[Panduan] Cara Ternak Ayam Kate dari Anakan Hingga Panen

ayam kate
Loading...

Hi… kali ini kami akan memberitahu sobat semua tentang cara ternak ayam kate. Heummm… ada yang belum tahu rupa ayam kate? Ayam kate merupakan ayam yang memiliki kaki yang pendek dan bertubuh gendut. Ayam kate memiliki kaki-kaki dan bulu yang bersih membuat ayam kate ini terlihat menawan dan menarik untuk dipelihara. Ayam kate biasanya dijadikan ayam hias rumahan yang dibiarkan berkeliaran di pekarang rumah. Namun Siapa sangka meski memiliki tubuh yang menawan dan bisa dijadikan ayam hias rumahan, ayam kata juga salah satu ayam ternakan yang bisa dibudidaya dan dijadikan bisnis sama halnya seperti ayam pada umumnya. Nah, jika sobat tertarik untuk berternak ayam kate, berikut ini hal-hal yang perlu sobat perhatikan:

1. Kandang Ternak Ayam Kate

Sama seperti ketika sobat berternak ayam lainnya dalam ternak ayam kate anda juga memperlukan sebuah kandang untuk ditempati ayam-ayam kate yang akan anda ternakan. Pada pembuatan kandang ayam kate ini bisa anda sesuaikan dengan selera dan kreatifitas anda sendiri dengan tidak mengesampingkan kenyamanan dan kebersihan kandang untuk kelangsungan hidup ayam-ayam kate yang akan anda ternakan. Sebagai gambaran, sobat bisa membuat kandang bertingkat dari bambu apabila sobat bertenak ayam kate dalam jumlah besar dan memang difokuskan sebagai lahan bisnis.

Jika sobat bertenak ayam kate dalam skala besar tentu saja sobat harus memperhitugkan dimana sobat akan membuat kandang tersebut. Usahakan kandang/ lahan ternak ayam kate mudah dijangkau oleh transportasi demi memudahkan semua proses dalam bertenak ayam kate ini. Selain itu pastikan  juga perlindungan kandang yang anda buat untuk ayam-ayam kate agar aman dari predator yang bisa membahayakan ayam-ayam kate anda.

Loading...

Dalam proses pembuatan kandang ini anda memerlukan dua kandang apabila anda membeli anakan ayam kate untuk dikembangbiakan.

  • Pertama, anda memerlukan kandang perawatan anak-anak ayam kate yang perlu dilengkapi dengan lampu pemanas ruangan untuk memberikan kehangatan pada anak-anak ayam kate.
  • Kedua, anda memerlukan kandang pemeliharaan ayam kate remaja hingga dewasa dan bisa menghasilkan telur. Kandang pemeliharaan ini dibuat lebih besar dari kandang sebelumnya dan ditambahi tumpukan jerami di beberapa sudut kandang sebagai tempat untuk menetaskan telur pada nantinya.
cara ternak ayam kate
cara ternak ayam kate
2. Perawatan dan Pemeliharaan Ayam Kate

Perawatan ayam kate dapat dibedakan menjadi beberapa macam, antara lain sebagai berikut.

a. Perawatan Anak-anak Ayam Kate

Seperti yang dijelaskan di poin satu bahwa perawatan anak ayam kate memerlukan kandang khusus, maka berikut ini hal-hal yang harus diperhatikan:

  • Pastikan alas kandang tidak lincin karena anak ayam kate mudah terpeleset.
  • Bersihkan kandang dan persedian air yang ada pada kandang anak ayam kate.
  • Berikan pakan yang mengandung sumber protein minimal 20 persen dari keseluruhan kandungan pakan.
  • Gantungkan lampu penghangat di atap kandang anak-anak ayam kate agar memberikan suhu hangat.

Pengaturan suhu panas ini harus betul-betul anda perhatikan

  • Apabila anak ayam kate peliharaan anda meringkuk di bawah cahaya lampu itu artinya anak-anak ayam kate tersebut kedinginan, maka suhu perlu dinaikkan dengan cara menurunkan posisi lampu agar lebih dekat pada alas kandang.
  • Sedangkan, apabila anak-anak ayam kate menyebar dan mengepakan sayapnya seraya terengah-engah dan seperti kesulihatan bernafas itu pertanda anak-anak ayam kate tersebut kepanasan dan anda harus segera megatur suhu panas sebelum ayam-ayam kate anda mati karena suhu yang terlalu panas.
b. Pemeliharaan Ayam Kate Dewasa

Apabila ayam kate anda sudah cukup besar dengan ditandai bulu yang semakin tebal sekitar usia 1 bulan, maka anda harus memindahkan ayam-ayam kate tersebut ke kandang pemeliharaan yang lebih besar dari pada kandang yang digunakan untuk merawat anak-anak ayam kate.

Di kandang pemeliharaan ini anda sudah tidak memerlukan alat pemanas berupa lampu lagi karena bulu yang ada pada tubuh ayam kate sudah cukup untuk menghangatkan tubuh mereka sendiri.

Pada pemeliharaan ayam kate remaja ini kebutuhan protein minimal 18 persen dari keseluruhan kandungan pakan dan jangan lupa untuk menambahkan tumpukan jerami di beberapa sudut kandang sebagai persiapan apabila ayam-ayam kate tersebut sudah siap bertelur.

3. Pakan Ayam Kate

Pakan ayam kate dapat dibedakan dibedakan menjadi beberapa macam, antara lain sebagai berikut.

  1. Pakan anakan ayam kate
    Pada pemberian pakan untuk anakan ayam kate hindari pemberian pakan berupa biji-bijian karena anak-anak ayam kate akan kesulitan untuk mencernanya. Sebaiknya anda memberikan pakan anak ayam kate berupa pakan yang sudah dihaluskan dengan kandungan gizi yang baik agar anak-anak ayam kate tersebut bisa tumbuh dengan sehat.
  2. Pakan ayam kate dewasa
    Pada usia di atas 3 minggu anda sudah bisa memberikan pakan pada ayam kate anda seperti pakan ayam pada umumnya dan ada baiknya ayam kate diberikan buah-buahan segar seperti semangka dan labu juga sayuran berupa bayam untuk memberikan asupan nutrisi yang baik. Pemberian pakan pada ayam kate bisa sobat berikan 2 kali sehari yaitu di pagi dan sore hari.
cara budidaya ayam kate
cara budidaya ayam kate
4. Penyakit Ayam Kate

Dalam bertenak ayam kate, anda tidak bisa terhindar dari ancama penyakit yang bisa menyerang pada ayam ternakan anda. Adapun beberapa penyakit yang harus anda ketahui pada ayam kate adalah sebagai berikut:

a. Over Feeding Chickens

Tahukah anda bahwa pemberian pakan berlebihan bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya penyakit pada ayam-ayam kate peliharaan anda? Sifat alamiah ayam kate adalah mencari pakan dengan berjalan, untuk itulah kandang pada ayam kate harus luas jangan sampai berdesak-desakan. Nah, apabila pakan diberikan secera berlebihan dan menumpuk di kandang maka akan membuat ayam kate malas bergerak, yang ada justru terus memakan pakan yang tersedia dihadapannya. Hal tersebut bisa menyebabkan penumpukan pakan di perut ayam dan bisa merangsang terjadinya peradangan otak sehingga menyebabkan kematian pada ayam kate tersebut. So… jangan memberikan pakan secara berlebihan ya!

b. Infectious Coryza

Penyekit ini bisa menyerang ayam kate yang berusia 14 minggu keatas. Penyakit infectious ini ditandai dengan liur pada lidah ayam mengental yang membuat mereka seolah susah bernafas lalu tersedak, kehilangan nafsu makan, bulu-bulu pada tubuh ayam kate menjadi berantakan dan tidak menawan lagi. Hingga akhirnya ayam kate anda mati.

c. Peradaangan Paru Ayam Kate

Ayam kate juga bisa terkena peradangan paru-paru. Hal yang harus dilakukan adalah pemberian obat hewan. Setelah anda bisa menyembuhkan ayam kate yang terserang penyakit radang paru ini, anda harus tetap berhati-hati dalam pengembang biakan ayam kate ini karena penyakit peradangan paru pada ayam kate bisa kembali muncul dan mengancam kelagsungan hidup ayam kate anda. Untuk itu anda harus memberikan perhatian khusus.

Cara penanganan dari beberapa penyakit ayam kate tersebut diatas adalah dengan cara memberikan anti biotik atau obat-obat selama satu minggu pada ayam kate tersebut dan memisahkannya dengan ayam-ayam kate lainnya diluar kandang demi menghindari tersebarnya virus/ penyakit pada ayam-ayam kate lainnya.

5. Panen Telur Ayam Kate

Ayam kate biasanya sudah bisa  bertelur ketika berusia 6 bulan. Pada masa panen telur ayam kate ini bisa berlangsung setiap hari selama 1 minggu tergantung cara anda merawat dan memberikan pakan pada ayam kate ternakan anda. Pada umumnya ayam kate mampu bertelur sebanyak 10 butir untuk 1 kali periode.

 Oh, Iya… sebagai informasi untuk anda, telur ayam kate lebih banyak mengandung protein jika dibandingkan dengan telur ayam lainnya.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *