Pengertian Jaringan Komputer, Sejarah, Jenis-jenis dan Manfaat Jaringan

Loading...

Internet adalah salah satu jenis jaringan komputer yang kini sangat bermanfaat bagi masyarakat luas. Dengan meluasnya jaringan internet, informasi dan segala aspek kehidupan masyarakat menjadi lebih cepat dan mudah.

Jaringan komputer (jaringan) merupakan suatu jaringan telekomunikasi yang menghubungkan dua atau lebih komputer agar dapat bertukar data untuk berkomunikasi. Tujuan dari jaringan adalah informasi / data yang diangkut oleh pengirim (server) dapat masuk ke penerima atau receiver dengan akurat dan cepat.

Dua atau lebih komputer harus memiliki suatu kartu jaringan yang terhubung dengan kabel (kini juga bisa nirkabel) sebagai media dari aliran data, kemudian ada perangkat lunak dari sistem jaringan yang akan membangun jaringan komputer kecil. Jika akan membuat jaringan komputer dengan jangkauan lebih luas dan lebih besar, dibutuhkan alat alat tambahan lain misalnya Hub, Router dan sebagainya untuk penghubungnya.

Sejarah Jaringan Komputer

Konsep jaringan komputer berawal dari tahun 1940 dimana Universitas Harvard meneliti proyek komputer MODEL I yang tujuan awalnya anya menginginkan komputer dapat digunakan bersama sama dengan lebih mudah. Dahulu penggunaan komputer dianggap sangat membuang waktu karena membutuhkan banyak waktu untuk mengerjakan sedikit hal. Akhirnya penelitian ini menghasilkan proses beruntun atau Batch Processing yang menjalankan program secara bergantian dengan sistem antrian.

Lalu pada tahun 1950, para peneliti dituntut untuk bisa menciptakan komputer yang bisa melayani beberapa program sekaligus sehingga ditemukanlah konsep TSS (Time Sharing System). Yaitu sebuah sistem yang memungkinkan distribusi proses berdasarkan waktu pengerjaannya. Pada sistem ini, beberapa komputer akan dihubungkan secara seri ke sebuah komputer induk.

Karena jaringan komputer semakin berkembang, dibuatlah kampanye penyeragaman alamat pada jaringan komputer yang diproduksi (kini disebut domain name system atau DNS). Komputer yang telah terhubung dengan jaringapun berkembang pesat hingga menjadi semakin canggih seperti saat ini.

Manfaat Jaringan Komputer

Dari pengertian Jaringan komputer diatas, dapat dilihat apakah manfaat sebenarnya dari jaringan diantaranya adalah:

  1. Dengan adanya jaringan komputer, anda dapat mengakses file yang anda miliki maupun yang dimiliki orang lain (namun yang telah di input) melalui jaringan yaitu internet.
  2. Proses pengiriman file / data / informasi lebih cepat dan mudah.
  3. Jaringan membantu siapapun untuk berkomunikasi dimanapun dan kapanpun dengan mudah.
  4. Pengguna jaringan juga dimudahkan untuk mengirim teks, gambar, audio, dan vidio tanpa menunggu (real time).
  5. Penyebarluasan berita dan informasi menjadi mudah dan cepat melalui jaringan internet.
  6. Dapat menghemat biaya. Bagaimana tidak ? jika dahulu mengirim surat harus membayar mahal dan menunggu lama, kini hanya dengan sekali klik segalanya menjadi lebih praktis. Suatu printer juga dapa digunakan oleh banyak komputer dengan suatu jaringan.

Jenis-jenis Jaringan Komputer

Jaringan dibedakan menjadi beberapa jenis-jenis, antara lain sebagai berikut.

1. Jaringan berdasarkan Jangkauan Geografisnya

BerdasarkanĀ jangkauan geografisnya, jaringan dibedakan menjadi beberapa jenis.

  • Jaringan Local Area Network (LAN)
    Jaringan LAN merupakan jaringan yang hanya menjangkau wilayah kecil biasanya tidak lebih dari 1 km persegi. Pengguna jaringan ini biasanya adalah warnet (warung internet), kantor, rumah maupun sekolah. Jaringan ini biasanya menggunakan teknologi Ethernet (jika menggunakan kabel) atau teknologi Wi-Fi (jika nirkabel).
  • Jaringan Metropolitan Area Network (MAN)
    Jaringan ini biasanya mampu menjangkau satu pusat kota yang berjarak sekitar 10 km hingga 50 km. Jaringan MAN ini dibentuk dengan kecapatan transef data yang tinggi dan luas sehingga dapat dikatakan bahwa jaringan MAN adalah gabungan dari jaringan LAN. Jaringan ini tidak memiliki elemen switching yang digunakan untuk membuat rancngan dan hanya terdiri dari satu atau dua kabel.
  • Jaringan Wide Area Network (WAN)
    Jaringan WAN menjangkau jaringan yang lebih luas dari MAN yaitu bisa satu negara atau bahkan satu benua. Jaringan ini biasanya dibentuk untuk menghubungkan beberapa jaringan MAN agar tetap dapat berkomunikasi dengan jarak yang jauh.
2. Jaringan Berdasarkan Distribusi Sumber Informasi

BerdasarkanĀ distribusi sumber informasi, jaringan dibedakan menjadi beberapa jenis.

  • Jaringan Terpusat
    Jaringan terpusat merupakan jaringan yang dibentuk dari satu komputer pusat (Server) yang menjadi pusat segala data dan kompuer Client (user) yang menerima data dari komputer server. Jaringan ini bersifat satu arah, maksudnya komputer user hanya dapat berkomunikasi dengan komputer server dan sebaliknya namun komputer user tidak dapat berkomunikasi dengan komputer user lainnya.
  • Jaringan Terdistribusi
    Jaringan ini adalah kebalikan dari jaringan terpusat. Dalam jarigan ini terdapat beberapa komputer server dan komputer user yang terhubung satu sama lain dan tidak terbatas terminal.
3. Jaringan Berdasarkan Media Transmisi Data

BerdasarkanĀ media transmisi data, jaringan dibedakan menjadi beberapa jenis.

  • Wired Network
    Wired Network atau jaringan berkabel menggunakan media transmisi data berupa kabel yang menghubungkan beberapa komputer agar dapat salin bertukar informasi dan data. Slaha satu media transmisi dari wired network ini adalah kabel UTP.
  • Wireless Network
    Jaringan nirkabel memerlukan gelombang elektromagnetik yang berfugnsi sebagai media transmisi datanya. Jaringan ini tidak lagi memerlukan kabel untuk bertukar data sehingga lebih praktis dan efektif. Salah satu media transmisi yang digunakan dalam jaringan ni adalah wireless adapter.
4. Berdasarkan Peran dan Hubungan dalam Memproses Data

Berdasarkan peran dan hubungan dalam memproses data, jaringan dibedakan menjadi beberapa jenis.

  • Jaringan Client-Server
    Jaringan ini dibentuk oleh beberapa komputer server dan beberapa komputer client. Tugas dan fungsinyapun telah dipisahkan dengan jelas sehingga masing masing jenis komputer hanya bisa memaksimalkan fungsinya sendiri.
  • Jaringan peer to peer
    Jaringan peer to peer masing masing komputer tidak memiliki fungsi yang jelas atau memiliki kedudukan yang setara. Komputer server sewaktu waktu dapat menjadi komputer client dan juga sebaliknya.

Nah itulah tadi ulasan lengkap mengenai pengertian jaringan, manfaat serta jenis jenisnya. Semoga informasi diatas dapat membantu!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *