Arti Kata Propaganda

Loading...

Kamu pasti sering banget mendengar atau melihat kata propaganda, baik itu di dunia nyata maupun dunia maya seperi di sosial media facebook, twitter, instagram atau aplikasi berbasis chat lainnya sepeti Whatsapp, BBM, Line dan lain sebagainya.

Namun apakah kamu mengetahui definisi sebenarnya tentang kata propaganda yang sebenarnya? Supaya kamu paham dalam membaca kalimat yang mengandung kata tersebut. Berikut ini adalah penjelasan dari arti kata propaganda berdasarkan survei serta penjelasan dari pengguna internet:

Arti kata propaganda adalah rangkaian pesan yang bertujuan untuk memengaruhi pendapat dan kelakuan masyarakat atau sekelompok orang. Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah:

Loading...

1) penerangan (paham, pendapat, dan sebagainya) yang benar atau salah yang dikembangkan dengan tujuan meyakinkan orang agar menganut suatu aliran, sikap, atau arah tindakan tertentu
contoh: propaganda biasanya disertai dengan janji yang muluk-muluk’ 

2) reklame (seperti menawarkan obat, barang dagangan, dan sebagainya) (Kata percakapan)
contoh: ‘perusahaan itu giat melakukan propaganda produknya’

Dengan mengetahui arti kata propaganda semoga dapat menambah kosa kata yang ada di kepala anda. Dengan mengetahui banyak kosa kata dapat memudahkan anda dalam berkomunikasi maupun dalam menyampaikan pendapat yang ingin anda sampaikan kepada orang tertentu. Seperti itu penjelasan definisi sebenarnya dari kata propaganda. Semoga dengan ada penjelasan diatas dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda mengenai kosa kata tersebut. Salam edukasi

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *