Pengertian Komputer, Sejarah dan Fungsi Komputer

Loading...

Pengertian Komputer – Komputer merupakan benda yang sekarang ini dapat kita jumpai di berbagai tempat khususnya diperkotaan ataupun disekolah-sekolah dan diperkantora. Hal ini dikarenakan fungsi atau manfaat komputer itu sendiri yang sangat dibutuhkan oleh semua orang. Istilah komputer berasal dari bahasa Inggris ‘computer’, awalnya arti dari kata tersebut adalah orang yang melakukan kalkulasi atau penghitungan. Seiring berjalannya waktu, terjadi perubahan pada pengertian komputer. Hingga akhirnya komputer memiliki pengertian sebagai sebuah alat yang bisa menerima perintah atau intruksi untuk melakukan operasi aritmatik dan logika secara otomatis.

Secara umum pengertian komputer pada masa sekarang adalah peralatan eletronika yang menerima masukan data, mengolah data dan memberikan hasil keluaran dalam bentuk informasi baik berupa gambar, teks, suara maupun video.

Sedangkan menurut DINUS pengertian komputer adalah serangkaian ataupun sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang saling bekerja sama membentuk suatu sistem kerja yang rapi dan teliti yang kemudian dapat dipergunakan untuk melaksanakan serangkaian pekerjaan otomatis, berdasarkan urutan instruksi ataupun program yang diberikan kepada komputer.

Loading...

Selain itu komputer yang kita kenal sekarang tentu berbeda dengan saat pertama kalinya ditemukan dulu. Seorang ahli mekanik bernama Charles Babbage adalah yang pertama kali menemukan konsep tentang komputer mekanik pertama, tepatnya pada awal abad ke-19 yaitu sekitar tahun 1830-an, sehingga beliau mendapat julukan bapak komputer. Sayangnya pada masa itu beliau tidak dapat merampungkan proyeknya untuk membuat komputer yang canggih karena beberapa kendala. Meski demikian, desain mesin yang dibuatnya menjadi basis dari pengembangan komputer selanjutnya.

 

Pengertian Komputer Menurut Para Ahli

Berikut ini beberapa pengertian komputer yang didefinisikan oleh para ahli:

  • Pengertian menurut Robert H. Blissmer komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas seperti menerima input, memproses input, menyimpan perintah2 dan menyediakan output dalam bentuk informasi.
  • Pengertian menurut V.C. Hamacher et al komputer merupakan mesin penghitung elektronik yang dengan cepat dapat menerima informasi input digital, memprosesnya dengan program yang tersimpan di memorinya dan menghasilkan output informasi.
  • Pengertian menurut Elias M. Awad komputer adalah sebuah alat penghitung yang memproses data untuk disajikan dalam bentuk data digital dan data analog.
  • Pengertian menurut Donal H. Sanderes komputer adalah sistem elektronik untuk manipulasi data dengan cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan agar secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu langkah-langkah instruksi program (sistem operasi) yang tersimpan di dalam penyimpanannya (stored program).
  • Pengertian menurut Larry Long & Nancy Long komputer adalah alat hitung elektronik yang mampu menginterpresentsikan juga melaksanakan perintah program untuk input, output, perhitungan, dan operasi-operasi logik.
  • Pengertian menurut Williams, Sawyer komputer adalah mesin multiguna yang dapat diprogram, yang menerima data (fakta-fakta & gambar-gambar kasar) dan memproses atau memanipulasinya kedalam informasi yang dapat kita gunakan.
  • Pengertian menurut William M. Fuori komputer adalah suatu alat pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmatika dan operasi logika, tanpa campur tangan manusia.

 

Sejarah Komputer

Setelah beberapa pengertian komputer menurut para ahli dipaparkan diatas, marilah kita simak tentang sejarah perkembangan komputer yang terbagi menjadi 5 generasi yaitu:

Generasi Pertama

Generasi Pertama, dalam perkembangannya dimulai pada masa masa perang dunia kedua tahun 1941. Saat itu Insinyur Jerman, Kondrad Zuse membuat komputer yang bernama Z3 yang digunakan dalam mendesain pesawat terbang dan peluru kendali.

Kemudian Inggris mengembangkan komputer yang bermanfaat sebagai pemecah kode rahasia Jerman yang dinamakan Colossus pada tahun 1943.

Di Amerika, Howard H. Aiken membuat sebuah kalkulator eletronik untuk US Navy yang merupakan komputer terbesar yang memiliki panjang kabel 500 mil dan berukuran setengah lapangan sepak bola. Komputer ini diberi nama Mark 1 atau The Harvard IBM Automatic Sequence Controlled Calculator yang merupakan komputer relai elektronik. Komputer ini masih tergolong sangat lamban dan tidak fleksibel. Kemudian muncul ENIAC yang merupakan komputer hasil kerja sama antara Pemerintah Amerika Serikat dan Universitas Pennsylvania. Komputer ini cukup rumit karena memiliki 18 ribu tabung vakum, 70 ribu resistor, dan 5 juta titik solder. Ini merupakan komputer dalam sejarah komputer yang memiliki mesin sangat besar sehingga membutuhkan daya sebesar 160 kW untuk menghidupkannya. Komputer ENIAC ini dirancang oleh John Presper Eckert dan John W. Mauchly yang memiliki kecepatan kerja 1000 kali lebih cepat dari Mark 1.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *