[Panduan] Cara Ternak Ayam Aduan dari Bibit Hingga Panen

ayam aduan
Loading...

Untuk anda yang suka mengadu ayam pasti tidak asing dengan istilah ayam aduan. Ayam aduan sengaja di kembangbiakan untuk ditandingkan antara ayam satu dengan yang lainnya.  Namun ada juga yang menjadikan ayam aduan sekadar menjadi ayam hias yang dinikmati keindahan fisiknya. Ayam aduan ini memiliki harga yang pantastis tinggi dan kerap diburu oleh pecinta ayam aduan. Harga ayam aduan jauh lebih tinggi ketimbang ayam-ayam pada umumnya yang biasa dikonsumsi, nilai ayam aduan bisa mencapai jutaan rupiah bahkan puluhan juta.

Sebetulnya apa sih yang membedakan ayam aduan dengan ayam konsumsi? Jelas saja berbeda dari segi kekebalan dan ketahanan tubuhnya. Mengingat tingginya harga ayam aduan ini banyak orang tertarik untuk mulai berternak ayam aduan dan menjadikannya bisnis yang bisa menghasilkan uang tidak sedikit. Bila anda juga tertarik untuk bertenak ayam aduan, berikut ini kami berikan panduannya:

1. Survei Lapangan

Sebelum melakukan ternak ayam aduan, hal pertama yang harus anda lakukan adalah survei lapangan yakni mencari tahu typical ayam seperti apa yang digemari oleh para pecinta ayam aduan. Biasanya ayam aduan yang banyak diminati memiliki beberapa ciri sebagai berikut :

Loading...
  • Ukuran yang besar
  • Tubuh yang gagah
  • Sehat
  • Warna bulu yang mencolok

Survei ini dilakukan agar anda mendapatkan gambaran ayam model apa yang akan anda kembangbiakan.

cara ternak ayam aduan
cara ternak ayam aduan
2. Kandang Ayam Aduan

Penting untuk anda ketahui bahwa kandang ayam aduan sangatlah berbeda dengan kandang ayam yang digunakan untuk berternak ayam pada umumnya. Kita telah sama-sama membahas cara ternak ayam petelur atau ayam kampung lainnya, dijelaskan bahwa pembuatan kandang bisa berupa kandang luas bertingkat yang didalamnya dihuni oleh ratusan ayam yang diternakan.

Nah, kandang ayam aduan ini tentu sangat berbeda. Kandang ayam aduan dibuat satu persatu secara terpisah saat ayam aduan sudah dewasa dan mulai bisa bertarung . Adapun luas perkandang disesuaikan oleh ukuran ayam itu sendiri. pemisahaan kandang ayam ini tentu saja untuk menghindari terjadinya perkelahian antar ayam jika disatukan dalam kandang yang sama.

3. Menentukan Jenis Bibit Ayam Aduan

Ayam aduan jelas berbeda dengan ayam pada umumnya, jenis ayam aduan adalah ayam jago yang memiliki ekor panjang serta jengger yang besar dan bulu lebat yang mencolok. Jenis ayam jago ini adalah jenis ayam jago jantan yang dijadikan sebagai ayam aduan.

a. Memilih bibit ayam jago dari DOC

Untuk bisa menternak ayam aduan anda bisa membeli bibit ayam DOC berkualitas baik untuk dipelihara sampai besar hingga siap dipajang dan diperjual belikan.

b. Menentukan sendiri bibit ayam jago secara alami

Untuk menghasilkan bibit unggul anda harus menentukan indukan ayam dengan kualitas bagus dan sehat agar bisa menghasilkan bibit yang berkualitas pula. Apabila anda memilih cara kedua untuk ternak ayam aduan maka anda harus benar-benar melakukan proses demi prosesnya secara teliti, memperhatikan asupan pakan, pengendalian penyakit, kandang untuk indukan, kandang anak ayam dan kandang pemeliharaan.

Hal pertama yang harus dilakukan untuk memperoleh bibit unggul dengan cara alami adalah mengawinkan indukan ayam jantan dan indukan ayam betina. Dalam proses mengawinkan indukan ini anda harus menyiapkan kandang khusus. Biasanya setelah indukan selesai melakukan proses perkawinan, indukan ayam betina hanya perlu 17 hari untuk bisa bertelur.

Jika sudah bertelur langkah selanjutnya adalah mengerami. Nah, untuk memberikan kenyamanan dalam proses mengerami telur-telur ini anda harus menambahkan jerami dalam kandang agar indukan ayam bisa dengan nyaman mengerami telurnya hingga menetas di hari ke 20 -22. Setelah menetas, anda pindahkan anakan ayam pada kandang khusus yang didesain seapik mungkin untuk memberikan kenyaman pada anakan ayam seperti pemberian lampu penghangat pada kandang.

Seperti diulas diatas bahwa setelah ayam menetas maka ia dipindahkan pada kandang khusus untuk perawatan anak ayam. Untuk lebih jelas dibawah ini adalah pembagian kandang yang harus anda ketahui:

  • Kandang perkawinan indukan
  • Kandang perawatan anak ayam usia dibawah 3 bulan
  • Kandang anak ayam usia 3 bulan keatas
  • Kandang ayam dewasa hingga siap dipasarkan
cara budidaya ayam aduan
cara budidaya ayam aduan
4. Perawatan Ayam Aduan

Untuk menjaga kebersihan kandang dan menghindarkan kandang dari bakteri penyakit maka anda harus rajin membersihkan kandang ayam-ayam tersebut. Selain membersihan kandang, anda juga harus secara teliti memeriksa kesehatan pada ayam ternakan anda, periksalah satu-persatu dan apabila melihat gejala pada salah satu ayam tersebut segeralah lakukan tindakan sesuai gejala yang muncul.

5. Pemberian Pakan dan Minum Pada Ayam Aduan

Pemberian pakan dan minum ini akan berpengaruh dalam masa pertumbuhan ayam aduan. Pakan yang diberikan untuk ayam aduan haruslah pakan yang memiliki kandungan gizi maupun nutrisi yang berkualitas baik agar ayam aduan menjadi sehat, kuat dan gagah serta tumbuh sesuai dengan yang anda harapkan.

Pemberian pakan pada anakan ayam aduan kurang dari 3 bulan sama saja dengan asupan pakan pada anak ayam pada umumnya yakni pakan yang sudah dihaluskan terlebih dahalu seperti poor maupun konsentrat. Setelah ayam berusia 3 bulan anda bisa mencoba memberikan pakan dengan campuran beras dan jagung serta dedak.

Nah, di usia 3 bulan ini ayam-ayam aduan tersebut sudah mulai bisa bertarung dan bersaing untuk menjadi penguasa di kandang, maka pada usia tersebut anda harus benar-benar memperhatikan mereka jangan sampai saling adu yang bisa membuat salah satu cedera sehingga menurunkan kualitas sebelum laku terjual.

Maka untuk menghindari hal demikian anda harus sudah menyediakan kandang yang dihuni oleh satu ayam saja. Ketika usia ayam 3 – 5 bulan melakukanlah pengumbaran agar otot-otot pada ayam aduan mulai terbentuk dan tidak kaku. Biarkan ayam-ayam ini tumbuh optimal dengan alami sehingga dengan sendirinya ayam aduan akan menawan dan gagah. Di usia ini anda bisa memberikan kombinasi pakan yang bernutrisi tinggi untuk daya tahan tubuh yang kuat pada ayam-ayam aduan tersebut.

Dari keseluruhan perawatan dan pemberian pakan idealnya anda memberikan pakan sebanyak 3 kali sehari yaitu pada pagi hari, siang dan petang sekitar pukul 18.00 PM.

Selain pemberian pakan, perawatan ayam aduan yang berusia lebih dari 5 bulan adalah dengan cara memandikannya. Pemandian ini bertujuan agar otot-otot pada ayam aduan semakin terbentuk sempurna juga untuk merawat bulu-bulu ayam agar lebih menawan dan bersih. Waktu pemandian dilakukan dipagi hari namun tidak terlalu pagi sekitar pukul 08.00 AM pada musim kemarau. Tapi bila anda memandikan ayam pada musim penghujan ada baiknya anda memandikannya pada pukul 16.00 PM dan dijemur untuk mengeringkan tubuhnya.

Pemandian sudah, dan kini saatnya anda melakukan pelatihan fisik berupa lompatan atau kliper maupun lari dan dilatih untuk bertarung dalam durasi tidak lebih dari 10 menit dilatihan pertama. Untuk latihan berikutnya anda bisa menambahkan durasi lebih lama sesuai kemampuan ayam anda.

6. Pemasaran Ayam Aduan

Yups… tentunya akhir dari segala proses diatas adalah memasarkan hasil ternak. Dalam metode pemasaran ayam aduan ini biasanya dipilih ayam-ayam dengan kualitas paling baik terlebih dahulu dan dipajang di kandang yang dipercantik agar manarik minat konsumen. Biasanya pemasaran ayam aduan ditempatkan pada kandang ukir dengan kaki yang tinggi. Sehingga suara ayam aduan yang siap dijual bisa terdengar lebih nyaring dan semakin terlihat gagah.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *