Apa yang dimaksud sunnah ab’ad dan haiat?

Loading...

Kamu pasti sering banget mendengar atau melihat kata sunnah ab’ad dan haiat, baik itu di dunia nyata maupun dunia maya seperti di sosial media facebook, twitter, instagram atau aplikasi berbasis chat lainnya seperti Whatsapp, BBM, Line dan lain sebagainya.

Namun apakah kamu mengetahui definisi sebenarnya tentang kata sunnah ab’ad dan haiat yang sebenarnya supaya kamu paham dalam membaca kalimat yang mengandung kata tersebut. Berikut ini adalah penjelasan dan arti kata sunnah ab’ad dan haiat berdasarkan penelusuran dari berbagai sumber:

Sunnah ab’ad adalah setiap amalan sunnah yang tidak perlu dikerjakan apabila lupa mengerjakannya. Misalnya, sudah terlanjur berdiri mengerjakan raka’at ketiga dan lupa tasyahud awal, tidak usah kembali kepada tasyahud awal, karena tasyahud awal termasuk sunnah. Akan tetapi, dianjurkan mengerjakan sujud sahwi sebelum salam. Sedangkan sunnah haiat adalah setiap amalan yang tidak membuat shalat batal bila ditinggalkan dan tidak perlu mengerjakan sujud sahwi bila meninggalkannya. Misalnya, tidak membaca surat pendek setelah al-Fatihah, tidak perlu mengerjakan sujud sahwi bila lupa membaca surat pendek, karena membaca surat pendek dalam shalat termasuk sunnah haiat.

Loading...

Dengan mengetahui banyak definisi dapat memudahkan anda dalam berkomunikasi maupun dalam menyampaikan pendapat yang ingin anda sampaikan kepada orang tertentu. Seperti itu penjelasan definisi sebenarnya dari kata sunnah ab’ad dan haiat. Semoga dengan ada penjelasan diatas dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda mengenai kosa kata tersebut. Salam edukasi

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *