Pengertian Integrasi Nasional, Macam-Macam, dan Faktor-Faktor Terbentuknya Integrasi Nasional

Loading...

Pengertian Integrasi Nasional – Indonesia  merupakan negara multikultural, dimana beragam suku, agama, ras, budaya dan golongan hidup bersama dalam satu atap yaitu NKRI. Keberagaman tersebut merupakan suatu kekayaanyang luar biasa yang dianugrahkan tuhan, namun keberagaman tersebut bisa menjadi potensi komflik yang besar, manakala prinsip Bhinneka Tunggal Ika tidak diterapkan oleh kita semua. Berbicara masalah keberagaman dengan konflik yang terjadi, tentu hal tersebut tidak lepas dari kurangnya Integrasi Nasional antara masyarakat Indonesia.

Karena dengan Integrasi Nasional dapat menggabungkan seluruh bagian menjadi sebuah keseluruhan dan tiap-tiap bagian diberi tempat, sehingga membentuk kesatuan yang harmonis dalam kesatuan Negara Republik Indonesia (NKRI) yang bersemboyang “Bhineka Tunggal Ika”.

Integrasi mengindikasikan adanya kekuatan yang menggerakkan setiap individu untuk hidup bersama sebagai kelompok (bangsa, Negara). Dengan integrasi yang tangguh yang tercermin dari rasa cinta, bangga, hormat, dan loyal kepada Negara, cita-cita kemerdekaan dapat terwujud.

Loading...

Penyebab dari muncul dan redupnya Integrasi Nasional sekelompok manusia ada banyak faktor yang mempengaruhinya, di antaranya adalah adanya tujuan yang sama, demikian pula ancaman terhadap integrasi nasional yang dimiliki oleh sekelompok manusia dalam suatu bangsa.

Beberapa hal yang bisa menjadi ancaman dalam membangun dan memelihara integrasi nasional di Indonesia antara lain intervensi dalam berbagai bidang oleh Negara asing, eksploitasi sumber daya alam dan sumber daya manusia, pencurian kekayaan sumber daya alam, kondisi sosial ekonomi masyarakat Indonesia beragam, kondisi sumber daya alam yang minus, dan sebagainya.

Integrasi Nasional berasal dari 2 kata, yakni Integrasi dan Nasional. Integrasi ini berasal dari Bahasa Inggris (integrate) yang memiliki arti menyatupadukan, mempersatukan atau menggabungkan. Pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Integrasi memiliki arti pembauran sehingga menjadi satu kesatuan yang bulat dan utuh.

Kata Nasional itu sendiri berasal dari Bahasa Inggris juga (Nation) yang berarti Bangsa.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *