Pengertian Fisika, Kelompok dan Manfaat Belajar Fisika

Loading...

Siapa hayo yang suka pusing ketika sedang menghadapi pelajaran fisika? Meskipun ada banyak siswa-siswi yang merasa pusing ketika sedang belajar fisika, namun kami yakin ada juga yang merasa senang dan bersemangat saat menerima pelajaran ini.

Nah, terkait mata pelajaran tersebut, pernahkah Anda berfikir mengenai apa pengertian dari fisika itu? Memang, dengan hitungan rumit yang seperti itu dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari? Simak penjelasan dibawah ini.

Pengertian Fisika Secara Umum

Sebenarnya, fisika itu apa sih? Fisika sendiri berasal dari bahasa Yunani yang memiliki arti “alam”. Bisa dikatakan bahwa fisika merupakan ilmu pengetahuan yang dapat mempelajari gejala dan sifat terhadap benda-benda yang ada di alam.

Loading...

Dalam ilmu fisika sendiri mempelajari materi tentang fenomena, energi, kejadian alam, baik itu yang bersifat mikroskopis atau maksroskopis, dan berkaitan dengan perubahan energi atau zat.

Kejadian alam yang bersifat mikroskopis merupakan kejadian alam yang berukuran kecil. Contohnya seperti gerakan electron yang mengelilingi intinya. Sedangkan kejadin alam makroskopis merupakan kejadian alam yang berukuran besar. Contohnya seperti pergerakan Bumi yang mengelilingi Matahari.

Kelompok Fisika

Pada umumnya, fisika terbagi menjadi 2 kelompok. Yaitu:

1. Fisika klasik

Fisika klasik merupakan ilmu yang bersumber dari semua macam gejala yang ditangkap oleh panca indra manusia. Contoh ilmu fisika klasik seperti gelombang, optika, bunyi, panas, listrik magnet, dan mekanika.

2. Fisika modern

Sedangkan, ilmu fisika modern merupakan ilmu yang fisika yang jauh lebih modern dan berkembang pada abad ke-20. Ilmu fisika modern ini diakui karena adanya penemuan teori radioaktivitas yang ditemukan oleh keluarga Curie, dan relativitas yang ditemukan oleh Einsten.

Manfaat Belajar Fisika

Setelah mengerti tentang pengertiannya, Anda juga perlu tahu mengenai manfaat-manfaat yang akan didapatkan dari belajar fisika. Pastinya, setiap Anda belajar sesuatu, Anda akan mendapatkan manfaatnya, begitupula dengan belajar fisika.

Inilah manfaat-manfaat yang akan didapatkan dari belajar ilmu fisika, yaitu:

1. Melatih berfikir logis

Ketika Anda sudah mengerti bagaimana konsep dan fakta mengenai ilmu fisika, hal inilah yang akan memicu Anda untuk berfikir secara logis. Ketika fikiran Anda sudah bisa berfikir secara logis, maka Anda bisa melatihnya untuk menganalisis kejadian-kejadian secara teratur.

Dengan mempelajari ilmu fisika, Anda juga bisa memprediksi peluang atau suatu kejadian secara statistik. Tentunya, berfikir logis dapat membantu Anda dalam menghadapi segala macam masalah kehidupan yang ada.

2. Mengerti fenomena alam

Meskipun ilmu fisika sangat rumit, pelajaran seperti struktur astrofisika, struktur atom, dan mekanika kuantum akan membantu Anda untuk mengerti tentang fenomena alam.

Tentunya, ilmu-ilmu tersebut sangat penting untuk memprediksi kejadian-kejadian alam di masa mendatang. Dengan para ahli yang dapat memprediksi kejadian alam, manusia dapat berbondong-bondong untuk mencegah prediksi tersebut.

Apabila tidak ada ahli fisika yang dapat memprediksi kejadian alam, peradaban umat manusia akan terancam punah. Tak hanya manusia saja, seluruh makhluk hidup yang ada pada bumi ini tidak akan bertahan.

3. Relevan dengan ilmu sains lainnya

Anda perlu tahu bahwa fisika merupakan lAndasan ilmu yang berkembang menjadi imu dalam bidang lainnya seperti bidang kedokteran dan teknik. Mengapa ilmu-ilmu tersebut berkaitan?

Contoh, apabila Anda merupakan salah satu mahasiswa kedokteran. Pastilah Anda harus memahami tentang arus udara dan darah yang ada dalam tubuh melalui konsep perubahan resistensi, kecepatan aliran, dan tekanan terhadap aliran.

Apabila Anda memahami ilmu fisika, tentunya Anda akan mendapatkan kemudahan dalam memahami bidang sains lainnya. Itulah mengapa ilmu fisika berkaitan dengan ilmu sains lainnya.

4. Mengikuti perkembangan teknologi

Pernahkah Anda berfikir bahwa ilmu fisika berkaitan erat dengan perkembangan teknologi? Tak sedikit perkembangan teknologi saat ini berhasil karena mengacu pada ilmu dasar fisika yang diimprovisasi atau dikembangkan. Anda bisa melihat contoh perkembangan ilmu dasar fisika seperti nuklir, rocket science, dan semacamnya.

Anda bisa dengan mudah memahami teknologi baru apabila Anda menguasai dan memahami ilmu fisika dasar terlebih dahulu. Anda juga berpeluang untuk menciptakan teknologi baru apabila Anda merupakan seorang yang ahli dan mengerti dalam bidang ilmu fisika serta teknologi.

5. Tantangan intelektual

Tak sedikit murid-murid merasa bahwa pelajaran fisika merupakan pelajaran terberat yang harus dihadapi. Banyak dari mereka yang menjudge bahwa fisika itu sulit sebelum memulai untuk mencari tahu lebih dalam.

Namun, Anda perlu tahu bahwa jika Anda merasa tertantang untuk belajar fisika, Anda bisa memuaskan hasrat keingintahuan Anda dengan mempelajari ilmu dasar fisika dengan baik.

Terdapat study yang menjelaskan bahwa tempat yang paling baik untuk belajar ilmu fisika yaitu belajar melalui pendidikan formal. Setelah itu, Anda bisa mengembangkannya dengan pola belajar masing-masing.

6. Memahami dunia

Tak sedikit buku-buku pelajaran yang memberikan contoh terhadap teor gravitasi dengan apel yang jatuh dari pohonnya. Apabila Anda menguasai ilmu fisika dasar, Anda bisa memahami kegiatan sehari-hari yang berlangsung di dunia ini.

Percepatan mobil, powering listrik MP3 Player, buah yang jatuh dari pohonnya, dan semacamnya merupakan konsep ilmu dasar fisika. Bisa dikatakan juga bila Anda menguasai ilmu dasarnya, Anda juga dapat memahami dunia.

Dengan beribu manfaat yang akan didapatkan dari belajar ilmu fisika ini, apakah Anda masih memiliki pola fikir bahwa fisika itu rumit? Cobalah untuk mengubah pola fikir Anda. Alih-alih rumit, Anda bisa memikirnya sebagai tantangan untuk belajar ilmu fisika. Nah, semoga ulasan yang kami bagikan mengenai pengertian fisika diatas bisa bermanfaat.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *