Pengertian Jaringan Komputer, Jenis-Jenis, dan Manfaat Jaringan Komputer

Loading...

Pengertian Jaringan Komputer – Secara sederhana pengertian jaringan komputer adalah sistem yang terdiri dari komputer-komputer, serta perangkat perangkat elektronik yang saling terhubung sebagai kesatuan sistem. Dengan terhubungannya perangkat perangkat tersebut, memungkinkan terjadinya penggunaan sumber daya bersama sama.

Jaringan komputer dapat pula didefinisikan sebagai penghubung antara dua atau lebih komputer yang memiliki satu tujuan utama (single main purpose) yaitu berbagi data (sharing data). Sehingga jaringan komputer dapat dikatakan sebagai perangkat lunak dan perangkat keras. Dengan kata lain, jaringan komputer adalah kombinasi software dan hardware komputer.

Berdasarkan sumber lain, pengertian jaringan komputer adalah himpunan “interkoneksi” antara 2 komputer autonomous atau lebih yang terhubung dengan media transmisi kabel atau nirkabel (wireless). Apabila satu komputer mengendalikan komputer lain maka jaringan komputer tersebut bukan bersifat autonomous.

Loading...

Jaringan komputer memungkinkan penggunanya dapat melakukan komunikasi satu sama lain dengan mudah. Selain itu, peran jaringan komputer sangat diperlukan untuk mengintegrasi data antar komputer-komputer client sehingga diperolehlah suatu data yang relevan.

 

Jenis-Jenis Jaringan Komputer

1. Berdasarkan Letak Geografisnya Atau Jangkauan

Berdasarkan letak geografisnya, jenis-jenis jaringan komputer terdiri atas :

a. LAN (Local Area Network)

Merupakan jaringan yang mencakup wilayah kecil, salah satu contoh adalah jaringan komputer yang berada dilingkup sekolah, kampus atau kantor.

b. MAN (Metropolitan Area Network)

Merupakan sebuah jaringan yang berada di dalam satu kota dengan kecepatan transfer data tinggi yang menghubungkan beberapa kantor tetapi masih dalam satu wilayah kota.

c. WAN (Wide Area Network)

Merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang sangat luas, salah satu contoh dari WAN adalah jaringan antar wilayah, daerah, kota atau bisa jadi antar negara.

2. Berdasarkan Fungsinya

Berdasarkan fungsinya jaringan komputer terdiri dari :

a. Jaringan Komputer Peer to Peer

Merupakan model jaringan komputer dimana dalam jaringan tersebut, setiap komputer dapat difungsikan sebagai Client dan juga sebagai Server.

b. Jaringan Komputer Client Server

Merupakan sebuah model jaringan komputer dimana salah satu dari komputer difungsikan sebagai Server yang bertugas melayani komputer lain yang difungsikan sebagai Client. jadi dalam model jaringan ini komputer server biasanya didisain khusus dan hanya bertugas sebagai penyedia layanan yang dibutuhkan Client.

3. Berdasarkan Topologinya

Berdasarkan tipologinya jaringan komputer terdiri dari :

  • Jaringan Komputer Dengan Topologi Ring
  • Jaringan Komputer Dengan Topologi Bus
  • Jaringan Komputer Dengan Topologi Star
  • Jaringan Komputer Dengan Topologi Mesh
  • Jaringan Komputer Dengan Topologi Tree

 

4. Berdasarkan Media Transmisinya

Berdasarkan media transmisinya, jaringan komputer terdiri dari :

a. Jaringan Komputer Menggunakan Media Kabel (Wired Network)

Jenis jaringan komputer yang satu ini biasanya menggunakan media kabel sebagai media transmisinya ada Jenis jaringan ini disebut juga dengan jenis jaringan menggunakan media transmisi terpadu (Guided Transmission Media). beberapa kabel yang bisa digunakan untuk membuat model jaringan seperti ini diantaranya, Kabel Coaxial, Kabel TP ( STP dan UTP ), serta Kabel Fiber Optic.

b. Jaringan Komputer Tanpa Menggunakan Kabel (Nirkable)

Jenis jaringan komputer ini menggunakan sistem gelombang sebagai media Transmisinya, jenis jaringan ini juga disebut sebagai jenis jaringan yang menggunakan media transmisi tidak terpandu ( Unguided transmission media ), beberapa contoh media yang bisa digunakan antara lain : Gelombang Mikro, Satelit dan Sinar Infra Merah.

5. Berdasarkan Distribusi Sumber Transmisi Datanya

Berdasarkan distribusi sumber transmisi datanya, jaringan terdiri dari :

a. Jaringan Komputer Terpusat (Host Based Network)

Jenis Jaringan ini biasanya terdiri dari komputer client dan server dimana salah satu komputer client yang berfungsi sebagai perantara untuk dapat mengakses sumber informasi/data yang berasal dari komputer server.

b. Jaringan Komputer Terdistribusi (Distributed Network)

Jenis jaringan yang satu ini merupakan perpaduan antara beberapa jaringan terpusat sehingga terdapat beberapa komputer server yang saling berhubungan dengan klient dan membentuk sistem jaringan tertentu.

 

Manfaat Jaringan Komputer

Berbicara mengenai manfaat dari jaringan komputer. Terdapat banyak sekali manfaat jaringan komputer, antara lain :

  • Dengan jaringan komputer, kita bisa mengakses file yang kita miliki sekaligus file orang lain yang telah diseberluaskan melalui suatu jaringan, semisal jaringan internet.
  • Melalui jaringan komputer, kita bisa melakukan proses pengiriman data secara cepat dan efisien.
  • Jaringan komputer membantu seseorang berhubungan dengan orang lain dari berbagai negara dengan mudah.
  • Selain itu, pengguna juga dapat mengirim teks, gambar, audio, maupun video secara real time dengan bantuan jaringan komputer.
  • Kita dapat mengakses berita atau informasi dengan sangat mudah melalui internet dikarenakan internet merupakan salah satu contoh jaringan komputer.
  • Misalkan dalam suatu kantor memerlukan printer, kita tidak perlu membeli printer sejumlah dengan komputer yang terdapat pada kantor tersebut. Kita cukup membeli satu printer saja untuk digunakan oleh semua karyawan kantor tersebut dengan bantuan jaringan komputer.

 

Metode Komunikasi dalam Jaringan Komputer

Berikut ini macam-macam metode komunikasi yang terdapat dalam jaringan komputer adalah :

1. Peer to Peer

Metode komunikasi jaringan komputer ini merupakan jaringan komputer yang terdiri atas kurang dari 10 komputer dengan beberapa alat atau hardware saja yang terhubung. Jenis jaringan komputer peer to peer adalah model jaringan yang menggunakan sumber daya komputer komputer yang lain.

Sehingga, pada sistem jaringan komputer ini, setiap komputer dapat menjadi client sekaligus server diwaktu yang sama. Anda dapat menemukan jaringan peer to peer pada windows dengan nama workgroup.

2. Client-Server

Sistem jaringan client server sesuai namanya membuat pengelompokkan atau perbedaan dimana ada komputer yang menjadi client atau pengguna dan terdapat server sebagai pengendali dan pemberi layanan.

Dengan jaringan komputer yang menggunakan metode ini, setiap komputer yang menjadi client harus meminta izin atau akses terlebih dahulu kepada administrator yang menjadi server.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian jaringan komputer, jenis-jenis, dan manfaat jaringan komputer. Semoga artikel ini dapat berguna serta dapat bermanfaat untuk Anda semua.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *