Ini 10 Manfaat Tersembunyi Sereh untuk Tubuh yang Jarang Diketahui!

Manfaat Serai
Loading...

Sereh adalah tanaman yang sering digunakan sebagai penyedap atau pengharum aroma masakan. Tapi dibalik manfaat daun serai sebagai bumbu penyedap, ternyata tanaman yang satu ini juga memiliki manfaat untuk tubuh. Apa saja manfaat sereh dan bagaimana cara menggunakannya? Berikut ulasannya!

Kandungan Daun Sereh

Sereh atau Cymbopogon citratus dipercaya memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Bagian tanaman ini yang biasa digunakan dimanfaatkan adalah bagian batang dan sedikit dari bagian daunnya. Manfaat daun serai ini tentunya ada berkat kandungan yang ada dalam daun ini. Berikut adalah rincian kandungan nutrisi yang ada dalam 100 gram sereh berdasarkan USDA National Nutrient Database:

  • Kalori: 99 Kkal
  • Karbohidrat: 25.31 g
  • Protein 1.82 g
  • Lemak: 0.49 g
  • Asam folat: 75 mcg
  • Niasin (vitamin B3): 1.101 mg
  • Piridoksin (vitamin B6): 0.80 mg
  • Riboflavin (vitamin B2): 0.135 mg
  • Thiamin (vitamin B1): 0.065 mg
  • Vitamin A: 6 mg
  • Vitamin C: 2.6 mg
  • Sodium: 6 mg
  • Kalium: 723 mg
  • Kalsium: 65 mg
  • Tembaga: 0.266 mg
  • Besi: 8.17 mg
  • Magnesium 60 mg
  • Mangan: 5.244 mg
  • Selenium: 0.7 mcg
  • Zinc: 2.23 mg

Selain memiliki berbagai kandungan vitamin dan senyawa lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh, tanaman sereh juga memiliki berbagai sifat seperti antijamur, antibakteri, antiinflamasi, diuretik, antidepresan, analgesik, antipiretik, dan antioksidan. Sereh juga memiliki keistimewaan yaitu aromanya yang sangat khas dan menyegarkan.

Loading...

Manfaat Sereh bagi Tubuh

Jika melihat keunggulan sereh dari berbagai kandungan dan sifatnya, tidak heran memang jika tanaman sereh dipercaya memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat sereh untuk tubuh yang bisa Anda coba:

1. Mengatasi depresi

Manfaat sereh yang pertama adalah mengatasi depresi. Sereh yang memiliki sifat antidepresan bisa menurunkan berbagai gejala depresi seperti stres, cemas, dan gangguan tidur atau insomnia.

Aroma sereh yang menenangkan dipercaya dapat membantu relaksasi otot dan juga saraf sehingga Anda dapat tidur lebih nyenyak. Konsumsi teh daun sereh sebelum tidur akan membuat tidur Anda lebih nyenyak.

2. Meghindari gigitan nyamuk

Aroma sereh yang segar memiliki efek menenangkan dan disukai oleh manusia, tetapi wangi sereh ternyata dibenci oleh serangga, termasuk nyamuk. Gigitan nyamuk dapat memberikan rasa gatal dan bekas pada kulit. Bahkan beberapa nyamuk berpotensi untuk membawa penyakit seperti demam berdarah dan malaria.

Mengoleskan minyak sereh secara berkala pada kulit dipercaya dapat melindungi Anda dari gigitan nyamuk. Manfaat sereh untuk menghindari nyamuk juga sudah dibuktikan dengan banyaknya produk lotion anti nyamuk dengan wangi daun sereh.

3. Menurunkan tekanan darah

Manfaat sereh yang ketiga adalah dapat membantu menurunkan tekanan darah. Sereh memiliki sifat diuretik yang artinya sereh mampu mambantu membuang kelebihan garam dan air dalam tubuh melalui urine. Kelebihan kadar garam dalam tubuh memang merupakan salah satu penyebab dari hipertensi. Sehingga jika kita mengonsumsi sereh secara rutin maka tekanan darah pun akan menurun seiring dengan menurunnya kadar garam dalam tubuh.

4. Menurunkan kadar gula darah

Selain menurunkan tekanan darah, manfaat daun serai yang lain adalah menurunkan kadar gula darah. Caranya adalah dengan cara mengeluarkan racun yang ada di pankreas dan meningkatkan kerja pankreas. Perlu diketahui bahwa penyebab diabetes adalah akibat ketidakmampuan pankreas memproduksi insulin yang dibutuhkan oleh tubuh sehingga kadar gula dalam darah pun naik.

5. Menjaga kadar kolesterol

Manfaat sereh selanjutnya adalah mampu mencegah kadar kolesterol jahat dalam tubuh naik. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa sereh mampu menaikkan kadar kolesterol baik dan mencegah penyerapa kolesterol jahat dalam pencernaan.

Meskipun dapat membantu mencegah kadar kolesterol jahat atau kolesterol LDL naik, tetapi masih harus diuji kembali efektivitas daun sereh pada pasien yang sudah terlanjur memiliki penyakit kolesterol tinggi.

6. Menjaga sistem pencernaan

Manfaat sereh yang keenam adalah memelihara sistem pencernaan. Setiap harinya tentu tidak terhitung berapa banyak bakteri yang masuk ke dalam sistem pencernaan kita. Sereh membantu melindungi sistem pencernaan dengan cara membunuh bakteri patogen yang masuk dalam sistem pencernaan.

Sereh tidak hanya dapat mencegah terjadinya infeksi pada saluran pencernaan tetapi dipercaya juga dapat meredakan gejala berbagai masalah pencernaan mulai dari diare hingga sembelit. Sereh juga dapat mengatasi nyeri perut (termasuk juga nyeri haid) karena memiliki efek analgesik.

7. Pereda nyeri otot dan sendi

Efek analgesik tidak hanya dapat dirasakan untuk meredakan sakit perut, tetapi juga jenis nyeri lainnya seperti nyeri otot dan juga nyeri sendi. Manfaat sereh untuk meredakan nyeri otot dan sendi bisa didapatkan dengan cara konsumsi teh sereh atau dengan melakukan pijat menggunakan minyak sereh.

8. Menjaga kesehatan mulut

Serai atau sereh juga dipercaya dapat menjaga kesehatan mulut. Sereh dipercaya dapat mengobati infeksi mulut atau sariawan yang disebabkan oleh infeksi jamur maupun bakteri. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi teh serai dapat menurunkan gejala infeksi mulut akibat jamur pada pasien HIV/AIDS. Hal ini tentunya karena sereh memiliki sifat antiinflamasi, antibakteri, dan juga antijamur.

9. Meredakan gejala flu

Manfaat sereh yang satu ini juga tidak kalah penting yaitu mengatasi gejala flu. Konsumsi teh sereh dapat menurunkan gejala flu seperti demam dan juga hidung tersumbat. Meskipun begitu, sereh tidak memiliki kemampuan untuk mengobati flu karena penyebabnya merupakan infeksi virus, sehingga sereh hanya dapat digunakan sebagai obat pendamping saja.

10. Mengatasi ketombe

Manfaat sereh yang terakhir adalah untuk mengatasi ketombe. Masalah rambut yang satu ini memang dapat diatasi menggunakan berbagai minyak esensial dan salah satunya adalah minyak sereh. Anda dapat mengaplikasikan minyak sereh secara langsung pada kulit kepala untuk membasmi ketombe.

Namun sebuah penelitian menunjukkan bahwa khasiat sereh ini belum tentu efektif pada semua orang, sehingga tidak ada jaminan bahwa ketombe akan hilang setelah penggunaan minya sereh. Tetapi cara ini tetap patut dicoba karena tidak akan memberikan efek samping pada kulit kepala.

Cara Menggunakan Sereh

Anda dapat menggunakan sereh sesuai dengan kebutuhan. Jika ingin mengaplikasikannya langsung ke kulit untuk mengcegah gigitan nyamuk atau untuk pijat maka yang digunakan adalah ekstrak minyak sereh.

Sedangkan jika menginginkan sereh untuk diminum maka bisa menggunakan sereh yang tersedia dalam bentuk produk teh atau dengan merebus sereh dan meminum air rebusannya. Batang sereh tidak cukup hanya dilarutkan dalam air panas, melainkan harus direbus untuk mendapatkan khasiatnya.

Sereh memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh tapi tidak semua orang dapat mengonsumsi sereh, terutama karena masih sangat sedikit penelitian tentang penggunaan sereh untuk obat. Tanaman yang satu ini tidak disarankan untuk digunakan oleh pasien dengan gangguan ginjal atau gangguan hati yang sudah parah serta pada ibu hamil dan menyusui.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *