Pengertian Besaran, Sejarah, Jenis dan Manfaatnya dalam Kehidupan Sehari – hari

Loading...

Jika anda belajar mengenai ilmu pasti pastinya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya besaran. Kata besaran ini sering digunakan dalam berbagai macam bidang ilmu khususnya ilmu pasti yang berkaitan dengan hitungan atau pengukuran. Lalu apa sih sebenarnya apa saja jenis besaran dan fungsinya? Nah, berikut kami bagikan penjelasannya.

Jenis Besaran

Pada dasarnya besaran bisa diartikan sebagai sesuatu yang mana bisa diukur ataupun dihitung dan mempunyai nilai yang bisa dinyatakan dengan angka dan satuan. Istilah besaran ini sering dilihat pada pelajaran matematika, fisika, kimia dan sebagainya.

Selain itu, besaran juga dikelompokan menjadi beberapa jenis, yaitu sebagai berikut ini:

1. Besaran pokok

Besaran pokok adalah suatu besaran yang mana satuanya telah ditetapkan dan didefinisikan terlebih dahulu. Ada tujuh jenis besaran pokok, yaitu :

  • Besaran “ panjang” : meter (m)
  • Besaran “ massa” : kilogram (kg)
  • Besaran “waktu” : sekon (s)
  • Besaran “suhu” : Kelvin (K)
  • Besaran “ kuat arus” : Ampere (A)
  • Besaran “ intensitas cahaya” : Mandela (cd)
  • Besaran” jumlah zat” : mol (mol)
2. Besaran Turunan

Besaran turunan adalah jenis besaran yang satuannya diturunkan dari satuan besaran pokoknya. Ada beberapa jenis besaran turunan yaitu sebagai berikut ini:

  • Besaran Luas: m2
  • Besaran volime: m3
  • Massa jenis: kg/M3
  • Kecepatan: m/s
  • Percepatan: m/S2
  • Gaya: n
  • Tekanan: Pa

Manfaat Besaran di dalam Kehidupan Sehari–hari

Selain sering digunakan dalam berbagai macam.bidamg ilmu pasti, besaran juga mempunyai manfaat dan peranan dalam.kehidupan sehari – hari, yaitu:

1. Dalam Bidang Ekonomi

Sudah bisa dipastikan bahwa pengukuran adalah hal yang sangat dalam bidang ekonomi. Pengukuran ini perlu dilakukan untuk menentukan harga pada suatu barang atau produk. Tentu saja,  penentuan harga akan diseimbangkan atau disesuaikan  dengan pemgukurannya. Semakin beda ukuran / takaran maka juga beda harganya

2. Dalam Bidang Biologi

Manfaat selanjutnya dari besaran adalah digunakan dalam.bidang biologi. Dalam biologi, besaran digunakan dalam pengukuran makhluk hidup yang akan diteliti. Misalnya saja mengukur panjang pada suatu makhluk hidup bersel tunggal dengan menggunakan mikroskop. Ilmu pengukuran dalam bidang biologi ini dikenal dengan Biometrik. Pengukuran ini digunakan dalam sebuah penelitian dimana melakukan beberapa hal seperti pengumpulan data, analisis, penafsiran dan kesimpulan.

3. Dalam Bidang Psikologi

Di dalam bidang psikologi, besaran digunakan sebagai salah satu cara untuk mengukur keadaan jiwa seseorang. Pengukuran dalam psikologi ini dilakukan dengan berbagai macam prosedur mulai dari pengukuran berat badan, tinggi badan, dan suhu yang dihubungkan dengan kondisi jiwa seseorang pada saat itu.

Sejarah Besaran

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa besaran dan satuan memang menjadi salah satu hal yang tidak bisa dipisahkan. Keduanya saling berkesinambungan antara satu dengan yang lainya. Hubungan antar besaran dan satuan ternyata mempunyai sejarah sendiri. Berikut ini adalah sejarah ditemukannya besaran dan satuan.

Besaran meter berasal dari kata Yunani  “metro” yang mana mempunyai arti ukuran. Pada sekitar tahun 1120, Raja Inggris bernama Henry I secara pribadi menggunakan hidung dan jempolnya untuk bisa menetapkan standar satuan panjang. Dia memutuskan bahwa standar satuan panjang di negara tersebut akan diberi nama yard ( tiga kaki) dan akan sama dengan pengukuran jarak.dari ujung hidung ke ujung lengan.

Pada sekitar tahun 1791, istilah meter sudah mulai ditetapkan oleh Akademi Sains Prancis dengan perhitungan sekitar 1/10.000.000 pada jarak sepanjang bumi dan kutub Utara hingga menuju khatulistiwa. Namun, ada beberapa ahli yang menemukan bahwa pengukuran tersebut tidak valid. Sehingga pada tanggal 1889 Biro Berat dan ukuran internasional menetapkan bahea satu meter dari jarak antara dua garis pada batang platinum -iridium jarak antara kaltilistiwa dan kutub Utara.

Pada tahun 1960 – 1970, diadakan konferensi umum mengenai berat dan ukuran ke 11 yang mana menggantikan definisi menggatikan definisi meter sebelumnya dimanadi definisikan sebagai 1.650.763, 3 kali panjang gelombang spektrum cahaya orange merah. Definisi ini dianggap lebih akurat dari pada definisi sebelumnya.

Jenis Besaran Menurut Arah dan Nilainya

Selain berkaitan dengan satuan, besaran juga dibagin berdasarkan arah dan nilainya. Berikut ini  adalah penjelasan detailnya, yaitu:

1. Besaran Skalar

Besaran skalar adalah besaran yang hanya mempunyai nilai tanpa adanya perhitungan. Misalnya saja : massa, panjang, energi, waktu, usaha, kelajuan dan suhu.

2. Besaran Vektor

Besaran vektor adalah besaran yang mempunyai nilai dan arah saja. Contohnya saja  gaya, bera, kuat arus, kecepayan, posisi, dan sebagainya.

Beberapa penjelasan mengenai pengertian besaran, jenis besaran dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari sudah dijelaskan pada penjelasan sebelumnya semoga bisa menambah wawasan anda mengenai besaran dan membantu anda lebih mudah dalam memahami mengenai besaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *