Pengertian Permainan Bola Basket dan Teknik Dasar Olahraga Bola Basket

Loading...

Tahukah anda apa pengertian bola basket? Hmmm, kami yakin hampir semua dari pembaca, mengetahui hal ini. Iya, permainan bola basket adalah salah satu jenis olahraga populer yang banyak diminati masyarakat, dihampir semua kalangan. Olahraga ini dilakukan dengan cara menggunakan keranjang atau sebuah ring sebagai tempat untuk mencetak angka – angka kemenangan.

Olahraga ini dilakukan oleh dua tim yang mana setiap tim terdiri dari 5 orang sehingga membuat olahraga satu ini sebagai olahraga berkelompok. Kedua tim tersebut akan saling bertanding untuk berlomba – lomba memasukan bola ke dalam ring. Jadi, olahraga ini sangat memerlukan kekompakan dan kerjasama tim yang sangat sosolid.

Teknik Dasar Olahraga Bola Basket

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa permainan bola basket adalah sebuah salah satu jenis olahraga yang banyak diminati oleh hampir sebagian besar. Selain mudah untuk dilakukan, ada beberapa teknik – teknik dasar yang perlu dipelajari dan dikuasi ketika akan bermain basket. Hal ini perlu dipahami ketika anda ingin serius menggeluti permainan bola basket ini. Adapun tata caranya adalah sebagai berikut ini, yaitu:

Loading...
1. Teknik Memegang Bola

Teknik pertama yang harus dipelajari adalah bagaimana cara memegang bola pada saat bermain bola basket. Meskipun terdengar sangat mudah, anda.tidal bisa menyepelekannya ya. Dalam permainan bola basket ada teknik khusus yang perlu dilakukan supaya bola tersebut benar – benar berada di dalam kontrol tangan dan tidak terlepas dari tangan pemain. Berikut ini ada beberapa teknik dalam memegang bola basket yang benar, yaitu :

  • Pegang bola dengan menggunakan kedua tangan. Teknik memegang bola yang benar dilakukan dengan cara telapak tangan harus dibuka dengan lebar seperti saat memegang mangkok besar. Kedua telapak tangan berada pada sisi kanan dan kiri bola
  • Buka kaki dengan lebar dimana salah satu posisi satu kaki agak ke depan dan posisikan badan agak condong ke depan dan buatlah lutut menjadi rileks supaya tidak kaku
2. Melempar dan Menangkap Bola

Teknik dasar selanjutnya adalah teknik dalam melempar dan menangkap bola atau yang disebut dengan passingandcatching. Teknik ini merupakan suatu gerakan yang mana merujuk pada sebuah gerakan menerima dan memberi umpan yang dilakukan antar pemain di dalam satu tim. Pada dasarnya, permainan bola basket mempunyai ritme permainan yang sangat cepat oleh karena itu sangat dibutuhkan kerjasama antar tim untuk mencetak angka. Aktivutas memberi dan menerima umpan akan berjalan bagus apabila sesama tim dapat menciptakan strategi kerjasama yang sangat solid.

Berikut ini adalah cara untuk menangkap bola bola, yaitu:

  • Raihlah bola dengan menggunakan telapak tangan yang terbuka sangat lebar dan juga posisikan jari – jari anda dalam posisi terlentang
  • Saat bola ada di telapak tangan, genggam bola dengan cara merentangkam jari tangan selebar mungkin ke arah sisi bola sambil melakukan gerakan menarik ke belakang mendekat ke arah badan.

Selain menanggap bola, anda juga perlu mempelajari teknik melempar bola atau yang disebut juga dengan passing seperti berikut ini, yaitu:

  • Chestpassing yaitu teknik melempar bola pada posisi dada
  • Overheadpassing yaitu melempar bola dari posisi di atas kepala
  • Bouncepassing yaitu melempar bola dengan cara memantulkan bola ke arah lantai
  • Baseballpassing yaitu dengan melempar bola dari posisi atas atau belakang kepala
  • Behindback yaitu teknik melempar bola dari belakang tubuh dengan cara memantulkan ya ke lantai
3. Dribbling

Dribbling adalah sebuah teknik dalam menggiring bola dalam permainan bola basket. Cara melakukan dribbling adalah dengan melakukan gerakan membawa bola dengan memantul – mantulkan  ke lantai dengan menggunakan kedua tangan atau satu tangan secara bergantian dan juga dilakukan dengan berlari cepat atau setengah berlari. Satu hal yang harus diperhatikan dalam dribbling adalah selalu menjaga kontrol.tangan terhadap bola sehingga bola tidak akan direbut oleh tim lawan.

Ada dua teknik dalam melakukan dribbling yaitu menggiring bola rendah  dan menggiring bola posisi tinggi. Menggiring bola dalam posisi rendah dilakukan dengan cara posisi bola di bawah lutut. Sedangkan menggiring bola dalam posisi tinggi dilakukan dengan posisi bolah lebih tinggi dari pada lutut. Kedua jenis teknik.tersebut memiliki tujuan masing – masingyang mana pada posisi menggiring bola rendah mempunyai fungsi untuk melindungi bola dari jangkauan lawan dan menggiring bola pada posisi tinggi dilakukan sebagai salah satu persiapan dalam mempertahankan daerah lawan.

Cara melakukan dribbling adalah sebagai berikut ini, yaitu:

  • Memantulkan bola ke arah lantai dengan menggunakan satu tangan.
  • Mengontrol bola yang sedang dipantulkan dengan genggaman jari–jari tangan. Hal ini dilakukan dengan tujuan supaya bola tidak bergetak tanpa arah.
  • Pada saat menggiring bola, posisikan siku dalam keadaan lurus dan lenturkan pergelangan tangan. Tubuh tidak boleh terlalu tegak.

Nah, itu tadi ulasan mengenai pengertian bola basket dan teknik  dasar dalam permainan bola basket. Semoga penjelasan diatas bisa bermanfaat dan bisa bermanfaat menjadi  referensi anda dalam bermain basket.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *