Pengertian Biosfer, Jenis-jenis, Tingkatan Makhluk Hidup, Cagar Biosfer dan Faktor Persebaran Flora dan Fauna

Loading...

Secara umum pengertian biosfer adalah seluruh lingkungan yang ditempati oleh makhluk hidup untuk bertahan hidup dan menjalankan kehidupannya. Sedangkan secara etimologi biosfer berasal dari dua kata yaitu bio dan sphere yang berarti lapisan seluruh kehidupan yang meliputi lingkungan hidup manusia, hewan dan tumbuhan. Nah untuk lebih jelasnya mengenai pengertian biosfer secara mendetail, silahkan simak pendapat para ahli berikut ini.

Pengertian Biosfer Menurut Para Ahli

Para ahli memiliki pandangan berbeda-beda mengenai pengertian biosfer. Berikut beberapa pengertian biosfer menurut para ahli, antara lain sebagai berikut:

1. Vladimir Wanouich Veinadsky

Menurut Vladimir Wanouich Veinadsky, biosfer ialah suatu sistem yang terbuka dan berkembang sejak dimulainya sejarah makhluk hidup yang ada di bumi.

Loading...
2. Jhon Wiley

Menurut Jhon Wiley, biosfer adalah sebuah zona dari planet bumi dimana terdapat kehidupan yang terjadi dengan secara alami dan diperluas dari lapisan bumi ialah dengan lapisan atmosfer yang lebih rendah.

3. Michael Allaby

Menurut Michael Allaby pengertian biosfer adalah salah satu bagian lingkungan hidup organisme dan mereka berinteraksi dengan membentuk suatu sistem kelompok yang stabil serta fektif untuk keseluruhan ekosistem yang berada di planet.

4. Eduard Suess

Eduart Suess beependapat biosfer adalah lingkungan atau tempat yang berada di atas permukaan bumi dimana terdapat kehidupan seluruh makhluk hidup.

5. James Lovelock

Menurut James Lovelock pengertian biosfer adalah kumpulan organisme hidup, yang di kenal dengan sebutan hipotesa gaia. Hipotesa gaia ini akan menjelaskan bagaimana faktor abiotik dan faktor biotik saling berinteraksi dalam suatu  lingkungan.

6. Wikipedia

Menurut Wikipedia Indonesia biosfer ialah bagian yang paling luar dari planet bumi, yang meliputi udara, daratan dan air yang bisa menjadi sumber kehidupan dan terjadinya proses biotik.

Tingkatan Makhluk Hidup

Makhluk hidup terdiri dari manusia, hewan dan tumbuhan. Pada setiap makhluk hidup terdapat 9 tingkatan yang mulai dari susunan terkecil hingga susunan terbesar. Tingkatan tersebut yaitu sebagai berikut.

1. Protoplasma

Tingkatan pertama yaitu bagian atau susunan terkecil dari makhluk hidup yang disebut dengan protoplasma. Protoplasma yaitu salah satu zat hidup yang terdapat dalam sel serta terdiri dari senyawa organik kompleks yaitu seperti protein, lemak, dan lain sebagainya.

2. Sel

Sel ialah kumpulan protoplasma atau satuan dasar dari sebuah organisme yang terdiri dari protoplasma serta inti yang ada pada membran. Pada makhluk hidup  terdapat berjuta-juta sel yang mempunyai ciri dan bentuk yang berbeda-beda. Kemudian sel-sel yang sama akan berkumpul untuk membentuk tingkatan yang lebih tinggi.

3. Jaringan

Jaringan adalah kumpulan dari sel-sel yang mempunyai bentuk dan fungsi yang sama. Jadi sel-sel yang mempunyai karakteristik yang sama maka akan berkumpul membentuk jaringan sebagai contoh jaringan otot.

4. Organ

Organ adalah suatu bagian dari makhluk hidup atau organisme yang memiliki fungsi tertentu. Organ ini dapat dilihat dengan kasat mata tanpa alat bantu. Lain halnya dengan sel atau protoplasma yang harus dilihat menggunakan alat bantu seperti mikroskop. Organ ini contohnya kaki yang dimiliki manusia dan hewan yang berfungsi untuk berjalan berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Pada tumbuhan contoh organ yaitu daun yang berfungsi sebagai tempat terjadinya fotosintesis.

5. Sistem Organ

Sistem organ yaitu kerjasama yang terjadi pada masing-masing organ untuk melakukan suatu respon tertentu. Kerjasama masing-masing organ ini berjalan dengan secara harmonis antara organ struktural dan fungsional. Sebagai contoh sistem organ pada tumbuhan yaitu daun dan akar pada tumbuhan. Daun berfungsi sebagai tempat fotosintesis sedangkan akar berguna untuk menyera air dan menyimpan makanan.

6. Organisme

Organisme merupakan wujud asli dari makhluk hidup seperti manusia, hewan, dan tumbuhan. Organisme ini merupakan makhluk yang hidup dan bisa melakukan segala hal untuk mempertahankan kehidupannya.

7. Populasi

Populasi adalah kumpulan dari organisme atau makhluk hidup yang mempunyai jenis yang sama dan menghuni atau tinggal disuatu lingkungan tertentu. Populasi ini berkumpul bersama untuk melakukan interaksi dan menjalankan seluruh proses kehidupan.

8. Komunitas

Komunitas yaitu perkumpulan dari berbagai jenis populasi yang berada pada suatu lingkungan atau daerah tertentu. Komunitas ini terdiri dari berbagai jenis makhluk hidup atau organisme. Dan setiap populasi cenderung mempertahankan kehidupan populasinya masing-masing.

9. Ekosistem

Ekosistem ialah kesatuan seluruh makhluk hidup dan lingkungan yang secara utuh berjalan berdampingan dalam rangka membangun kehidupan.

Jenis-jenis Biosfer

Biosfer dibagi menjadi 3 jenis jika dilihat dari jenisnya, penjelasannya yaitu sebagai berikut :

1. Atmosfer

Atmosfer ialah lapisan bumi yang terluar yang berfungsi melindungi bumi dari benda-benda luar angkasa seperti meteor.

2. Litosfer

Litosfer ialah susunan batuan yang ada dipermukaan bumi yang mempunyai bentuk yang berbeda-beda. Litosfer ini terbentuk dari letusan gunung berapi atau magna yang telah kering.

3. Hidrosfer

Hidrosfer ialah susunan biosfer yang terdiri dari air meliputi air dari sungai, samudera, ataupun laut. Hidrosfer merupakan istilah penting mengingat bagian bumi 70% berupa air atau laut.

Pengertian Cagar Biosfer

Cagar Biosfer adalah kawasan dimana ekosistem yang keseluruhan unsur alamnya tersebut dilestarikan dan dilindungi untuk kepentingan penelitian ataupun pendidikan. Selain itu, ada juga tujuan cagar biosfer yang lainnya sebagai berikut :

  • Bertujuan untuk melestarikan keanekaragaman hayati di ekosistem alam dan menjaga keanekaragaman genetika agar proses evolusinya tersebut dapat berjalan secara terus menerus.
  • Menyediakan sarana dan tempat untuk pendidikan ataupun penelitian.
    Pada biosfer terdapat macam-macam organisme hidup yang selalu berdampingan dengan benda mati. Semua makhluk hidup dapat berinteraksi antar satu dengan lainnya serta membentuk kesatuan.

Faktor–faktor yang Dapat Mempengaruhi Persebaran Flora dan Fauna

Terdapat 2 faktor yang mempengaruhi dari persebaran flora dan fauna, antara lain :

Faktor Abiotik

Faktor abiotik seperti iklim, keadaan tanah, ketinggian dari permukaan bumi, dan air.

  • Iklim
    Iklim adalah faktor yang meliputi keadaan suhu, kelembaban udara, dan angin. Iklim mempunyai pengaruh besar terhadap kelangsungan hidup di Bumi Misalnya : sinar matahari diperlukan tumbuhan untuk melakukan fotosintesis, kelembaban udara dan angin untuk proses penyerbukan pada flora, dan lain sebagainya.
  • Keadaan tanah
    Keadaan tanah mempunyai pengaruh besar terhadap air tanah, suhu tanah yang berpengaruh terhadap ada tidaknya kondisi air yang dalam tanah serta akar dari flora tersebut. Contohnya pada daerah tropis yang memiliki macam-macam jenis flora, akan tetapi di daerah gurun hanya mempunyai beberapa jenis flora saja.
  • Air
    Banyak sedikitnya air tergantung dari faktor curah hujan, sedangkan curah hujan tergantung pada iklim, dan juga keadaan tanah yang memiliki pengaruh terhadap daya serap air.
  • Tinggi rendah permukaan bumi
    Tinggi rendahnya suatu wilayah dapat membuat adanya perbedaan suhu sehingga mempengaruhi keanekaragaman flora fauna tersebut.
Faktor Biotik

Yang termasuk faktor biotik adalah makhluk hidup seperti flora, fauna, dan manusia. Makhluk Hidup seperti flora, fauna, dan manusia mempunyai pengaruh terhadap persebaran flora fauna tersebut. Khususnya manusia dengan adanya perkembangan IPTEK dapat melakukan persebaran flora fauna pada suatu daerah, seperti melakukan konservasi hewan langka.

Hewan juga menjadi salah satu faktor yang berpengaruh terhadap penyebaran flora yang berperan untuk menyuburkan tanah. Contohnya hewan yang memakan buah-buahan yang kemudian menyebarkan biji buah-buahan sehingga dapat tumbuh menjadi tumbuhan baru.

Itu dia diatas ulasan mengenai biosfer dan seluk beluknya. Semoga bermanfaat.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *