Panduan Cara Ternak Ikan Nila dari Benih Hingga Panen

Loading...

Sebelum masuk pada pembahasan budidaya ikan nila, kami akan mengulas sedikit eksistensi ikan nila yang tidak pernah tergeser hingga kini. Ikan nila adalah salah satu ikan yang popular dikalangan masyarakat karena harganya yang relatif murah namun kaya akan khasiat, diantaranya memiliki protein cukup tinggi yang baik bagi kesehatan tubuh, memenuhi kebutuhan omega3, Mencegah osteroporosis, Meningkatkan dan menjaga  kesehatan tulang dan gigi.

Selain memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan tubuh ikan nila juga memiliki rasa yang bersahabat dilidah masyarakat Indonesia yang disajikan dengan berbagai macam kreatifitas olahan makanan dalam penyajiannya sehingga membuat ikan nila tetap eksis diantara ikan tawar yang lain.

Bisa kita lihat di pasar-pasar tradisional maupun supermarket, sudah pasti akan kita temukan pedagang-pegagang ikan nila yang tidak pernah sepi peminatnya. Ditambah lagi kebutuhan banyaknya restoran-restoran besar yang tidak pernah lepas dari kebutuhan ikan nila, biasanya pelaku bisnis kuliner yang menjadikan ikan sebagai menu andalan akan mencari produsen ikan yang mampu memenuhi kebutuhannya secara berkala.

Loading...

Bagi orang yang jeli dalam mengamati peluang bisnis tentu saja budidaya ikan nila mempunyai prospek yang baik untuk mulai berbisnis. Budidaya ikan nila merupakan bisnis dengan potensial meraih sukses sebab ikan nila selalu laris di pasaran. Budidaya ikan nila tidak jauh beda dengan budidaya ikan lainnya hal pertama yang harus kita siapkan sebagai media budidaya ikan tentu saja kolam.

Telah banyak orang yang meilirik bisnis ini dan bertahan hingga sekarang dengan keuntungan besar. Umumnya budidaya ikan nila dalam sektor besar dilakukan di suatu waduk dengan cara membuat kolam terapung (kolam jaring ikan) yang membentuk persegi diatas waduk. Hal ini memang lebih mudah dan praktis, kita tidak perlu diribetkan membuat kolam dengan melakukan penggalian dan mengisi air ceraca manual. Tapi tentu saja modal yang dikeluarkan pun tidak sedikit.

Cara Budidaya Ikan Nila

Cara budidaya ikan nila

Namun bukan berarti budidaya ikan nila ini hanya bisa dilakukan di waduk atau perairan lepas, kita bisa memanfaatkan lingkungan rumah untuk budidaya ikan. Bagi anda yang ingin memulai budidaya ikan nila dengan modal relatif rendah, anda bisa mencoba dengan membuat kolam terpal disekitar tempat tinggal anda. Kolam adalah media utama untuk memulai budidaya ikan nila. Jika anda tidak memiliki lahan khusus perikanan yang terbuat dari semen anda bisa memulai bisnis ini dengan kolam terpal sehingga bagi seorang pemula bisa mengirit biaya produksi.

  1. Buatlah galian tanah dengan kedalaman 120 cm dengan ukuran disesuaikan kebutuhan, misalnya berukuran 8×2m untuk ternak ikan nila sebanyak 5000 ekor. Anda bisa menjadi patokan luas kolam ikan nila dari contoh ini tinggal sesuaikan dengan kebutuhan anda.
  2. Pemasangan terpal ini ditujukan agar memudahkan ketika musim panen tiba. Dan ingat! Pastikan panjang dan lebar terpal melebihi luas ukuran galian tanah agar mudah dan leluasa dalam penyesuaiannya. Tambahkan pupuk pada permukaan kolam sebelum diisi air, pilihlah pupuk dengan kualitas bagus yang bisa anda dapatkan dipasaran.
  3. Tambahkan pupuk dan aliri air dengan ketinggian kurang lebih 50 – 70 cm lalu diamkan selama satu minggu. Proses pendiaman kolam yang telah berisi air ini memiliki tujuan agar anda mendapatakan air yang bagus demi kelangsungan bibit yang anda tebar, yaitu pertumbuhan plankton-palnkton yang akan menjadi pakan pertama bagi bibit-bibit ikan nila. Anda bisa memastikan bahwa plankton telah tumbuh dikolam dengan cara melihat perubahan warna air, bila telah berwarna kuning kehijau-hijauan plankton telah berkembang biak dalam air tersebut.
  4. Setelah satu minggu didiamkan tebarlah bibit ke dalam kolam. Bibit ikan nila ini bisa anda dapatkan dengan membeli di toko penjual bibit ikan. Cara ini lebih praktis ketimbang melakukan pemijahan atau perkawinan sendiri. Tapi jika anda merasa ilmu anda sudah cukup luas dalam pegetahuan budidaya ikan nila, proses perkawinan atau pemijahan ini bisa dicoba. Hanya saja anda harus memiliki lahan yang lebih luas, pasalnya kolam pemijahan harus terpisah dengan kolam yang akan digunakan untuk budidaya ikan nila dewasa hingga siap panen.
  5. Setalah bibit disebar berilah pakan berupa pelet secera berkala, pilihlah pelet dengan kombinasi nutrisi, protein, karbohidrat dan daun-daunan yang terkandung didalamnya.
  6. Jangan berikan pakan secara berlebihan karena pakan yang tidak termakan oleh ikan nila akan mengendap di bawah air lalu menjadikan air tercemar dan menimbulakn bau busuk. Apiklah dalam memperhatikan kebersihan kolam!
  7. Lakukan pembersihaan kolam secara berkala tanpa mengganngu ketenangan ikan. Lakukanlah perlahan – lahan. Sebaiknya anda membuat pintu air guna untuk memudahkan dalam pengisian air maupun saat pembersihan.
  8. Hal yang harus anda perhatikan dalam budidaya ikan nila ini bahwa ikan nila juga bisa terserang penyakit yang mengakibatkan ikan nila anda tidak sehat dan mati satu persatu atau bahkan bisa sekaligus mati semua. Nah, lalu bagaimana? Hal pertama yang harus anda harus adalah ketahuilah pernyebab dari kemungkinan terburuk ini diantaranya : kualitas air yang tidak terjaga, salah memberi pupuk yang bisa mengakibatkan keracunan masal dan tidak tepat dalam memberi asupan pakan. Maka ada baiknya anda mengantisipasi sebelum semua terlanjur dengan cara membersihkan kolam secara berkala, memilih bibit ikan yang sehat sejak awal penebaran dan pakan yang diberikan secara cukup dan teratur.
  9. Panen baru bisa dilakukan jika usia nila telah mencapai 4-6 bulan. Tunggulah sampai saat itu tiba dengan merawatnya sebaik mungkin. Setelah ikan nila anda tumbuh besar sempurna dan sehat barulah anda bisa memanen ikan nila yang telah anda rawat dari bibit hingga dewasa yang akan memberikan pundi-pundi uang di kantong anda. Kini ribuan ikan nila anda bisa dijual ke pasaran.

Budidaya ikan nila mudah bukan. Anda hanya harus membiasakan diri sekreatif mungkin untuk memulainya, tidak melulu kolam terpal. Jika anda ingin membuat kolam bata silahkan saja, justru bila dibuat di pekarangan rumah akan mempercantik halaman rumah anda. Tapi tentunya skalanya lebih kecil.

Informasi tambahan untuk anda, ikan nila merupakan ikan dengan perkembangan cukup besar dan cepat ditambah daya tahan tubuhnya yang kuat juga tidak menimbulkan bau. Budidaya ikan nila ini sangat cocok bagi siapa saja, dimana saja. Ingin mencobanya? Mulailah dari sekarang. Mari menjadi pribadi yang penuh produktif.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *