Pengertian Email, Jenis-Jenis, Fungsi, dan Cara Kerjanya

Loading...

Pada zaman dahulu, ketika Anda membutuhkan informasi kabar dari kerabat atau orang lain, Anda harus menulis surat dan dikirim melalui pos yang tersedia. Pengantaran surat seperti itu tidak efektif karena membutuhkan waktu yang sangat lama.

Untuk mengatasi semua kesusahan tersebut, terciptalah Email atau electronic mail. Tentunya, email ini memiliki fungsi lebih dari sekedar bertukar kabar dengan kerabat atau orang lain. Ingin tahu lebih lanjut mengenai pengertian email dan seluk beluknya?

Pengertian Email

Email atau electronil mail, yang menurut bahasa artinya adalah surat elektronik. Tentu, email merupakan sarana yang dapat digunakan oleh para pengguna internet untuk saling berkomunikasi untuk mengirim pesan dan sebagainya.

Loading...

Hampir semua pengguna android di dunia, pastilah memiliki email. Mengapa? Tak sedikit android baru membutuhkan email untuk aktivasi andoid serta aktivasi sederet akun Google yang ada pada android. Tentunya, tanpa memasukkan alamat email, Anda tidak akan bisa menggunakan android dengan sebagaimana mestinya.

Bahkan, sekarang ini penggunaan email sudah dimanfaatkan untuk melakukan suatu aktivitas atau kegiatas sehari-hari. Banyak pengguna internet yang aktif menggunakan email mereka untuk mengirim pesan, baik berupa teks, file, gambar, atau sebagainya.

Komponen Email

Sebelum mengenal lebih jauh mengenai email. Tak ada salahnya jika Anda mengetahui terlebih dahulu mengenai komponen-kompenon yang terdapat dalam email.

Biasanya, ketika Anda akan menyebutkan alamat email, Anda harus memiliki komponen-komponen yang terdapat dalam email. Terdapat dua komponen email yang perlu diketahui.

Pertama, yaitu user id atau yang berada di sebelah kiri tanda”@”. User id sendiri bisa dalam berbaagai macam kata mulai dari nama pribadi, nomor, nickname, nama perusahaan, dan sebagainya. Setiap orang memiliki hak tersendiri mengenai nama apa yang akan mereka gunakan untuk alamat email tersebut.

Kedua yaitu bagian setelah lambang “@” atau yang biasa disebut dengan hostname atau domain name.  Contohnya bisa berupa ymail.com, gmail.com, yahoo.com, atau semacamnya, tergantung dari domain mail server yang Anda pilih.

Jenis-jenis Email

Apabila Anda ingin membuat sebuah email baru, ada baiknya jika Anda mencari tahu terlebih dahulu jenis-jenis provider email yang bisa digunakan. Tentunya, Anda bisa menggunakan semua jenis provider yang ada. Namun, alangkah baiknya jika Anda menggunakan salah satu atau lebih provider email yang memang dibutuhkan.

Pastinya, setiap jenis provider email yang digunakan memiliki kelebihan dan kelemahannya tersendiri. Untuk itu, inilah jenis-jenis provider email yang bisa digunakan beserta penjelasannya:

1. Email gratis

Salah satu cara untuk bisa mendapatkan email secara cuma-cuma yaitu dengan memanfaatkan email gratis. Tenang saja, Anda tidak akan dipungut biaya sepeserpun untuk menggunakannya. Hampir semua pengguna internet memiliki email gratis mulai dari kalangan muda hingga tua, berbagai macam perusahaan maupun perorangan.

Contoh provider email gratis ini yaitu Gmail, Hotmail, Outlook.com, Yahoo mail, Zoho mail, Mail.com dan sebagainya. Salah satu yang terbaik dan sering digunakan oleh para pengguna internet yaitu Gmail. Penyedia layanan email gratis ini sangat user-friendly dan sederhana, bahkan bagi orang yang tidak mengerti seluk beluk email sekalipun. Tak hanya itu saja, provider email ini memberikan layanan lebih dari 10GB penyimpanan gratis.

2. Email berbayar

Setelah email gratis, tentunya ada email yang berbayar. As its name, Anda harus mengeluarkan biaya untuk menggunakan email tersebut. Anda tidak perlu khawatir karena biaya yang Anda keluarkan akan sebanding dengan fasilitas yang didapatkan.

Tentunya, fasilitas yang ditawarkan untuk pengguna email berbayar ini berbeda dengan pengguna email gratis, Mulai dari kapasitas penyimpanannya dan beragam fasilitas lainnya yang tak akan ditemukan pada provider email gratis.

Ada berbagai macam jenis email berbayar yang bisa digunakan, seperti email premium yang disediakan oleh Google. Anda hanya perlu memilih salah satu paket layanan email premium yang dibutuhkan. Pastinya, setiap paket memiliki layanan yang berbeda-beda.

3. Email berbayar yang menggunakan nama perusahaan

Apabila Anda ingin menggunakan email untuk perusahaan, Anda bisa menggunakan email berbayar yang satu ini. Email yang satu ini sangat unik. Anda bisa mengkostumisasi domain name. Alih-alih menggunakan nama provider email, Anda bisa menggunakan nama perusahaan. Contohnya yaitu nama-Anda@perusahaan-Anda.com. Dengan begitu, dapat memudahkan para karyawan perusahaan untuk menggunakan email kerja dengan menggunakan nama perusahaan.

Apabila Anda tertarik untuk menggunakan email yang satu ini, Anda bisa menggunakan salah satu fasilitas custom email yang terdapat pada Google. Well, Anda perlu paham bahwa menggunakan email custom sendiri dapat memperlihatkan keprofesionalitasan Anda ketika bekerja dalam suatu perusahaan.

4. Webmail

Apabila Anda pengguna website yang aktif, Anda bisa menggunakan webmail untuk email Anda. Salah satu syarat utama untuk menggunakan webmail ini yaitu Anda harus mempunyai website terlebih dahulu.

Email yang satu ini seperti email custom sebelumnya karena Anda bisa menggunakan domain website untuk domain email itu sendiri. Selama Anda mempunyai website, Anda tidak perlu membayar layanan email yang satu ini. Namun, Anda juga perlu tahu bahwa fasilitas yang didapatkan akan terbatas mengikuti fasilitas website yang Anda gunakan.

Fungsi Email

Dari pengertian diatas kita bisa mengetahui bahwa email berfungsi layaknya layanan pengiriman surat dalam bentuk digital. Beberapa fungsi email yang diketahui adalah sebgai berikut

1. Mengirim dan menerima pesan

Pada dasarnya email adalah layanan untuk mengirim dan menerima pesan. Pengguna bisa mengirimkan pesan atau surat secara digital pada alamat email yang dituju dan email tersebut akan sampai dalam hitungan detik tergantung pada kecepatan koneksi internet.

Caranya mudah saja, kita hanya perlu menulis pesan pada dashboard menu email yang disediakan oleh penyedia layanan email dan kemudian mengirimkannya pada alamat yang dituju.

2. Mengirim dan menerima file

Selain berfungsi untuk mengirim pesan, email juga bisa mengirimkan file dalam bentuk gambar, dokumen, video atau bentuk file lainnya pada alamat yang dituju dengan menambahkannya pada lampiran atau attachment yang tersedia pada email. Biasanya ukuran file yang dikirim memiliki ukuran tertentu dan tidak boleh melebihi ukuran file maksimal yang telah ditetapkan.

3. Mendaftar akun sosial media dan lainnya

Saat ini hampir semua fitur layanan yang tersedia di internet baik jejaring sosial media, online shopping, game dan lainnya membutuhkan email saat mendaftar dan login pada layanan tersebut. Biasanya fitur aplikasi tersebut akan meminta verifikasi dari akun email yang didaftarkan dan juga mengirimkan notifikasi melalui alamat email yang didaftarkan. Email juga merupakan komponen penting saat Anda akan membuat suatu blog atau website yang ada di internet.

4. Sarana Promosi

Saat ini email tidak hanya menjadi sarana pengiriman pesan dan dokumen melainkan juga menjadi lahan promosi bagi para pebisnis misalnya online store. Saat pengguna mendaftarkan emailnya pada suatu online store maka secara otomatis alamat email tersebut akan menerima email promosi dari online store tersebut.

5. Mengaktifkan Smartphone

Ponsel atau smartphone khususnya android hanya dapat diaktifkan dengan memasukkan alamat email terlebih dahulu dan alamat email tersebut biasanya akan tersinkronisasi dalam aplikasi yang terdapat dalam smartphone tersebut.

Cara Kerja Email

  • Pengguna menulis email dan kemudian menginstruksikan aplikasi email untuk mengirimkannya pada alamat penerima.
  • Aplikasi email mengirim email pada komputer mirip seperti seperti kantor pos dan melayani proses penerimaan dan pengiriman email. Komputer demikian disebut email server.
  • Email server mengidentifikasikan alamat tujuan dan mengirimkannya ke email server yang lain yang lebih dekat ke alamat tujuan. Ada kalanya, sebuah email dikirimkan melalui beberapa email server, tergantung pada rute yang dilaluinya.
  • Setelah email sampai pada alamat penerima kemudia disimpan di email server hingga membuka kotak posnya.
  • Saat penerima membuka kotak posnya, aplikasi email penerima akan meminta email baru yang terdapat di email server dan mengunduhnya ke dalam komputer pengguna.
  • Penerima dapat segera membaca email baru yang telah di unduh.

Manfaat Email

Adapun manfaat-manfaat email yang bisa Anda manfaatkan, seperti:

  • Sebagai identitas diri untuk para pengguna internet
  • Syarat untuk mendaftar akun
  • Syarat untuk melamar pekerjaan melalui online
  • Berkomunikasi antar pengguna internet
  • Pendaftaran sesuatu
  • Syarat untuk memiliki website serta mengelolanya
  • Melakukan transaksi online baik itu perusahaan maupun pribadi
  • Sebagai media penerima pembayaran atau e-reciept

Itulah penjelasan singkat yang bisa kami bagikan mengenai email dan hal terkait lainnya. Semoga bermanfaat.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *