Pengertian Fotosintesis, Proses Fotosintesis, Manfaat, Dan Faktor Yang Mempengaruhi Fotosintesis

Loading...

Pengertian Fotosintesis – Sebagaimana yang kita pelajari dalam pelajaran biologi yaitu tentang fotosintesis pada tumbuhan hijau. Tumbuhan melakukan fotosintesis yaitu untuk memproduksi makanannya sendiri yang dibantu oleh energi matahari sehingga tumbuhan dapat memasak makanan sendiri. Sat-satunya cara tumbuhan memproduksi makanannya yaitu dengan proses fotosintesis. Fotosintesis merupakan fungsi utama dari daun pada tumbuhan hijau, proses fotosintesis sangatlah penting untuk kehidupan di bumi ini sebab hampir semua makhluk hidup sangat membutuhkan hasil dari fotosintesis. Salah satu hasil dari fotosintesis yaitu oksigen, kita tahu bahwa oksigen sangat dibutuhkan oleh manusia dan hewan untuk kelangsungan hidupnya.

Proses fotosintesis dapat dilakukan oleh tumbuhan hijau, alga dan bakteri yang memiliki klorofil (zat hijau daun) pada siang hari. Kenapa terjadi pada siang hari ? Karena untuk melakukan proses fotosintesis tumbuhan membutuhkan energi cahaya matahari. Tumbuhan dapat menyerap energi cahaya matahari karena memiliki pigmen yang disebut dengan klorofil, pigmen inilah yang memberikan warna hijau pada daun tumbuhan. Klorofil ada dalam organel yang disebut dengan kloroplas. Umumnya energi dari fotosintesis dihasilkan pada daun akan tetapi dapat juga terjadi pada organ atau bagian tumbuhan lainnya yang memiliki zat hijau.

Fotosintesis berasal dari kata foton yang artinya cahaya dan sintesis yang artinya penyusunan. Jadi, fotosintesis adalah proses penyusunan bahan organik (karbohidrat) dari H2O dan CO2 dengan bantuan energi cahaya. Proses ini hanya dapat terjadi pada tumbuhan yang mempunyai klorofil, yaitu pigmen yang berfungsi sebagai penangkap energi cahaya matahari. Jadi, fotosintesis merupakan transformasi energi dari energi cahaya matahari dikonversi menjadi energi kimia yang terikat dalam molekul karbohidrat.

Loading...

Peristiwa fotosintesis hanya terjadi dan berlangsung jika terdapat klorofil dan sinar matahari. Klorofil merupakan pigmen hijau yang berbentuk butiran-butiran, dan terletak di dalam kloroplas yang terdapat di daun. Klorofil memiliki sifat mampu menangkap dan memantulkan sinar dalam gelombang yang berbeda (fluoresen). Klorofil kadang-kadang dapat juga dijumpai pada batang tumbuhan, karena daunnya telah mengalami modifikasi bentuk dan fungsi dari daun ke batang, contohnya tanaman kaktus.

Fotosintesis sebenarnya merupakan suatu proses pembentukan senyawa kimia kompleks dari senyawa-senyawa yang lebih sederhana dengan bantuan sinar matahari. Hasil akhir dari fotosintesis berupa karbohidrat yang akan digunakan sebagai sumber makanan dan oksigen yang terlepas ke udara bebas sehingga orang yang berada di sekitarnya dapat menghirup udara segar.

Karbohidrat yang dihasilkan oleh tumbuhan, dipakai untuk keperluan hidupnya sendiri, seperti untuk tumbuh dan berkembang serta menjalankan aktivitas lainnya, dan sisanya disimpan sebagai cadangan makanan. Cadangan makanan inilah yang biasanya dimanfaatkan hewan dan manusia untuk bahan makanannya.

Secara ringkas, fotosintesis merupakan penyusun/pembuatan makanan yang terjadi di daun, yang dilakukan oleh klorofil dengan bantuan energi cahaya. Secara alami fotosintesis berlangsung dengan bantuan energi cahaya matahari dan terjadi di siang hari. Jadi, forosintesis bisa juga terjadi pada malam hari dengan bantuan cahaya lampu atau cahaya lainnya.

Proses Fotosintesis

Fotosintesis terjadi pada tumbuhan berdaun hijau. Pada umumnya tumbuhan yang mempunyai daun berwarna hijau (berhijau daun) karena pada daun tumbuhan tersebut terkandung pigmen hijau atau zat warna yang disebut zat hijau daun (klorofil).

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *