Panduan Cara Ternak Ikan Gurame dari Benih Hingga Panen [Lengkap]

Loading...

Budidaya ikan gurame merupakan pilihan bisnis yang tepat bagi anda yang tidak ingin memiliki banyak kompetitor. Bisnis dengan membudidayakan ikan gurame memiliki prospek yang baik bagi kemajuan bisnis anda.

Ikan gurame merupakan jenis ikan yang disukai banyak orang, meski harga ikan gurame terbilang mahal jika dibandingkan dengan ikan lainnya, ikan gurame tetap saja menjadi incaran di pasaran karena memiliki banyak khasiat dan memiliki tekstur daging yang khas dan lebih enak.

Sebetulnya tingginya harga ikan gurame bukan karena mahalnya biaya produksi dalam proses budidaya ikan gurame itu sendiri namun karena pasokan ikan gurame masih terbilang sedikit dan bisa dibilang tidak mencukupi permintaan pasaran sehingga menyebabkan tingginya harga jual di pasaran.

Loading...

Sebab dari tidak terpenuhinya permintaan pasar jelas karena masih sedikit orang yang terjun dalam bisnis budidaya ikan gurame. Sebagian orang berpikir bahwa budidaya ikan gurame bermodalkan besar dan sulit untuk dilakukan. Sebetulnya hal tersebut diatas bisa dijadikan peluang bisnis untuk anda. Anda bisa mulai budidaya ikan gurame dan mendapatkan keuntungan besar.

Cara Budidaya Ikan Gurame

Cara budidaya ikan gurame di kolam terpal

Jangan pernah berpikir suatu hal itu sulit dilakukan sebelum anda mencobanya. Jika anda tertarik untuk mulai budidaya ikan gurame berikut ini kami akan berbagi pengetahuan tentang bagaimana cara budidaya ikan gurame yang baik dan bisa menghasilkan untung besar bagi usaha anda.

1. Penentuan Lokasi

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah penentuan lokasi. Dalam pemilihan lokasi usahakan cari lokasi yang tidak padat penduduk dan sedikit hening. Sebetulnya ikan gurame adalah ikan yang memiliki daya tahan tubuh kuat, ikan gurame bisa hidup di berbagai macam tempat. Namun jika anda membuat budidaya ini sebagai bisnis dalam skala besar tentu saja anda harus memperhatian pemilihan lokasi yang tepat untuk mulai budidaya ikan gurame jangan sampai budidaya anda terganggu oleh banyaknya aktifitas lingkungan dan keisengan orang.

2. Pembuatan Kolam Ikan

Dalam budidaya ikan gurame anda bisa membuat kolam terpal dengan memasangkan saluran air di salah satu sudut kolam untuk memudahkan anda dalam pemeliharaan kolam dan membantu proses pemanenan. Adapun cara pembuatan kolam terpal, anda bisa mengunjungi situs kami dan membaca artikel sebelumnya.

Hanya saja harus anda ketahui dalam proses budidaya ikan gurame terdapat beberapa kolam yang dibutuhkan dalam proses tumbuh kembang ikan gurame tersebut.

Berikut ini pembagian kolam serta penjelasannya:

  • Kolam Indukan
    Kolam indukan merupakan kolam khusus induk ikan gurame yang difokuskan untuk mempersiapkan kematangan telur dan memelihara kesehatan induk ikan gurame jantan dan induk ikan gurame betina. Buatlah kolam dengan luas 10 m2 dengan kedalaman minimal 55 cm dan perbandingan 20 indukan ikan gurame betina dan 10 indukan ikan gurame jantan.
  • Kolam Pemijahan
    Kolam pemijihan adalah kolam yang dibuat untuk memijihakan atau mengawinkan indukan gurame jantan dan indukan gurame betina. Kolam pemijahan ini dibuat sekitar 300 m2 dengan kedalaman 90 cm.
  • Kolam Pemeliharan Benih
    Kolam ini buat khusus untuk memelihara benih-benih ikan gurame. Idealnya kolam ini dibuat dengan ukuran 200 m2 dengan kedalaman 60 cm untuk dihuni oleh 100 ekor ikan gurame. Bila target anda memasukan benih yang lebih dari 100 benih ikan gurame maka luas kolam harus menyesuaikan jangan sampai terjadi kepadatan kolam kerena akan menyebabkan kegagagalan dalam proses perkembangannya sehingga khualitas ikan gurame menjadi buruk.
  • Kolam pembesaran
    Setelah kurang lebih empat bulan benih ikan gurame di tempatkan di kolam pemeliharaan kini saatnya anda memindahkan ikan-ikan gurame tersebut ke dalam kolam pembesaran. Kolam pembesaran sendiri dibuat 2 kali lipat dari ukuran kolam pemeliharaan benih.
3. Proses Membiakan Ikan Gurame

Setelah semua kolam telah disiapkan kini saatnya anda memasuki proses pembiakan ikan gurame itu sendiri untuk ditempatkan di kolam-kolam yang telah anda buat. Adapun tahapannya adalah sebagai berikut :

  • Pembenihan
    Pembenihan adalah suatu proses yang dilakukan dengan cara mengawinkan indukan jantan ikan gurame dan indukan betina ikan gurame di kolam pemijahan. Pada prosesnya indukan betina akan menetaskan telur   hingga menjadi larva sampai memiliki ukuran 5 cm . Larva yang berumur 15 – 30 hari ini harus anda rawat di kolam pemeliharaan benih hingga mencapai berat 15 gram per ekornya. atau hingga usia 2  sampai 4 bulan.
  • Pembesaran
    Pembesaran ini berlangsung selama 5 – 6 bulan sampai bobot ikan gurame mencapai 550 gram per ekornya. Meski ikan gurame telah sampai pada masa panen jika sudah mencapai bobot 550 gram per ekor namun anda harus tetap menyesuaikan dengan permintaan pasar pasalnya setiap permintaan pasar biasanya berbeda-beda, ada yang ingin memasarkan ikan gurame pada bobot rendah, sedang, bahkan bobot berat hinga mencapai 1,5 per ekornya. Jadi sebelum anda mulai memanen tanyakanlah pada langganan anda.
4. Pakan Ikan Gurame

Pakan yang anda berikan untuk ikan-ikan gurame anda haruslah pakan berkualitas baik dengan kandungan protein hewani maupun protein nabati yang memadai karena pemilihan pakan ikan gurame akan sangat berpengaruh pada proses pertumbuhan ikan gurame dalam setiap fase-nya. Berilah pakan dua kali sehari yatiu di pagi hari dan sore hari.

5. Perawatan Ikan Gurame

Selain pemberian pakan, anda juga harus memperhatikan kolam dan ikan gurame itu sendiri. Saat anda menyadari bahwa kolam terlalu keruh dan tercemar gantilah air dalam kolam secara hati-hati agar ikan-ikan dalam kolam anda tidak mabok.

Bukan hanya pembersihan kolam saja, andapun dituntut untuk telaten memperhatikan kesehatan ikan-ikan gurame yang sedang anda budidayakan, bila anda melihat ikan gurame yang terserang penyakit segeralah ambil ikan gurame tersebut dan pisahkan dari kolam lalu rendamlah ikan gurame yang terkena penyakit tersebut dalam garam dapur sebanyak 25 miligram selama 50 menit untuk mengembalikan kembali kebugarannya.

6. Panen Ikan Gurame

Pada proses pemanenan ikan gurame kami sarankan anda melakukannya di pagi hari agar kondisi ikan sedang fres dan terhindar dari kebisingan atau banyaknya aktifitas lain di siang hari.

Cara memanen ikan gurame sangat mudah anda hanya harus mengeluarkan air dalam kolam hinga surut sehingga anda bisa dengan mudah mengambil ikan-ikan gurame tersebut menggunakan serokan.

Baiklah, masa panen telah tiba dan andapun telah memanen ikan gurame kini saaatnya anda memasarkan ikan gurame ke pasaran-pasaran yang memang membutuhkan pasokan ikan.

Itu dia tadi diatas cara budidaya ikan gurame dengan mudah dan modal bisa disesuaikan dengan skala bisnis anda. Demikian artikel ini kami bagikan semoga bisa bermanfaat bagi sobat semua. Kunjungilah situs kami maka anda bisa mendapatkan banyak pengetahuan seputar teknik budidaya hewan  maupun tumbuhan.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *