Pengertian Giro, Karakteristik, Macam-Macam, Serta Kelebihan dan Kekurangan Giro

Loading...

Pengertian Giro – Bagi kita masyarakat awam tentu istilah giro masih terlalu asing ditelinga kita, istilah ini tentunya bukanlah istilah yang familiar, terutama bagi orang-orang yang masih buta dengan dunia perbankan. Namun beda halnya bagi para akademisi atau pun praktisi di dunia perbankan yang tiap harinya mengurus permasalahan tabungan giro di bank. Lantas apa sih sebenarnya giro itu? Giro merupakan salah satu jenis tabungan yang ada di bank. Dan jika dibandingkan dengan jenis tabungan lainnya, tabungan giro memiliki beberapa kelebihan seperti tersedianya bilyet giro sebagai alat pembayaran yang sah (digunakan dengan sistem pemindahan buku rekening).

Giro adalah suatu produk bank dalam rangka menghimpun dana pihak ketiga, biasanya suku bunga giro terbilang jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan tabungan dan deposito, hal tersebut dikarenakan simpanan giro dapat sewaktu-waktu diambil atau ditarik sampai ke batas akhir limit yang sudah ditentukan oleh pihak bank, dan nasabah giro atau giran biasanya ialah sebuah badan hukum yang membutuhkan kemudahan dalam lalu lintas pembayaran dalam menjalankan kegiatan usahanya sehari-hari.

Giro juga dapat definisi sebagai salah satu simpanan pada bank yang penarikannya dapat dilakukan setiap saat dengan menggunakan cek atau surat perintah pembayaran lain atau dengan cara pemindahan buku.

Loading...

Salah satu hal yang juga mempunyai keterkaitan dengan Giro adalah Bilyet Giro yang tidak lain adalah surat giro itu sendiri. Bilyet Giro merupakan suatu surat perintah untuk pemindah bukuan yaitu dari nasabah suatu Bank kepada Bank yang bersangkutan. Untuk memindahkan sejumlah uang yang berasal dari rekeningnya ke pada rekening penerima yang namanya sudah tercantum atau disebutkan dalam bilyet giro, pada Bank yang sama/Bank lain. Bilyet Giro merupakan surat yang berharga, dimana orang yang diberikan giro tersebut tidak dapat menguangkan giro tersebut di bank, akan tetapi harus disetorkan terlebih dulu ke dalam rekeningnya.

Jika dibandingkan dengan jenis tabungan lainnya, tabungan giro memiliki beberapa kelebihan seperti tersedianya bilyet giro sebagai alat pembayaran yang sah (digunakan dengan sistem pemindahan buku rekening). Meskipun lebih lengkap dibandingkan dengan rekening lainnya, rekening giro biasanya memiliki tingkat pengembalian yang jauh lebih rendah sehingga tidak cocok untuk dijadikan sebagai media untuk berinvestasi.

Karakteristik Giro

Berikut ini adalah beberapa karakteristik dari giro adalah sebagai berikut :

  • Jika dilihat dari masa pengendapannya di bank, rekening giro cenderung tergolong sangat fluktuatif
  • Jika dibandingkan dengan jenis tabungan lainnya, rekening giro memiliki sistem pencatatan yang relatif lebih rumit
  • Jika dilihat dari segi besaran biaya, rekening giro tergolong kedalam salah satu rekening dengan biaya yang paling murah
  • Jika dilihat dari segi penempatan dana, rekening giro tergolong ke dalam rekening yang penempatan dananya hanya berlangsung selama jangka waktu yang pendek
  • Jika dilihat dari suku bunga atau pun tingkat pengembaliannya, suku bunga rekening giro tergolong ke dalam rekening dengan tingkat suku bunga terendah
  • Jika dilihat dari segi tingkat liquiditasnya, rekening giro tergolong sangat liquid dan dapat ditarik sewaktu – waktu
  • Jika dilihat dari segi peluang investasinya, rekening giro tergolong tidak cocok dijadikan sebagai lahan untuk
  • Jika dibandingkan dengan rekening lainnya, rekening giro tergolong lebih lengkap dalam segi pelayanan perbankannya

 

Macam-Macam Pemegang Giro

Pada dasarnya hampir semua orang dapat menjadi pemegang atau pun pemilik rekening giro (selama memiliki badan atau pun lembaga yang resmi). Beberapa nasabah yang biasanya dapat memiliki rekening giro yaitu :

  • Perorangan atau pun rumah tangga yang memiliki usaha resmi
  • Lembaga yayasan
  • Badan pemerintah
  • Lembaga keuangan
  • Perbankan
  • Badan usaha

 

Kelebihan dan Kelemahan Giro

Kelebihan dari giro yang pertama adalah dari segi pembayarannya, bagi orang yang membayar menggunakan giro dia tidak perlu membawa uang cash dalam jumlah besar. Tentunya orang lebih aman membawa giro dari pada uang dalam jumlah banyak. Jadi kelebihan giro adalah dalam hal keamanan. Kelebihan lainnya adalah bahwa jumlah yang dibayarkan bisa fleksibel. Maksudnya kita bisa membayar dengan jumlah pecahan kecil yang terkadang cukup susah jika kita membayar dengan uang cash dalam pecahan besar. Dengan kata lain, dengan sistem pembayaran giro kita tidak perlu pusing memikirkan uang kembalian.

Selain kelebihan, giro juga mempunyai beberapa kelemahan. Salah satu kelemahan dari giro adalah pihak penjual barang atau pihak penerima giro tidak bisa langsung mencairkan uang tersebut. Kelemahan giro ini juga berhubungan dengan pencairan uang dari giro tersebut yang harus mengikuti jam kantor. Misalnya dalam hal giro bank, tentunya kita perlu mengikuti jam kerja bank untuk mencairkan giro bank manakala kita mendapat giro bank dari seseorang.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian giro, karakteristik, macam-macam, serta kelebihan dan kekurangan giro. Semoga artikel ini dapat berguna serta dapat bermanfaat untuk Anda semua.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *