Pengertian Web dan Jenis-Jenis Web

Loading...

Berbicara mengenai web, memang luas sekali. Dan tentunya, web sangat erat kaitannya dengan dunia jaringan internet. Web dan internet memang merupakan dua hal yang saling terkait satu sama lainnya. Halaman web membutuhkan jaringan internet sebagai media penyampaiannya, sedangkan jaringan internet membutuhkan halaman web sebagai isi maupun content yang dapat dibagikan kepada para pengguna internet.

Bagi orang-orang yang terbiasa dengan teknologi komputer, tentu istilah web ini sudah tidak asing lagi. Akan tetapi, bagi kebanyakan orang yang masih awam dan tidak memahami dunia komputer sama sekali, istilah web tentunya merupakan istilah yang asing. Kebanyakan orang, pada dasarnya sudah pernah melihat dan menggunakan web namun mereka tidak mengetahui defenisi sesungguhnya dari web.

Pengertian Web

Word Wide Web (www) atau yang lebih dikenal dengan sebutan web merupakan sebuah dokumen yang ditulis dengan format HTML (Hyper Text Markup Language), yang hampir selalu dapat diakses melalui http, yaitu sebuah protokol yang dapat menyampaikan informasi dari server untuk ditampilkan kepada para pengguna melalui web browser. Semua publikasi dari web tersebut dapat membentuk sebuah jaringan informasi yang sangat besar yang dapat diakses dengan menggunakan internet.

Halaman web dapat diakses melalui url yang biasa disebut sebagai Homepage. Url ini bertugas mengatur halaman-halaman situs untuk menjadi sebuah hirarki, meskipun hyperlink yang ada di halaman tersebut mengatur para pembaca dan memberitahu mereka susunan keseluruhan dan bagaimana arus informasi ini berjalan.

Jenis-Jenis Web

Setelah anda mengetahui tentang pengertian web, ada baiknya anda juga mengetahui jenis-jenis dari web berikut ini.

  1. Search Engine atau Mesin Pencarian
    Search Engine atau mesin pencari adalah jenis website yang khusus mengumpulkan daftar website yang bisa ditemukan di internet dalam database kemudian menampilkan daftar indeks berdasarkan kata kunci atau “keywords” yang dicari oleh user.
  2. Web Portal
    Web Portal adalah situs yang mengumpulkan dan menyediakan aneka informasi dari berbagai sumber untuk ditampilkan kepada user kemudian mengarahkannya ke sumber yang aslinya.
  3. Wiki
    Website wiki adalah  sebuah website yang mengijinkan pengunjung untuk ikut berpartisipasi menulis dan mengedit artikel yang ada dalam website tersebut dengan mengacu pada peraturan tertentu. Masing-masing website wiki mempunyai aturan yang berbeda-beda.
  4. Archieve Site
    Archieve site atau situs arsip merupakan website yang dibuat untuk mengumpulkan dan menyimpan materi elektronik berupa konten-konten dan halaman-halaman website agar tidak hilang/punah.
  5. Social Networking/Social Media
    Situs social networking atau situs pertemanan online adalah situs yang disediakan agar para membernya dapat bertukar informasi dan media elektronik lainnya seperti foto, musik dan video.
  6. Forum
    Forum merupakan sebuah web yang dibuat sebagai wadah untuk diskusi dan tukar informasi. Ada yang spesifik ada juga yang bersifat umum. Di dalam forum ini terdapat sub-sub forum berdasarkan kategori tertentu yang ditetapkan oleh admin.
  7. Portal Berita dan Informasi
    Portal berita dan informasi merupakan sebuah situs yang memuat berita-berita dan artikel-artikel untuk dibaca pengunjung. Web ini bisa juga berisi opini dan komentar-komentar seputar politik, teknologi dan lain-lain.
  8. Social Bookmarking
    Social bookmarking merupakan situs yang mengijinkan penggunanya untuk memasukan informasi atau sumber informasi artikel-artikel tertentu untuk dibaca atau di-rating dan dikomentari oleh pengguna lainnya.
  9. Media Sharing
    Situs ini merupakan situs yang khusus disediakan bagi pengguna untuk mengunggah media seperti gambar, musik dan video agar dapat dilihat atau di download oleh pengunjung lain.
  10. Cloud
    Cloud adalah sebuah situs pengembangan dari situs media sharing, dimana situs ini memberikan fasilitas penyimpanan file sekaligus berbagi file bagi anggotanya dengan fitur canggih sinkronisasi file.
  11. Company Profile
    Company profile biasanya berupa sebuah website sederhana yang digunakan untuk menampilkan profil dan produk atau jasa serta portfolio sebuah perusahaan.
  12. Corporate Website
    Berbeda dengan company profile, Corporate Website merupakan sebuah situs yang lebih kompleks atau bisa juga disebut Company Web Portal. Website ini isinya adalah informasi lengkap dari latar belakang hingga kegiatan-kegiatan suatu perusahaan, organisasi atau yayasan sosial baik yang bersifat profitable ataupun non-profit.
  13. Brand Building Website (Branding Website)
    Brand Building Website adalah sebuah web yang dibuat untuk memperkenalkan serta membangun image dari sebuah brand. Yang paling menonjol dari website ini adalah konsep untuk menyampaikan pesan sesuai dengan image yang akan dibangun.
  14. Online Store
    Online store atau toko online adalah website yang digunakan menjual barang secara online.
  15. Katalog/Portfolio Online
    Katalog/portfolio online hampir mirip dengan online store, hanya saja jenis website ini lebih mengutamakan katalog atau portfolio dengan informasi lengkap bagi pengunjung tanpa ada fitur transaksi online.
  16. Blog
    Blog adalah sebuah website dengan bentuk seperti jurnal atau diary online.
  17. Portal Komersil
    Portal komersil merupakan web yang konsepnya lahir dari konsep iklan baris, dimana melalui portal ini member dapat menjual produk dan jasa mereka tanpa perlu membangun website sendiri.

Itulah ulasan singkat mengenai mengenai pengertian web berikut dengan jenis-jenisnya. Semoga informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *