Bahaya Menggunakan Tas Kulit dari Kanker Hingga Kematian

Loading...

Tas dengan material bahan kulit yang notabenenya dibuat dari kulit hewan, memiliki proses yang panjang sebelum dijadikan bahan dasar tas. Proses pengolahan kulit dimulai dari pemberian zat pengawet, kemudian dilakukan proses merontokkan bulu pada kulit dengan menggunakan hidrogen sulfide (H2S). Selanjutnya adalah proses delimin, proses ini menggunakan zat amonium sulfat (NH4)2SO4 yang bertujuan untuk melunturkan lemak pada kulit.

Dapat dibayangkan seberapa banyak proses kimia yang berbahaya dalam pengolahan bahan dasar tas kulit. Jika amonia dihirup dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan gangguan saluran pernapasan dan akhirnya menjadi kanker paru, selain itu dapat juga menyebabkan autisme pada anak, dan cacat kandungan.

Selain menggunakan banyak bahan kimia dalam mengolah bahan dasarnya. Pembuatan tas kulit juga banyak melalui berbagai tahapan salah satunya adalah bleaching. Tahapan bleaching atau yang kita kenal dengan proses pemutihan atau pencuci, sehingga warna kulit menjadi lebih terang dan lebih bersih. Proses pemutihan ini menggunakan klorin, menurut dr. Lauren Ploch zat kimia yang terdapat dalam klorin dapat mengikis sebum alami di permukaan kulit yang apabila terlalu lama bersentuhan dengan kulit dapat menyebabkan alergi, penuaan dini, kulit cepat keriput, kulit rusak, dan kanker kulit.

Loading...

Proses tanning atau penyamakan kulit adalah proses memperbaiki karakteristik kulit mentah yang labil (mudah rusak) menjadi kulit olahan (leather) yang lebih stabil, awet dan tahan lama. Dimana pada tahap tanning tersebut menggunakan chromium, kulit direndam dengan bahan tersebut pada jangka waktu tertentu. Chromium VI dalam kadar yang sedikit saja dapat menyebabkan alergi kulit dan asma sedangkan chromium yang berkadar tinggi dapat merusak hati, ginjal, saraf, dan gangguan jantung serta kanker paru.

Menurut Green cross Swistzerland, chromium VI adalah satu dari enam bahan paling berbahaya dan mematikan bagi manusia. Tentunya kita tidak mau semua dampak buruk mengancam kesehatan, tetapi hal ini dapat diatasi dengan adanya tissue pembersih NYParis di Indonesia, yang selain dapat merawat kecantikan tas & aksesoris berbahan kulit, juga dapat mengurangi zat berbahaya tersebut.

Share postingan ini, agar orang kamu sayangi tau bahayanya.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *