Pengertian Algoritma, Sejarah dan Jenis-Jenis Algoritma

Loading...

Pengertian algoritma atau algoritme berasal dari kata algoritmi, dan ini ditemukan pertama kali oleh Al-Khwarizmi atau Abu Abdullah Muhammad Ibnu Musa Al-Khwarizmi seorang matematikawan, astronomi, serta ahli geografi Persia. Secara singkatnya, algoritma ialah susunan sistematis dan logis yang dipergunakan dalam rangka memecahkan suatu masalah tertentu.

Pengertian Algoritma Menurut Para Ahli

Berikut ini pengertian algoritma menurut para ahli dan pakar matematika:

  • Abu Jafar Muhammad Ibnu Musa Al khwarizmi
    Al Khwarizmi berpendapat bahwa Algoritma adalah suatu metode khusus yang dipergunakan untuk memecahkan suatu permasalahan tertentu.
  • Donald E. Knuth
    Menurut pakar matematika Donald E. Knuth algoritma adalah kumpulan aturan-aturan berhingga yang memberi deretan operasi untuk menyelesaikan suatu jenis masalah tertentu.
  • Goodman Hedet Niemi
    Goodman berpendapat bahwa algoritma merupakan suatu urutan yang terbatas dari operasi-operasi yang terdefinisikan dengan baik, yang masing-masing memerlukan memori dan waktu yang cukup terbatas guna menyelesaikan suatu masalah.
  • Seymour Lipschutz, Ph.D dan Marc Lipson, Ph.D.
    Menurut Seymour pengertian algoritma adalah suatu kumpulan daftar prosedur yant tersusun yang terhingga dari perintah-perintah yang terdefinisikan dengan jelas yang dipakai untuk menyelesaikan permasalahan.
  • Andrey Andreyevich Markov
    Menurut Andrey, algoritma merupakan hal umum guna dipahami sebagai suatu keputusan yang benar untuk  mendefinisikan proses komputasi yang mengarahkan dari data awal hingga hasil akhir yang diinginkan
  • Thomas H. Cormen
    Ahli ini berpendapat bahwa algoritma adalah suatu prosedur komputasi yang mengambil beberapa nilai atau kumpulan nilai yang dijadikan sebagai input kemudian di proses menjadi output.
  • KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)
    Menurut KBBI pengertian algoritma ialah suatu prosedur yang secara sistematis berguna untuk memecahkan masalah matematis dalam langkah-langkah yang terbatas.
  • Amikom Yogyakarta
    Menurut dosen Amikom Yogyakarta algoritma adalah suatu bentuk instruksi yang berbentuk cara atau metode yang mampu membantu kamu dalam menyelesaikan suatu program dengan cara yang lebih sistematis.
  • David Bolton
    David Bolton berpendapat algorita ialah suatu deskripsi dari prosedur yang akan diakhiri dengan sebuah hasil atau keputusan.
  • Minsky
    Pengertian algoritma menurut Minsky yaitu seperangkat aturan yang memberikan informasi kepada kita mengenai hal atau tindakan apa yang tepat untuk dilakukan.

Sejarah Algoritma

Kata algoritma pada mulanya berasal dari nama seorang ahli matematika asal Uzbekistan Al Khwarizmi yang hidup pada abad ke-9. Al Khwarizmi menuliskan istilah pada buku yang ditulisnya dengan memakai bahasa latin “Algorithmi de numero Indorum”. Buku tersebut di tulisnya sekitar adab ke 12. Pada mulanya kata algoritma merupakan istilah yang berhubungan pada aturan-aturan aritmetis dalam rangka menyelesaikan permasalahan dengan memanfaatkan bilangan numerik arab.

Pada abad ke-18, istilah algoritma mulai berkembang lebih luas yang mencakup seluruh prosedur atau langkah-langkah yang secara berurutan dipergunakan untuk menyelesaikan suatu masalah. Masalah biasanya akan muncul ketika akan menuangkan bagaimana proses yang harus dijalani dalam sebuah sistem atau program pada komputer sehingga pada saat proses eksekusi, komputer dapat bekerja dengan maksimal.

Jenis-jenis Algoritma

Berikut ini jenis-jenis algoritma:

  1. Pseudo Code
    Pseudo-code merupakan tanda atau kode yang hampir sama (pseudo) atau merupakan penjabaran mengenai suatu prosedur untuk menyelesaikan  masalah. Pseudo-code ini biasanya digunakan oleh programmer untuk menuliskan algoritma dari persoalan muncul. Pseudo-code ini berisi prosedur atau langkah-langkah yang harus dilakukan untuk menyelesaikan suatu permasalahan yang muncul. Bahasa yang digunakan pada Pseudo-code ini hampir menyerupai bahasa pemrograman dengan kelebihan mudah dipahami dan lebih ringkas. Pseudo-code ini cukup efisien untuk menggambarkan algoritma karena bisa menggunakan bahasa Indonesia agar bisa dimengerti oleh orang awam.
  2. Flowchart
    Flowchart ialah suatu bentuk gambar atau diagram yang mempunyai aliran satu atau dua arah yang bekerjasama secara berkesinambungan atau sekuensial. Flowcahart ini mempunyai fungsi utama yaitu untuk menggambarkan sebuah desain program dan berguna untuk mempresentasikan sistem yang kita buat berdasarkan pola pikir yang kita miliki. Sistem flowchart tidak dipergunakan untuk menggambarkan langkah-langkah memecahkan masalah namun hanya untuk menggambarkan prosedur dari program yang dibuat. Kelebihan flowchart ini yaitu lebih ringkas dan sederhana sehingga akan mudah dimengerti bagi yang membacanya.
  3. Dynamic Programming
    Dynamic programming sesuai digunakan untuk memecahkan masalah yang mengadung sub struktur yang optimal dan permasalahan yang tumpang tindih. Dengan kata lain, dynamic programming ini membagi masalah menjadi sub-sub masalah sehingga mudah untuk di pecahkan.
  4. Metode Serakah
    Metode serakah hampir mirip dengan dynamic programming. Perbedaan keduanya terletak dari jawaban sub masalah yang tidak perlu diketahui setiap tahap penyelesaiannya.
  5. Devide and Conquer
    Devide and Conquer membagi permasalahan besar menjadi permasalahan lebih kecil. Pembagian ini dilakukan secara terus menerus sehingga ditemukan permasalahan terkecil yang paling mudah untuk diselesaikan.

Nah, itu dia, ulasan mengenai pengertian algoritma dan seluk beluknya semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *