Pengertian Lembaga Eksekutif, Legislatif dan Yudikatif Secara Lengkap

Pengertian Lembaga Eksekutif, Legislatif dan Yudikatif Secara Lengkap
Loading...

Pengertian eksekutif, legislatif dan yudikatif – Dalam kesempatan kali ini admin ingin membahas mengenai pengertian eksekutif, legislatif dan yudikatif. Mungkin diantara sobat ada yang sudah mengerti atau memahami mengenai pengertian eksekutif, legislatif dan yudikatif. Namun tidak bisa dipungkiri jika masih ada yang belum terlalu memahami atau bahkan belum mengerti sama sekali mengenai pengertian eksekutif, legislatif dan yudikatif. Bagi sobat yang masih bingung mengenai engertian eksekutif, legislatif dan yudikatif sobat bisa menyimak penjelasan di bawah ini untuk memahami lebih lanjut.

Indonesia merupakan sebuah negara yang terdiri dari beberapa lembaga kenegaraan sesuai dengan fungsionlitasnya masing-masing. Dalam melaksanakan roda pemerintahan, Indonesia dijalankan oleh sejumlah lembaga penting, salah satunya adalah Mahkamah Konstitusi (MK). Dalam struktur kepemerintahan Indonesia kita mengenal yang namanya Eksekutif, Legislatif dan Yudikatif. Kesemuanya merupakan unsur-unsur struktural terpenting dalam pemerintahan Indonesia. Mungkin masih ada masyarakat yang sebenarnya belum sepenuhnya memahami Pengertian dan Fungsi Eksekutif, Pengertian dan Fungsi Yudikatif serta Pengertian dan Fungsi Legislatif.

Pengertian Lembaga Eksekutif

Eksekutif merupakan salah satu cabang pemerintahan yang memiliki kekuasaan dan bertanggungjawab untuk menerapkan hukum. Figur paling senior dalam sebuah cabang eksekutif disebut kepala pemerintahan. Eksekutif dapat merujuk kepada administrasi, dalam sistem presidensiil (Seperti di Indonesia), atau sebagai pemerintah, dalam sistem parlementer.

Loading...

Di Indonesia Yang masuk dalam lingkaran eksekutif adalah presiden, wakil presiden serta jajaran kabinet dalam pemerintahan. Jajaran kabinet dalam sebuah pemerintahan dalam hal ini pemerintahan Republik Indonesia adalah para menteri yang telah ditunjuk dan dilantik secara resmi oleh presiden.

Fungsi Lembaga Eksekutif

Fungsi dari lembaga yang satu ini adalah sebagai sebuah pelaksana dari peraturan serta kebijakan yang ditetapkan oleh Lembaga Legislatif.

Kekuasaan Lembaga Eksekutif

Kekuasaan eksekutif adalah kekuasaaan untuk melaksanakan undang-undang atau disebut dengan rule application function.

Contoh Lembaga Eksekutif

Contoh lembaga eksekutif antara lain sebagai berikut.

  • Presiden
  • Menteri dan seluruh staffnya

Pengertian Lembaga Legislatif

Legislatif merupakan badan deliberatif pemerintah dengan kuasa membuat hukum. Legislatif dikenal dengan beberapa nama, yaitu parlemen, DPR (indonesia), kongres, dan asembli nasional. Dalam sistem Parlemen, legislatif adalah badan tertinggi dan menujuk eksekutif. Dalam Sistem Presidensial, legislatif adalah cabang pemerintahan yang sama dan bebas dari eksekutif.

Di Indonesia Legislatif adalah sebuah lembaga kenegaraan di Indonesia yang dalam hal ini memiliki tugas untuk membuat atau menciptakan produk undang-udang. Lembaga yang disebut sebagai lembaga legislator adalah DPR.

Fungsi Lembaga Legislatif

Lembaga legislatif memiliki fungsi membuat sebuah kebijakan, peraturan dan juga Undang-Undang.

Kekuasaan Lembaga Legeslatif

Kekuasaan legelatif adalah kekuasaan membuat undang-undang atau disebut dengan rule making function.

Contoh Lembaga Legislatif

Contoh lembaga legislatif antara lain sebagai berikut.

  • Dewan Perwakilan Daerah (DPD)
  • Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD)

Pengertian Lembaga Yudikatif

Jika legislator adalah DPR, dan eksekutif adalah presiden, wakil presiden dan para menteri anggota kabinet, maka yudikatif adalah lembaga yang memiliki tugas untuk mengawal serta memantau jalannya perundang-udangan atau penegakan hukum di Indonesia, seperti Mahkamah Agung (MA), dan Mahkamah Konstitusi (MK).

Fungsi Lembaga Yudikatif

Lembaga Yudikatif berfungsi sebagai pengontrol dari pelaksanaan sistem pemerintahan. Lembaga ini berhak untuk mengadili pelanggar kebijakan yang telah dibuat.

Kekuasaan Lembaga Yudikatif

Kekuasaan yudikatif merupakan kekuasaan untuk mengadili atas pelanggaran undang-undang atau disebut denga rule adjudication function.

Contoh Lembaga Yudikatif

Contoh lembaga yudikatif antara lain sebagai berikut.

  • Mahkamah Agung (MA)
  • Mahkamah Konstitusi (MK)

Demikianlah artikel mengenai pengertian eksekutif, legislatif dan yudikatif secara lengkap. Semoga dengan adanya tulisan diatas dapat menambah wawasan dan pengetahuan sobat mengenai eksekutif, legislatif dan yudikatif. Bagi sobat yang sudah membaca tulisan diatas, sobat bisa juga memberi kritik dan saran mengenai tulisan ini di kolom komentar. Saran dan kritik sobat sangat berguna untuk perkembangan forum ini kedepannya. Salam edukasi

 

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *