Pengertian Globalisasi, Faktor-faktor, Dampak Positif dan Negatif Globalisasi

Loading...

Pengertian Globalisasi – Tentu kita semua sering mendengar kata globalisasi, kata yang sudah sangat melekat pada kehidupan sehari-hari kita. Karena sebenarnya globalisasi merupakan suatu fenomena umum dimana informasi dan interaksi dapat dengan mudah diakses. Tapi sebenarnya apa sih globalisasi itu? Nah, pada kesempatan kali ini saya akan menghadirkan sebuah artikel yang membahas tentang pengertian globalisasi, faktor-faktor penyebab globalisasi, serta dampak positif dan negatif yang timbul dari pengeruh globalisasi.

Kata globalisasi berasal dari bahasa Inggris yaitu Globalization”, yaitu gabungan dari kata global yang berarti mendunia dan lization yang berarti proses. Globalisasi memang kata yang cukup luas untuk dibatasi. Seperti yang telah dijelaskan dalam buku “The Race to the Top” oleh Thomas Larsson bahwa globalisasi adalah proses memendeknya jarak dan menyusutnya dunia sehingga semua hal menjadi semakin dekat sehingga manusia dan segala aspeknya semakin mudah berinteraksi. Jadi dari asal mula katanya, globalisasi bisa diartikan sebagai proses penyebaran unsur-unsur baru baik berupa informasi, pemikiran, gaya hidup maupun teknologi secara mendunia.

Globalisasi adalah suatu proses dimana bata-batas suatu negara menjadi semakin sempit karena kemudahan interaksi antara negara baik berupa pertukaran informasi, perdagangan, teknologi, gaya hidup dan bentuk-bentuk interaksi yang lain.

Loading...

Globalisasi juga bisa dimaknai sebagai proses dimana pengalaman kehidupan sehari-hari, ide-ide dan informasi menjadi standar di seluruh dunia. Proses tersebut diakibatkan oleh semakin canggihnya teknologi komunikasi dan transportasi serta kegiatan ekonomi yang merambah pasar dunia.

Seperti dua mata koin yang berbeda, globalisasi menawarakan keuntungan yang sangat besar dalam kemajuan perekonomian suatu negara tapi disisi lain ada juga damapak negatif yang ditimbulkan seperti lunturnya budaya luhur karena seruban budaya baru dari luar.

Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli

Para ahli memiliki pandangan yang berbeda-beda mengenai pengertian globalisasi. Berikut beberapa pengertian globalisasi menurut para ahli.

  1. Laurence E. Rothernberg mengatakan globalisasi ialah percepatan dari intensifikasi interaksi dan integrasi antara orang-orang, perusahaan dan pemerintah dari negara yang berbeda.
  2. Anthony Giddens mengatakan bahwa globalisasi adalah intensifikasi hubungan sosial secara mendunia sehingga menghubungkan antara kejadian yang terjadi dilokasi yang satu dengan yang lainnya serta menyebabkan terjadinya perubahan pada keduanya.
  3. Dr. Nayef R.F. Al-Rodhan mengatakan lobalisasi adalah proses yang meliputi penyebab, kasus, dan konsekuensi dari integrasi transnasional dan transkultural kegiatan manusia dan non-manusia.
  4. Emanuel Ritcher mengatakan globalisasi adalah suatu jaringan kerja global yang mempersatukan masyarakat secara bersamaan yang sebelumnya tersebar menjadi terisolasi kedalam saling ketergantungan dan persatuan dunia.
  5. Martin Albrow mengatakan globalisasi adalah seluruh proses penduduk yang terhubung ke dalam komunitas dunia tunggal, komunitas global.
  6. Malcom Waters mengatakan globalisasi adalah sebuah proses sosial yang berakibat bahwa pembatasan geografis pada keadaan sosial budaya menjadi kurang penting, yang terjelma didalam kesadaran orang.
  7. Selo Soemardjan mengatakan globalisasi merupakan sebuah proses terbentuknya sistem organisasi dan komunikasi antar masyarakat di seluruh dunia untuk mengikuti sistem dan kaidah-kaidah tertentu yang sama.
  8. Achmad Suparman mengatakan globalisasi yaitu suatu proses yang menjadikan sesuatu benda atau perilaku sebagai ciri dari setiap individu di dunia tanpa dibatasi oleh wilayah

Pengertian globalisasi yang lebih bijak dikemukakan oleh Martin Albrow bahwa globalisasi adalah proses yang berhubungan dengan penyatuan banyak jenis masyarakat menjadi satu masyarakat dunia (single world society).

Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengertian globalisasi adalah proses menyatukan hasil pemikiran dan atau tindakan manusia baik itu individu maupun kelompok ataupun sebuah komunitas (masyarakat) terhadap seluruh wilayah di dunia.

Faktor-faktor Penyebab Globalisasi

Berikut ini adalah beberapa faktor penyebab terjadinya globalisasi yaitu :

  1. Perkembangan teknologi informasi komunikasi yang berperan untuk kemudahan dalam transaksi ekonomi antar negara.
  2. Kerja sama ekonomi Internasional yang memudahkan terjadinya kesepakatan-kesepakatan antarnegara yang terjalin dengan erat.
  3. Majunya ilmu pengetahuan pada teknologi transportasi yang mempermudah dalam jasa transport dan pengiriman barang keluar negeri.

Dampak Globalisasi

Globalisasi mempunyai banyak sekali dampak terhadap kehidupan. Berikut adalah beberapa dampak dari globalisasi yang kita rasakan pada saat ini.

1. Dampak Positif Globalisasi

Berikut ini adalah dampak positif yang timbul akibat globalisasi yaitu:

  • Adanya pola hidup yang serba cepat atau semakin instan. Dampak positif globalisasi ini mendukung dalam kecepatan produksi produksi barang khususnya makanan. Contoh langsungnya dibidang pertanian.
  • Perkembangan informasi dan teknologi yang lebih pesat dan maju: Dampak positif globalisasi ini tentu saja akan hadir dengan sendirinya karena adanya perpaduan atau minimal pertemuan kebudayaan yang didalamnya tentu saja hasil pemikiran tentang informasi informasi dan teknologi yang mereka kembangkan.
  • Perbedaan yang ada dalam satu negara khususnya negara yang memiliki warga negara berbagai ras, etnis dan agama lebih mudah disatukan. Dampak positif globalisasi ini terjadi dikarenakan adanya interaksi antara warga negara lain yang berbeda ras, etnis dan agama sehingga perbedaan yang ada diantara mereka khususnya disekitar wilayah tempat tinggal mereka akan semakin lenyap.
  • Peningkatan Ekonomi dan Kesejahteraan. Dampak positif ini akan hadir bila masyarakat dan negara dapat memanfaatkan kemudahan berinteraksi dengan negara lain diwilayah perekonomian, bisnis barang dan jasa. Apalagi dengan menggunakan e-commerce. Ekspor dan impor barang.
  • Peningkatan kesehatan. Dampak positif ini ada karena adanya pertukaran dan penambahan ilmu pengetahuan medis dari luar negara kita.
2. Dampak Negatif Globalisasi

Berikut ini adalah beberapa dampak negatif yang timbul akibat globalisasi yaitu :

  • Terjadinya pengurangan tenaga kerja atau pemecatan dan perampingan tenaga kerja pada sebuah perusahaan. Hal ini merupakan dampak dari globalisasi dikarenakan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi menyebabkan mesinisasi atau penggunaan mesin dan komputer yang akan menggantikan fungsi manusia sebagai tenaga kerja. Hal ini terjadi dikarenakan pertimbangan manusia yang kurang efisien dan terlalu banyak biaya.
  • Individu bersifat lebih individualis dibandingkan sebelumnya. Hal ini dikarenakan privasi individu dalam globalisasi dapat dengan mudah terekspos bila bersifat lebih sosial dibandingkan sebelumnya.
  • Masuknya pola hidup ataupun budaya yang tidak sesuai dengan budaya kita. Dampak negatif globalisasi ini akan semakin besar apabila budaya yang masuk dapat menyerap dan dijadikan sebagai salah satu nilai dalam kebudayaan kita. Contoh, budaya barat yang mengizinkan terjadinya perzinahan akan sangat merusak moral tiap individu yang ada dalam masyarakat Indonesia
  • Dampak negatif globalisasi diatas akan bertambah bila negara dan khususnya tiap individu tidak memiliki kesadaran dan moral serta akhlak yang baik dalam menghadapi perkembangan zaman dan kebudayaan luar. Oleh karena itu, peran agama dan didikan serta aturan aturan yang dibuat oleh negara akan menjadi penentu kehadiran dampak negatif globalisasi.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian globalisasi, faktor-faktor, serta dampak positif dan negatif globalisasi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda, serta dapat menambah wawasan Anda lebih banyak lagi tentang globalisasi.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *