Pengertian Yaumul Fashl (Hari Pemisah) Secara Lengkap

Loading...

Pengertian yaumul fashl – Dalam kesempatan kali ini admin ingin membahas mengenai yaumul fashl. Mungkin diantara sobat ada yang sudah mengerti atau memahami mengenai pengertian yaumul fashl. Namun tidak bisa dipungkiri jika masih ada yang belum terlalu memahami atau bahkan belum mengerti sama sekali mengenai pengertian yaumul fashl. Bagi sobat yang masih bingung mengenai pengertian yaumul fashl sobat bisa menyimak penjelasan di bawah ini untuk memahami lebih lanjut.

Pengertian Yaumul Fashl (Hari Pemisah)

Hari kiamat juga di sebut dengan yaumul fashl ,yang artinya pemisah antara orang yang beriman dengan orang kafir.Pada hari itu manusia di kelompokkan menurut keyakinan agamanya. Setelah mengetahui pengertian yaumul jam’i ini, tentu Anda dapat membedakannya dengan Yaumul-Yaumul lainnya. Agar Anda tidak bingung, berikut adalah penjelasan mengenai nama lain hari kiamat:

Hari Kebangkitan Besar (Yaumul Qiyamah)

Yaumul Qiyamah adalah hari berakhirnya kehidupan dunia yang di tandai dengan hancurnya seluruh makhluk yang telah di ciptakan Allah.

Loading...

Hari Perhitungan (Yaumul hisab)

Yaumul Hisan adalah nama lain hari kiamat yang berarti hari perhitungan seluruh amal perbuatan manusia.Pada hari itu ,amal manusia di hitung dengan cermat dan cepat serta di berikan balasan yang setimpal.

Hari Pertemuan (Yaumul Thalaq)

Yaumul thalaq yaitu hari pertemuan manusia dengan sesamanya

Hari Berkumpul (Yaumul Mahsyar)

Yaumul Mahsyar adalah hari saat manusia di kumpulkan di padang rumput mahsyar.Padang Mahsyar adalh daratan yang sangat luas tempat berkumpulnya manusia di akhirat sejak Nabi Adam sebagai manusia yang pertama sampai manusia terakhir yang lahir ke dunia.

Hari Berkumpul (Yaumul Jam’i)

Yaumul Jam’i adalah hari berkumpulnya semua manusia. Sejak zaman Nabi Adam as hingga manusia terakhir yang diciptakan. Berkumpulnya seluruh manusia ini akan ditanyakan mengenai amal perbuatannya selama di dunia.

Hari Kebangkitan (Yaumul Ba`ats)

Yaumul Ba`ats adalah hari saat manusia di bangkitan dari kuburnya.Mahsyar adalah padang yang luas tempat berkumpulnya manusia setelah Yaumul Ba`ats.

Hari Perhitungan (Yaumul Hisab)

Yaumul Hisab adalah hari saat datangnya perhitungan dari Allah SWT terhadap amal perbuatan manusia selama hidupnya.Perbuatan manusia akan di tanyakan oleh allah ,yang baik maupun yang buruk ,di perlihat kan semua.

Hari pertimbangan amal (Yaumul Mizan)

Yaumul Mizan adalah hari diadakannya timbangan amal perbuatan yang telah di lakukan manusia selama hidup di dunia.Tidak ada suatu amalpun yang terlewatkan .Semua akan di berikan balasan yang setimpal.

Hari Pembalasan (Yaumul Jaza)

Hari kiamat adalah hari pembalasan seluruh amal perbuatan manusia .Balasan yang akan di berikan Allah SWT sangat tergantung pada jenis amal yang telah di lakukan selama hidup di dunia.Jika amalnya baik,maka balasannnya berupa pahala dan surga,Sedangkan jika amalnya buruk,maka balasannya adalah siksa neraka.

Hari yang menentukan (As-Sa`ah)

Hari kiamat adalah hari yang tepat dan menentukan.Terjadinya kiamat merupakan saat yang telah di rancang dan ditentukan secara akurat.Tidak akan ada kesalahan,tidak akan di mundurkan atau di majukan.Saat terjadinya telah ditentukan menurut kehendak Allah yang mengusai alam ini.

Hari pembalasan Agama (Yaumul Diin)

Hari kiamat adalah hari pembalasan Agama.Artinya amal perbuatan yang berkaitan dengan pengamalan agamanya akan di pertangunggjawabkan pada hari tersebut.Termasuk amal shalat,puasa ,haji,zakat,shadaqah dan sebagainya.

Demikianlah artikel mengenai pengertian yaumul fashl secara lengkap. Semoga dengan adanya tulisan diatas dapat menambah wawasan dan pengetahuan sobat mengenai pengertian yaumul fashl. Bagi sobat yang sudah membaca tulisan diatas, sobat bisa juga memberi kritik dan saran mengenai tulisan ini di kolom komentar. Saran dan kritik sobat sangat berguna untuk perkembangan forum ini kedepannya. Salam edukasi

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *