiliki sifat yang sama karena akan selalu terjadi bariasi sehingga sifatnya akan berbeda-beda disetiap individu
  • Adanya faktor-faktor tertentu yang dapat mempengaruhi kenaikan populasi sehingga tidak akan berjalan mulus.

Bapak Charles Darwin sendiri pernah menerbitkan buku yang berjudul The Origins of Spesies. Didalamnya, ada 4 pokok pikiran yang diungkapkan oleh Darwin mengenai evolusi. Apa sajakah 4 pokok pikiran tersebut?

  1. Spesies-spesies yang berada saat ini merupakan hasil evolusi dari spesies-spesies sebelumnya.
  2. Terjadinya evolusi dikarenakan adanya seleksi alam
  3. Spesies-spesies yang memiliki family yang sama merupakan evolusi dari keturunan yang sama
  4. Kemungkinan adanya terjadinya perubahan bentuk terhadap suatu spesies yang dialami secara bertahap.
3. Pengertian Evolusi Berdasarkan Ilmu Sejarah

Sedangkan menurut ilmu sejarah, evolusi merupakan proses perubahan entah itu perkembangan sosial, politik, dan ekonomi tanpa paksaan yang berlangsung dari waktu ke waktu dalam jangka waktu yang cukup lama.

4. Pengertian Evolusi Menurut Ilmu Pengetahuan Alam

Berbeda dengan pengertian evolusi menurut ilmu sejarah, menurut ilmu pengetahuan alam, evolusi merupakan proses perkembangan suatu makhluk hidup dari bentuk yang sederhana ke bentuk yang lebih kompleks untuk menuju kesempurnaan dan berlangsung dalam jangka waktu yang lama.

Jenis-jenis Evolusi

Setelah mengetahui dan memahami mengenai arti dari kata evolusi itu sendiri, ada juga beberapa jenis evolusi yang perlu Anda ketahui. Inilah jenis-jenis evolusi yang ada di dunia ini:

1. Jenis Evolusi Berdasarkan Arahnya

Menurut arahnya, ada 2 jenis evolusi yang bisa kita ketahui, yaitu:

  • Evolusi Progresif
    Evolusi progresif merupakan suatu evolusi yang memungkinkan makhluk hidup tersebut dapat berjuang atau bertahan hidup. Contohnya, yaitu burung Finch. Anda bisa melihat disetiap daerah terdapat burung finch dengan bentuk paruh yang berbeda-beda. Hal ini disesuaikan dengan kondisi lingkungan sekitar sehingga burung tersebut dapat bertahan hidup di lingkungan yang ditinggalinya.
  • Evolusi regresif
    Evolusi refresif sendiri merupakan evolusi yang tidak dapat membantu makhluk hidup untuk bertahan hidup sehingga besar sekali dapat mengalami kepunahan. Contohnya yaitu evolusi pada hewan dinosaurus, yang hingga saat ini sudah punah.
2. Jenis Evolusi Berdasarkan Skala Perubahannya

Berdasarkan skala perubahannya, evolusi terbagi menjadi 2, yaitu:

  • Makroevolusi
    Makroevolusi merupakan perubahan suatu makhluk hidup dalam perubahan dengan skala yang lebih besar. Adanya evolusi yang satu ini sangat memungkinkan untuk terbentuknya spesies baru.
  • Mikroevolusi
    Sedangkan mikroevolusi ialah proses perubahan pada makhluk hidup yang terjadi dalam skala kecil. Proses evolusi ini hanya terjadi pada perubahan kromosom atau gen pada makhluk tertentu.
3. Jenis Evolusi Berdasarkan Hasil Akhirnya

Ditinjau dari hasil akhirnya, evolusi terbagi menjadi 2, yaitu:

  • Evolusi Divergen
    Evolusi divergen merupakan proses perubahan pada makhluk hidup yang perubahannya terbentuk dari satu spesies tertentu dan berkembang menjadi banyak spesies baru. Contohnya yaitu keluarga hewan vetebrata yang memiliki jari 5. Saat ini, makhluk hidup vertebrata yang masih memiliki jari 5 yaitu hewan primata.
  • Evolusi Konvergen
    Evolusi konvergen merupakan proses perubahan bentuk suatu makhluk hidup yang memiliki kesamaan struktur antara dua organism atau organ yang memiliki family yang sama ataupun yang berbeda. Contohnya yaitu ikan duyung, lumba-lumba, dan ikan hiu. Ketiga ikan tersebut terlihat sama namun mereka memiliki kelompol spesies yang berbeda-beda. Ikan duyung dan ikan hiu termasuk dalam kelompok pisces. Namun, lumba-lumba termasuk dalam kelompok manusia.

Bukti-bukti Teori Evolusi

Dari beragam teori evolusi diatas, tidaklah sekedar teori saja. Ada bukti-bukti dari teori tersebut yang dapat membantu Anda untuk mempercayai bahwa evolusi itu memang terjadi. Ada dua bukti teori evolusi yang benar adanya, seperti:

  • Variasi terhadap makahluk hidup yang berasal dari satu keturunan yang sama
    Jika Anda perhatikan, setiap makhluk hidup yang berasal dari satu keturunan yang sama tidak akan memiliki genetik yang sama persis. Anda akan menemukan variasi genetik dari keturunan tersebut. Contohnya yaitu variasu genetik pada kumbang. Setiap keturunan yang dihasilkan akan memiliki perbedaan kebiasaan, kegaalan, berat, ukuran, warna dan sebagainya.
  • Fosil
    Tak sedikit para ahli yang sudah menemukan berbagai macam fosil binatang maupun tumbuhan yang berada di berbagai lapisan bumi. Tentunya, adanya fosil ini dapat dijadikan sebagai petunjuk penting akan adanya suatu evolusi. Dari fosil yang ditemukan, para ahli dapat meneliti struktur dan segala macam yang memang dapat mengacu bahwa keadaan lingkungan yang terjadi dimasa lampau dengan masa kini berbeda.

Nah, setelah membaca sederet teori evolusi diatas, apakah sekarang anda sudah mengerti terkait adanya proses evolusi dan pengertian evolusi secara mendalam?

 

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *